Youtube Premium Mulai Masuk Indonesia! Bagaimana Nasib Kreator?

Anakkost.tv – Gencarnya berita yang menyangkut tentang YouTube premium seolah – olah membuatnya menjadi primadona untuk jadi bahasan semua orang. Terlebih lagi dengan turut nya menawarkan 3 bulan masa gratis bagi mereka yang mendaftar ke dalam YouTube premium.

Dan bukan hanya sekedar sampai di situ, diketahui jika pada bentuk pembayarannya sendiri tidak hanya selalu harus menggunakan uang secara langsung saja, melainkan juga bisa dengan mengunakan metode carrier billing, dimana para penggunanya juga bisa melakukan pembayaran dengan cara potong pulsa.

Keuntungan Menggunakan Youtube Premium

Dan berikut ini, yang menyangkut beragam keuntungan yang bisa kamu dapatkan dalam menggunakan YouTube Premium.

  1. Bebas Iklan

Siapapun tentunya telah mengalami hal yang mungkin terasa sedikit mengganggu, apalagi saat  berada di tengah – tengah  video yang sedang  kamu tonton mendadak saja muncul sebuah iklan. Namun dengan kamu mendaftar dengan menjadi premium, kamu tidak lagi akan menemukan hal-hal yang serupa itu.

Karena sejatinya di sini para pengguna tentunya akan bisa menikmati berbagai video tanpa gangguan iklan. Termasuk pada saat kamu mengakses lewat device seperti halnya SmartTV, Apple TV, Chromecast, dan sebagainya.

  1. Memiliki Gratis Akses Untuk YouTube Music Premium Sampai Google Play Music

Di sini juga telah dikatakan, dengan kamu mulai berlangganan YouTube Premium, tentunya kamu juga akan bisa mendapatkan akses gratis untuk YouTube Music Premium bahkan Google Play Music.

Begitupun secara sebaliknya. Pelanggan Google Play Music, juga tentunya akan mendapatkan YouTube Premium dengan gratis pula. Jadi intinya banyak keuntungan yang bisa kamu dapat ya Gaes….

  1. Memungkinkan Kamu Berganti Aplikasi Tanpa Harus Pause Video

Mungkin rasanya akan berbeda sekali jika saja kamu berlangganan YouTube Premium ini. Karena video nya sendiri tentunya akan tetap dapat diputar sebagai background walaupun kamu jelas-jelas sedang membuka aplikasi yang lain. Bahkan untuk sekedar mendengarkan musik pun, tentunya akan jadi lebih mudah.

Berbeda pada saat kamu mengakses YouTube pada handphone, dimana video yang kamu putar tentunya akan otomatis terhenti ketika kamu berganti ke aplikasi lain. Dan tidak demikian kejadiannya bila kamu menggunakan YouTube premium.

  1. Bisa Menyimpan Video

Kelebihan yang dimiliki YouTube Premium selanjutnya yakni bisa menyimpan video.

Seperti yang pula kita ketahui. Jika sebagian orang memang tidak selalu memiliki kuota internet atau pun sinyal yang memadai. Dan tentunya di sini kamu bisa mendapatkan solusinya yakni dengan menggunakan YouTube Premium.

Pengguna yang berlangganan, nantinya akan diperbolehkan download video untuk disimpan secara offline. Jadi, dalam hal ini kamu tidak lagi perlu khawatir jika kuota habis atau tidak ada sinyal. Kamu tetap bisa menonton video kesukaan mu tersebut di mana pun bahkan kapan pun.

  1. Banyak Konten YouTube Originals yang Bisa Dinikmati

Sama seperti pada pemutar video box office lainnya, di sini YouTube juga memiliki konten eksklusif nya yang juga disebut sebagai YouTube Originals. Dan untuk dapat menonton nya, tentu saja kamu harus berlangganan dulu YouTube Premium. Dan berikut ini yang menjadi konten terbaik nya :

Cobra Kai,

– Scare PewDiePie,

– Escape the Night,

– Impulse, dan yang lainnya.

Efek Bagi Kreator Youtube

Nah, jika kita melihat dari berbagai kelebihan – kelebihan yang telah dimiliki oleh YouTube Premium. Yang terutamanya dengan salah satu fitur nya yang bebas iklan. Mungkin siapapun akan bertanya, tentang bagaimanakah akan nasib para creator, sedangkan kita tahu sendiri jika iklan ini merupakan pendapatan utama yang bisa mereka dapatkan lewat beragam video yang telah diunggah nya ke YouTube?

Menghadapi hal demikian di sini Product Manager YouTube, Brandon Bilinski mengatakan, jika pihak YouTube sendiri tentunya bakal tetap memberikan sebagian pendapatan dari uang yang telah dibayarkan oleh pengguna YouTube Premium, lebih tepatnya terhadap para konten kreator.

Kami memastikan, bahwa orang yang telah menyediakan konten yang ditonton di dalam YouTube bahkan YouTube Music, dibayar. Entah itu dari sumber iklan, maupun dari sumber subscription.” Aungkap Brandon, kepada KompasTekno di kantor Google, Jakarta, pada Selasa (5/11/2019).

Dan atas alasan yang demikian pula, para content creator tentunya mulai saat ini tidak perlu was – was lagi akan bagaimana mereka nantinya akan mendapatkan penghasilan. Walau pada dasarnya belum sepenuhnya dijelaskan mengenai berapa – berapanya porsi pendapatan dari YouTube Premium yang nantinya  akan diterima oleh para YouTuber.

Hal tersebut juga turut pula diungkapkan oleh Communications Manager Google Indonesia, yakni Feliciana Wienathan. Jika mukai sekarang ini (semenjak adanya YouTube premium), pendapatan daripada content creator ini akan terbagi menjadi dua. Yakni dari iklan, juga dari subkripsi.

“Jadi ada yang namanya (pendapatan) ads berdasarkan dari iklan. Dan sekarang, dengan launching nya Youtube Premium, akan ada (pendapatan) subscription. Jadi ada 2 model income. Dan Kami pun memastikan bahwa konten kreator mendapatkan reward yang seimbang.” Ungkapnya.

Bagaimana? Masih ada lagi pertanyaan? Hehe… Tentunya sudah jelas ya, mengenai masa depan content creator setelah adanya YouTube Premium yang nyatanya bebas iklan sekalipun. Jadi tentunya mereka akan tetap saja memiliki pendapatan walaupun kenyataannya iklan di video nya tersebut tidak akan berlaku bagi mereka pengguna YouTube Premium.

Dan tentunya pula mulai sekarang para content creator ini bisa kembali bersantai sambil ongkang – ongkang kaki menunggu hasil daripada jerih payahnya selama ini dari beragam video yang telah mereka unggah. Tanpa hambatan lagi, tanpa pula ada efek dari adanya YouTube Premium.

Dan kiranya cukup sekian pembahasan kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat. Thank’s…!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments