YouTube Perketat Peraturan! Dan Siap Blokir Konten Hoax Tentang Covid-19

Anakkost.tv – Tidak bisa dipungkiri jika fenomena Covid-19 tentunya kerap membuat geger. Namun akan lebih semakin menakutkan lagi apabila di dalam bahasan berita misalnya, justru terselip kata-kata hoax yang tentunya akan membuat seluruh kalangan bertambah panik.

Dan karena kepanikan itu pula, yang kemudian akan membuat warga dikecam rasa takut salam hari-harinya. Bukan hanya akan mempengaruhi terkait kerja, melainkan juga  terhadap aktivitas. Dan jika sudah demikian, bagaimana terkait nasib mereka? Akan sangat miris bukan?

Konten Hoax Terkait Covid-19 di YouTube

Nah, selain berita-berita hoax ini kerap bertebaran di media  sosial maupun bahasan-bahasan lainnya.

Termasuk YouTube pun, yang saat ini telah menjadi platform terbaik dalam media sosial  terbanyak digemari juga dikatakan  telah banyak dirasuki berbagai konten-konten Hoak bahkan termaauk konten sesat lainnya mengenai Covid-19.

Dan karena adanya hal tersebut itulah, kemudian pihak Youtube pun mau tak mau akan mengambil tindakan tegas. Terutamanya untuk menanggulangi bahkan menumpas berbagai konten hoak tersebut.

CEO YouTube Bakal Blokir Konten Berisi Hoax

Tentang antisipasi berbagai berita hoak seputar covid-19 ini tentunya telah diutarakan langsung oleh CEO YouTube.

Yang mana si dalam sebuah wawancaranya dengan CNN via Phone Arena, CEO Youtube Susan Wojcicki dikatakan akan “menghapus semua informasi bermasalah”, termasuk dalam hal “segala sesuatu yang secara medis tidak berdasar.”

Hal ini bahkan termasuk ke informasi non-medis (tak berdasar) yang bahkan dianggap jinak sekalipun. Sang CEO bahkan turut memberikan contoh, bahwa konten yang mengklaim vitamin C atau kunyit yang ternyata dianggap mampu menyembuhkan Covid-19, adalah sebuah “pelanggaran kebijakan” bahkan kemungkinan besar konten tersebut cenderung akan langsung dihapus.

Lebih lanjutnya lagi Susan turut menegaskan.

“Apapun yang nyatanya bertentangan dengan rekomendasi WHO, maka nantinya akan jadi pelanggaran kebijakan kami.” ungkapnya.

Kebijakan Bakal Segera Diberlakukan

Dengan adanya hal tersebut itulah, maka Susan pun mengakui bahwa Youtube sepertinya harus dengan cepat memperbarui kebijakannya dalam menanggapi terkait virus ini, termasuk dalam hal penyebaran informasi palsu yang turut pula menyertainya.

Bahkan untuk saat ini saja, Youtube sikatakan telah memblokir banyak sekali video yang menyebut bahwa Covid-19 ink nyatanya disebabkan oleh jaringan 5G, serta video soal teori konspirasi yang menyebut bahwa Bill Gates merupakan seorang dalang di balik pandemi covid-19.

Memang sangatlah membingungkan terkait Covid-19 ini. Dan tentunya akan menjadi lebih membingungkan lagi apabila turut ditambah-tambah dengan kabar-kabar hoax bahkan semacamnya.

Stop hoax mulai hari ini. Senantiasa sebarkan kabar baik. Tetap jaga diri, jaga kesehatan, jaga pula lingkungan kita dari wabah covid 19. Tetap stay #DirumahAja

Terimakasih.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments