Tutorial Lengkap Mengenai Ciri-Ciri, Cara Mengetahui, sampai Cara Mengatasi WhatsApp Yang Disadap 2021

Anakkost.tv – Sebagai media sosial yang paling digandrungi sejagat maya, WhatsApp memang bisa dibilang sebagai salah satu flatform yang banyak diperhatikan sejauh ini.

Ya, salah satunya terhadap yang namanya pembajakan. Di mana pembajakan WhatsApp ini sendiri memang kian marak dari hari ke harinya.

Yang jadi pertanyaan, apakah kamu pun sudah tahu mengenai bagaimana ciri-ciri akun WhatsApp yang disadap, cara mengetahui, sampai dengan bagaimana cara mengatasinya.

Biar gak bingung, yuk, simak saja bahasannya sampai tuntas!

Contents

Pembajakan WhatsApp

Terkait pembajakan WhatsApp ini, memang turut pula dilansirkan oleh salah satu berita luar negeri terk hal yaitu The Verge. Tepatnya pada 23 Januari 2021. Bahkan di sana juga dikatakan dengan jelas, kalau para pengguna WhatsApp memang sangat sekali diwajibkan agar senantiasa untuk mengaktifkan kemanan ekstra atau dua tahap proteksi untuk melindungi akun whatsapp kamu tersebut.

Bagi kamu yang katakanlah juga bingung mengenai bagaimana cara yang bisa kamu lakukan saat hendak mengaktifkan keamanan ekstra untuk WhatsApp sendiri, tenang, Guys! Nanti kita akan bahas secara lebih lengkap lagi.

Ciri-ciri WhatsApp Yang Disadap

Untuk kamu yang kemungkinannya belum mengenal terlalu jauh mengenai WhatsApp ini, berikut adalah mengenai ciri-ciri WhatsApp disadap orang.

Kenapa hal ini kok perlu diketahui? Tentu saja, semua itu bukan lain supaya kamu hisa terhindar dari hal-hal yang nantinya tidak kamu inginkan.

Ok, berikut langsung saja menuju ciri-cirinya :

1. Mendapat Kiriman OTP

Yang pertama dan paling sering banget tentu daja adalah kamu akan mendapati kalau aplikasi WhatsApp kamu akan keluar dengan sendirinya dan pengguna biasanya bakalan mendapatkan kiriman kode OTP lewat SMS maupun juga lewat telepon, maka dari itulah, apabila hal tersebut juga kebetulan terjadi terhadap kamu, maka sangat dianjurkan untuk tidak menyerahkan kode enam digit tersebut kepada siapapun.

Namun jika ternyata pengguna secara tiba-tiba menerima kode OTP dan keluar langsung dari aplikasi dengan sendirinya, maka ada kemungkinan nomor WhatsApp milik kamu tersebut memang sedang dikloning oleh orang lain.

Namun, untuk bisa melakukan kloning nomor ini sendiri, biadanya pelaku harus memiliki akses terhadap kartu SIM korban terlebih dahulu.

Di mana biasanya, Pengirim malah bisa saja pura-pura mengaku sebagai teman korban dan meminta mengirimkan kode itu lantaran mereka sulit masuk ke akun Whatsapp milik mereka. Bahkan hal ini bisa jadi, menjadi salah satu jebakan dan kemungkinannya akan ada berbagai jebakan lain yang pada intinya tetap saja bertujuan meminta enam kode tersebut.

2. Keluar Akun WhatsApp Secara Tiba-tiba

Ok, untuk aplikasi WhatsApp ini memang tak bisa digunakan pada dua ponsel secara bersamaan. Atau dengan kata lain, apabila nomor yang sama digunakan pada perangkat lain, maka tentunya akun WhatsApp pengguna tersebut akan keluar dengan sendirinya (tiba-tiba).

Sekedar contohnya, apabila nomor yang sama juga turut didaftarkan pada perangkat yang lain, maka secara tidak langsung, akan bakalan muncul peringatan pada ponsel, sebagai berikut:

“Nomor telepon Anda tidak lagi terdaftar di WhatsApp pada telepon. Mungkin karena Anda telah mendaftarkannya pada telepon lain. Jika Anda tidak melakukan ini, verifikasi nomor telepon Anda untuk masuk kembali ke akun Anda.”

Nah, apabila kamu juga mendapatkan notifikasi semacam itu sementara tidak merasa memasukkan nomor Whatsapp yang sama ke perangkat lain, maka jangan sekali-kali untuk kamu tekan Oke.

Dan sebaliknya, yang harus kamu lakukan adalah tekan verifikasi agar akun Whatsapp kamu nantinya tidak berpindah ke ponsel lain.

Jika pemindahan yang terjadi memang dilakukan oleh kamu sendiri, tentu saja sebaliknya, kamu tentunya harus mesti memilih Oke agar akun kamu bakalan bisa digunakan di perangkat yang berbeda.

3. Pesan Telah Terbaca

Selanjutnya yang merupakan Tanda apabila WhatsApp milik kamu telah dibajak orang selanjutnya ialah terhadap notifikasi (tanda centang) yang menyatakan kalau pesan telah terbaca.

Dengan artian, hal tersebut berarti ketika akun WhatsApp pengguna disalin ke aplikasi kloning WhatsApp menggunakan kode QR yang semestinya digunakan pada WhatsApp Web.

Nah, mengenai tanda-tanda kalau akun WhatsApp kamu tersebut memang telah dikloning menggunakan aplikasi seperti ini adalah jika kamu pernah menemukan tanda pesan sudah terbaca padahal belum pernah kaku buka sama sekali.

Pesan yang sudah terbaca, biasanya akan ditandai dengan adanya tanda dua centang biru di bagian kanan bawah pesan. Namun tanda ini pun biasanya juga bakalan bisa dinonaktifkan di bagian pengaturan. Jika tanda ini tak diaktifkan, maka secara tidak langsung, bahwa pengguna tak bisa melihat apakah pesan tersebut sudah terbaca ataukah memang belum.

4. Mengirim Pesan Yang Tidak Dikirim Pengguna

Berikut ini juga merupakan tanda lain kalau WhatsApp kamu memang sudah disadap, adalah dengan adanya pesan yang dikirim ke kontak tertentu (tanpa sepengetahuan kita).

5. Status Online, Padahal Jelas Tidak Aktif

Yang ini juga merupakan salah satu tanda terakhir WhatsApp milik kamu disadap orang lain.

Cara untuk mengetahuinya juga memang mudah :

Yaitu adalah dengan melihat apakah nomor kita tampak online di akun WhatsApp orang lain ketika kita tidak membuka aplikasi WhatsApp di ponsel ataupun terhadap di WhatsApp Web.

Cara Mencegah Akun WhatsApp Dibajak

Nah, inilah yang paling ditunggu-tunggu. Yaitu tentang bagaimana caranya agar kita bisa mencegah supaya akun WhatsApp milik kita tersebut tidak Dibajak oleh orang lain.

Langsung saja!

1. Verifikasi 2 Langkah

Caranya :

– Buka Whatsapp dan ketuk ikon tiga titik yang biasanya terletak di kanan atas pada layar handphone.

– Lanjutkan dengan cara tekan “setelan” atau setting kemudian pilih “akun” lalu lanjutkan dengan pilih verifikasi dua langkah.

– Lalu tekan “aktifkan” dan pilih pin 6 digit kamu.

– Selanjutnya, ada pilihan untuk menambahkan alamat email kamu.

2. Aktifkan Pemindai Sidik Jari

Hal ini juga bisa kamu lakukan agar nantinya, tak bakalan sembarang pengguna bisa masuk ke akun Whatsapp kamu apalagi termasuk dalam hal memindai kode QR untuk menyadap. Maka dari itulah, pengguna bisa aktifkan fitur pemindai sidik jari.

Begini cara mengaktifkannya :

– Klik opsi titik tiga yang ada di kanan atas
– Selanjutnya klik Privasi

– Lalu klik kunci sidik jari

– Terakhir, pilih aktifkan

– Biasanya untuk selanjutnya Pengguna akan diminta untuk merekam sidik jari milik mereka

– Terakhir, WhatsApp juga bakalan meminta pengguna memilih berapa lama aplikasi tersebut akan terkunci otomatis, segera, setelah 1 menit, atau bahkan bisa juga setelah 30 menit.

3. Pasang Ulang WhatsApp

Kalau untuk yang ini bisa kamu lakukan apabila kamu telah terlanjur mengklik Ok saat ada peringatan untuk memindahkan akun seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Nah, untuk hal ini, kamu bisa menginstal ulang Whatsapp untuk mengambil kembali akun milik kamu tersebut.

Namun tentu saja, harus dengan catatan kalau kamu masih tetap menggunakan nomor yang telah didaftarkan pada Whatsapp tersebut. Alasannya sendiri adalah, dikarenakan kalau kode OTP Whatsapp biasanya akan dikirimkan ke nomor yang telah terdaftar tersebut.

4. Logout WhatsApp Web

Hal ini pun sangat penting untuk menghindari penyadapan WhatsApp lewat aplikasi yang meniru WhatsApp Web. Di mana nantinya pengguna bakalan bisa mengecek perangkat apa saja yang menggunakan akun kamu lewat WhatsApp Web.

Caranya adalah :

– Klik opsi titik tiga yang ada di sebelah kanan atas

– Klik WhatsApp Web

– Akan muncul daftar perangkat yang login dengan akun milik kamu.

– Terakhir, pilih logout dari semua perangkat

5. Nonaktifkan Akun WhatsApp

Apabila dikatakan kalau akun WhatsApp kaku ternyata telah diretas, maka lakukanlah cara dengan menonaktifkan akun untuk memastikan bahwa tidak ada yang menggunakan akun WhatsApp tersebut.

Caranya juga mudah. Cukup dengan mengirimkan email ke dukungan WhatsApp di support@whatsapp.com dengan frasa “Hilang / Dicuri: Silakan nonaktifkan akun saya” di badan email, seperti yang telah ditulis India Today.

Apabila nanti, katakanlah kalau penonaktifan berhasil, maka biasanya kamu akan memiliki 30 hari untuk mengaktifkan kembali akun yang kamu kioiki tersebut sebelum dihapus sepenuhnya.

Demikianlah mengenai “Tutorial Lengkap Mengenai Ciri-Ciri, Cara Mengetahui, sampai Cara Mengatasi WhatsApp Yang Disadap 2021”.

Terimakasih.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments