Nitendo Kalah Saing Oleh PlayStation, Begini Ungkapan Sang Pemilik

Anakkost.tv – Jauh sebelum munculnya Playstation, sebenarnya Nintendo sempat merajai pasaran console gaming. Dan apabila kita turut menyaksikan akan kesuksesan NES dan SNES pada masanya itu, maka bisa disebutkan sangatlah mustahil, apabila pada waktubitu akan ada console lain yang mampu menjadi pesaing daripada Nintendo.

Namun siapa yang menyangka, jika kepopuleran yang telah di dapat Nitendo ini membuat pihaknya justru menjadi lengah. Dan Alhasil pada saat ini, munculah PlayStation yang pada akhirnya mampu menenggelamkan raksasa console gaming Nitendo.

Apa itu Nitendo dan PlayStation?

Sebelum lanjut ke pembahasan, ada baiknya kita menyimak dulu tentang apa itu Nitendo juga PlayStation. Dan berikut ini penjelasan lengkapnya.

Nitendo adalah konsumer elektronik multinasional dan perusahaan video game yang diketahui memiliki markas besar (perusahaan) di Kyoto. Awal-mulanya nitendo ini yakni sebagai perusahaan kartu yang pada akhirnya berkembang dari mainan hingga pada video game, Nintendo sendiri merupakan salah satu perusahaan permainan video terbesar di dunia, bila dilihat daripada pasar, sekakigus menciptakan beberapa waralaba game yang terkenal bahkan yang diktakan terlaris sepanjang masa. Sebut saja game-gamenya Nitendo tersebut adalah Mario, The Legend of Zelda, Animal Crossing, serta Pokémon.

 

Sementara untuk PlayStation atau yang kerapkali disingkat dengan nama PS, adalah jajaran merek konsol permainan daripada video rumahan serta pusat media, layanan daring, deretan pengontrol permainan, konsol genggam, bahkan sekakigus ponsel pintar. PS sendiri dikatakan hasil produksi dari Sony Interactive Entertainment, di mana merupakan divisi dari Sony. Di sini PlayStation (PS) pertama kalinl dirilis sebagai konsol permainan video rumahan PlayStation di Jepang, yakni pada Desember tahun 1994. Dan pada tahun berikutnya, barulah PS ini mulai diedarkan di penjuru dunia.

Nitendo Kalah Saing Oleh PS

Kepopuleran sesaat yang diraih Nintendo sepertinya telah membuat perusahaan tersebut menjadi lupa diri. Hingga akhirnya muncul perusahaan lainnya yakni Playstation. PlayStation sendiri dibuat, tepatnya seusai Nitendo menolak tawaran kerjasama daripada Sony, yang mereka pandang biayanya terlalu tinggi.

Tapi biarpun dikatakan telah menolak tawaran Sony hingga membuat kemunculan PlayStation, pada saat itu Nintendo 64 masih tergolong sukses sekaligus menjadi rumah dibalik banyaknya game klasik seperti halnya Super Mario 64, The Legend of Zelda: Ocarina of Time, Banjo Kazooie dan masih banyak yang lain lagi. Namun untuk generasi console, terutamanya untuk saat ini, dominasi Nintendo dikatakan mulai meredup. Hingga bisa dikatakan kalah telak oleh saingannya yang sekarang yakni PlayStation.

Penyebab Nitendo Kalah dari PlayStation

Di antara berbagai hal yang jadi penyebab terkait kalahnya Nitendo ini, tentunya disebabkan akibat keputusan Nintendo yang sepertinya masih terus setia dengan cartridge ketimbang memilih CD. Sedangkan untuk produksi cartridge ternyata jauh lebih tinggi serta kapasitas muatan didalamnya juga sangatlah terbatas. Sehingga hal ini dikatakan mampu membuat developer harus raup dana lebih besae serta membuat banyak limitasi pada game milik mereka.

Ungkapan Sang Pemilik (Presiden), Atas Kekalahan Nitendo

Akibat dari tidak menyanggupi tawaran dari pihak Sony, akhirnya PlayStation pun dikatakan mulai menyusul kepopulerannya, terutamanya untuk di Jepang.

Sehingga membuat pemilik atau pun Presiden Nitendo Hiroshi Yamauchi, mengungkapkan, jika gamer jepang lebih rentan ingin ‘berdiam diri sendirian dan mainkan game sedih’.

Dan secara tidak langsung, Yamauchi telah akui bahwa console Nintendo tentunya lebih miliki katalog game lebih kekanak-kanakan, sekaligus tidak begitu menyukai bahwa game sekarang makin tumbuh bahkan menjadi semakin serius.

Itulah tentang bahasan Nitendo yang kalah saing oleh PlayStation. Terimakasih telah setia dengan Anakkost.tv.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of