Pemilik Bisnis Kecil Kini Tak Perlu Merasa Risau Setelah Hadir WhatsApp Business

Anakkost.tv – WhatsApp kembali memberikan fitur barunya yang mana akan memudahkan para pemilik bisnis kecil dengan nama WhatsApp Business.

Dan dengan adanya WhatsApp Business pula, tentunya akan memberikan banyak keuntungan bahkan keunggulan tersendiri terutama bagi para pengguna.

Berikut ini berbagai keuntungan WhatsApp Bussines

Keuntungan WhatsApp Business

  1. Akun Dilihat Sebagai WhatsApp Business

Tepatnya ketika kamu melakukan chat terhadap konsumen, maka di bagian paling atas chat konsumen akan mendapatkan sebuah pemberitahuan bahwa konsumen sedang melakukan chat terbadap akun bisnis. Dan dengan munculnya pemberitahuan ini pula, maka tentunya konsumen pun akan jadi lebih percaya terhadap perusahaan atau pun bisnis yang kamu.

  1. Pesan Otomatis (Auto Response)

Sebagai seorang pemilik usaha,  maka kamu pun harus dapat melayani konsumen dengan sepenuh hati bahkan tanpa mengenal waktu. Salah satunya yaitu dengan menjawab pertanyaan dari konsumen kamu yang terkadang datang di luar jam kerja. Dan dengan menggunakan WhatsApp Business ini, maka kamu pun tentunya akan dapat mempermudah hal tersebut dalam berkomunikasi dengan konsumen.

Di mana hal tersebut juga bisa kamu lakukan dengan cara menggunakan fitur Auto Response (Pesan Otomatis). Yang nantinya akan membuat kamu dapat menciptakan pesan balasan sekaligus bisa mengirimnya secara otomatis ketika kamu memang tidak dapat menjawab atau pun membalas pesan dari konsumen. Pesan tersebut akan langsung terkirim kepada konsumen yang mengontak kamu secara personal.

  1. Balas Cepat (Quick Reply)

Fitur satu ini juga boleh dikatakan sangat berguna bagi kamu yang ingin menyapa atau bahkan mengucapkan terima kasih terhadap konsumen kamu.

Karena dengan menggunakan fitur Quick Reply ini, kamu pun akan dapat membuat beberapa kalimat hanya dengan mengetik satu atau dua kata saja. Salah satu contohnya ketika ingin mengucapkan terima kasih terhadap konsumen kamu. Di mana hal tersebut pun tentunya dapat diatur agar nantinya bisa langsung muncul tanpa harus mengetik naskah secara panjang.

  1. Label Chat

Untuk Label Chat ini gunanya supaya kamu dapat mengkategorikan konsumen-konsumen kamu dengan cara memberikan label warna. Contohnya saja bila terdapat pelanggan baru. Di sini kamu tentunya bisa menandai akun konsumen kamu tersebut dengan menggunakan fitur ini.

Kategori konsumen yang dibuat pun tentunya akan bermacam-macam. Seperti halnya konsumen lama, konsumen baru, menunggu pembayaran, sudah pembayaran, pesanan selesai, bahkan berbagai hal-hal lainnya sesuai dengan yang kamu inginkan.

  1. Terdapat Analisis Data Interaksi Pelanggan

WhatsApp Business juga sepertinya telah turut menyediakan informasi detail terkait dengan adanya interaksi konsumen di dalam bisnis yang telah kamu bangun tersebut. Seperti dalam hal jumlah pesan yang dikirim, diterima, terkirim, bahkan sampai yang sudah dibaca.

Sehingga nantinya akan membuat statistik data yang tentunya akan pula berguna untuk kamu di dalam mengetahui seberapa pesan kamu dapat tersampaikan terhadap konsumen kamu itu.

Kekurangan WhatsApp Business

Dibalik kelebihan, tentunya ada yang menjadi kekurangan. Begitu pun dengan WhatsApp Business. Berikut ini kekurangannya :

  1. Pendaftaran

Kekurangan yang pertama dari WhatsApp Business bisa ditemukan di saat kamu mendaftar nanti.  Di mana kamu nantinya memang tidak akan bisa mengubah nama akun bisnis yang sudah pertama kali kalian buat tersebut dengan nama yang lain

  1. Tidak Bisa Digunakan Dalam Satu Nomor Yang Sama

Selanjutnya, untuk bisa menjalankan WhatsApp Business ini, maka kamu pun memang bisa menggunakan keduanya (WhatsApp biasa dan WhatsApp Business) secara bersamaan di dalam satu smartphone. Namun sayangnya, kamu harus mendaftarkannya dengan menggunakan nomor yang berbeda. Selain itu pihak WhatsApp Business juga telah memberikan saran agar pengguna tidak menggonta-ganti nomor jika ingin menggunaka aplikasi ini.

Sedikit susah juga ya, Guys!

Tapi kelebihannya juga banyak loh. Jadi tenang aja, wajarlah kalau ada sedikit kekurangan.

Cara Menggunakan WhatsApp Business

Bagi yang belum memahami atau pun belum mengetahui, berikut ini terkait cara menggunakan WhatsApp Business.

  1. Hal pertama kali yang harus kamu lakukan tentu saja dengan mengunduh langsung aplikasi WhatsApp Business di toko aplikasi Google Play Store atau bisa juga lewat App Store.
  2. Setelah itu, kamu bisa buka aplikasinya kemudian klik ‘setuju dan lanjutkan’, lalu verifikasi nomor ponsel yang akan kamu gunakan di dalam memulai bisnis. Sama dengan verifikasi WhatsApp biasa ya, Guys!
  3. Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan yaitu, menuliskan nama bisnis dan opsi profil foto pengguna. Di situ akan tertulis peringatan bahwa apabila kamu telah menetapkan nama bisnis, maka nama bisnis ini tidak bisa diubah lagi di waktu yang akan datang.
  4. WhatsApp Bussines sudah berhasil kamu buat. Selanjutnya kamu sudah bisa memakai WhatsApp Business tersebut untuk untuk berkomunikasi dengan pelanggan kamu.

Berbagai hal juga tentunya bisa pengguna lakukan seperti dalam hal mengubah profil bisnis.

Nah, kalau untuk mengubah profil bisnis sekaligus juga mengenai keterangan bisnis pengguna, maka pengguna juga bisa mengakses Settings, atau sebut saja Business Settings.

Kiranya itulah, mengenai seputaran WhatsApp Bussines. Mulai dari kelebihan, kekurangan sampai dengan tata cara menggunakan alias mendaftar WhatsApp Business tersebut. Semoga artikel yang dimuat ini bermanfaat.

Dan bila ada pertanyaan atau pun hal-hal lain mengenai seputar WhatsApp Business. Kamu bisa langsung tulis di kolom komentar di bawah.

Itu saja, semoga bermanfaat. Sampai jumpa di dalam berbagai bahasan menarik lainnya. See you next time, thanks for reading….

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of