Tips Membuat Kamera Smartphone Menjadi Lebih Jernih

Anakkost.tv – Banyak orang yang memaksakan diri mengambil sebuah objek gambar dengan keadaan kamera yang kurang mempuni. Dimana kualitasnya kurang, seperti terdapat bintik – bintik, foto terlalu cerah sehingga tempat yang tadinya sejuk difoto jadi terlihat gersang dan lain sebagainya. Hal itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor dan salah satunya lensa kamera kotor dan pengaturan yang salah saat mau mengambil foto.

membuat kamera hp jernih

Karena setiap momen pasti memerlukan pengaturan yang berbeda – beda, maka dari itu kamu perlu melatih terus dalam mengotak ngatik pengaturan yang sesuai dengan objek foto tertentu. Namun di artikel kali ini aku akan lebih memfokuskan pada bagaimana caranya membuat hasil jepretan kamera smartphone terlihat lebih jernih.

Dua Hal Utama yang Wajib Kamu Perhatikan

  1. Periksa Spesifikasi Kamera yang Dimiliki Smartphone Kamu

Kadang kita suka heran dengan kamera smartphone yang digunakan. Dimana kamera sudah jelas – jelas memiliki kualitas yang bagus dengan keterangan fixel di atas 13 atau 20. Namun pada nyatanya hasil dari jepretan kamera kamu terlihat buram dan jauh dari expetasi. Disini kamu harus benar – benar pintar dalam memperhatikan spesifikasi kamera yang ada di dalamnya. Seperti, jenis lensa, flash yang digunakan sampai aperture yang bisa kamu maksimalkan dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. Fitur Kamera Smartphone yang Tersedia

Biasanya, walaupun fixel yang dimiliki sama besarnya. Namun didalam fitur terdapat yang berbeda anatar 1 merek samartphone dengan merek smartphone lainnya. Apalagi antara Android dan iOS tentunya sangat berbeda.

Cara Membuat Kamera Smartphone Menjadi Lebih Jernih

 

  1. Mengatur Resolusi Foto

membuat kamera hp menjadi lebih jernih

Gunakanlah resolusi foto yang tinggi, agar hasilnya bisa lebih detail dan jika di perbesar tidak terlalu pecah dan masih jelas. Ketika mengambil foto jangan menggunakan zoom jika masih bisa kita ambil dari jarak dekat, karena itu akan membuat hasil foto menjadi kurang maksimal dan pecah ketika di perbesar kembali.

  1. Mengatur High Dynamic Range (HDR)

membuat kamera hp menjadi lebih jernih

HDR sendiri bisa kita atur supaya hasil jepretan bisa terlihat lebih hidup dan mempunyai detail yang maksimal. Jika kesusahan, kamu bisa menggunakan setingan otomatis namun aku sarankan untuk menyetingnya manual agar bisa disesuaikan dengan apa yang kamu inginkan. Namun jika objek fotonya bergerak, disarankan tidak menggunakan fitur yang satu ini. Karena hasilnya akan menjadi jelek dan mungkin buram.

  1. Mengatur ISO

membuat kamera hp menjadi lebih jernih

Setiap kamera smartphone pastinya memiliki ISO yang bisa kamu atur dan kebanyakan diantara kamu memilih Iso otomatis. Padahal itu kurang maksimal kalau menurut aku. ISO sendiri berfungsi untuk mengatur cahaya yang masuk, sehingga jika ISO lebih tinggi maka hasil foto akan semakin cerah. Namun hal itu biasanya jelek terhadap foto yang dihasilkan. Aplagi dengan sedikit paksaan, yang hasilnya malah banyak bintik – bintik. Jika ISO kurang kamu juga bisa menggunakan Flash, sehingga walau keberadaan cahaya minim. Kamu tidak perlu memaksimalkan ISO tapi bisa menggunakan flash.

Nah, itulah tips membuat kamera smartphone menjadi lebih jernih. Jadi walaupun kamu menggunakan kamera smartphone, hasilnya tidak akan kalah dari yang menggunakan kamera DSLR. Bahkan bisa jadi, foto yang diambil dengan menggunakan DSLR lebih kurang bagus karena tidak bisa menggunakannya. Baik dari segi pengaturan atau pengambilan objek gambar. Terimakasih.

data-ad-client="ca-pub-2617427438224044" data-ad-slot="4082072217">

Artikel ini termasuk dalam bahasan : - cara membuat kamera hp menjadi bagus -

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar