Inilah Tips Aman dalam Menggunakan Whatsapp

Anakkost.tv – Hai sobat kita semua tentunya sudah tak heran lagi dengan aplikasi yang bernama WhatsApp. WhatsApp adalah aplikasi yang memudahkan kita untuk mengirim pesan instan kepada sobat dan kerabat kita, aplikasi WhatsApp hampir menyerupai pesan namun lebih dilengkapi banyak fitur-fitur lainnya nah dalam aplikasi ini kita juga bisa mengirimkan gambar , musik dan file-file yang lainnya.

tips menggunakan wa secara aman

Nah bagi kalian pengguna WhatAapp kalian tak perlu takut menggunakan aplikasi Whatsapp ini , karena meski merupakan aplikasi yang menggunakan internet seperti facebook, namun kalian tak perlu takut akan penyalahgunaan seperti yang terdapat pada facebook karena  Whatsapp memiliki keamanan yang dapat dipercaya. Seluruh pesan yang terdapat pada Whatsapp dilindungi secara otomatis oleh enskripsi end-to-end. Yang artinya semua pesan dalam Whatsapp hanya bisa dilihat oleh pengirim dan penerima saja. Jadi pihak lain tidak ada yang dapat mengaksesnya termasuk Whatsapp.

Tips Aman Menggunakan Whatsapp dengan Mudah

Nah kali ini saya akan memberi informasi tentang beberapa fitur yang bisa kamu gunakan untuk mengontrol keamanan dan privasi kamu yang terdapat pada Whatsapp.

  1. Pengaturan Privasi

Nah pada menu privasi ini, terdapat beberapa fitur yang dapat digunakan untuk mengontrol privasi Whatsapp yang digunakan. Diantaranya ada informasi profil, terakhir dilihat (last seen), foto profil , laporan pesan telah dibaca.

Cara Masuk Pada Setelah Privasi

  • Tap icon menu di pojok kanan atas (tergambar titik tiga),
  • Setelah itu pilih setelan atau setting,
  • Lalu pilih akun atau account dan pilih privasi (privacy).
  • Kemudian pilih menu privasi nanti akan muncul fitur-fitur yang bisa kamu control.

Control privasi yang bisa kamu lakukan

  • Yang pertama jika kamu memperkenankan semua yang menyimpan kontak kamu melihat apakah kamu sedang online atau offline kamu bisa pilih opsi semua orang atau everyone,
  • Selanjutnya jika kamu menginginkan yang lebih privasi kamu bisa pilih opsi kontak saya atau my contact, nah jadi apabila kamu memilih opsi ini , orang yang bisa melihat kamu online atau offline hanya kontak kamu saja atau orang yang nomor nya kamu simpan saja, dan yang lain tidak bisa melihat.
  • Bahkan ada yang lebih privasi lagi jika kamu tak ingin siapapun melihat bisa pilih fitur tidak ada atau nobody, nah jika kamu memilih opsi ini tak seorangpun akan bisa melihat apakah kamu online atau offline.
  • Kemudian jika kamu ingin menonaktifkan informasi terakhir dilihat kamu bisa centang opsi tersebut.

Control privasi whatsappControl privasi whatsappControl privasi whatsapp

Begitu pula apabila kamu ingin menonaktifkan informasi pesan telah dibaca, kamu hanya tinggal mencentangnya pada opsi tersebut. Namun ada sedikit catatan yang perlu kamu ketahui jika kamu menonaktifkan informasi terakhir dilihat kamu juga tidak bisa melihat informasi terakhir dilihat pengguna lain. Begitu pula jika kamu menonaktifkan informasi pesan telah dibaca, kamu tidak bisa melihat apakah pesan kamu sudah dibaca atau belum.

  1. Mengontrol Pembaharuan Status

Selain itu pengguna Whatsapp juga bisa mengontrol pembaharuan status dengan cara dibawah ini.

cara Mengontrol Pembaharuan Statuscara Mengontrol Pembaharuan Status

  • Seperti penjelasan diatas jika kamu memperkenankan semua kontak melihat pembaharuan status kamu pilih “kontak saya” atau my contact.
  • Untuk opsi kedua yaitu kontak saya dengan pengecualian , “kontak saya kecuali” nah disini kamubisa memilih kontak mana yang tidak kamu perkenankan untuk melihat status kamu. Dan fitur yang terakhir adalah opsi “ hanya berbagi dengan “ artinya hanya kontak-kontak yang kamu pilih saja yang dapat melihat pembaharuan status kamu.
  1. Memblokir Pengguna Yang Tidak Diinginkan

Disini kamu juga bisa mencegah orang-orang tertentu yang menghubungi kamu , baik melalui telepon maupun pesan teks, entah itu mantan, teman atau mungkin musuh, intinya kontak yang tidak kamu inginkan dan untuk caranya bisa kamu lihat dibawah ini.

Memblokir Pengguna Yang Tidak Diinginkancara Memblokir Pengguna Yang Tidak DiinginkanMemblokir Pengguna Yang Tidak Diinginkan wa

  • Jika kamu menginginkan ini kamu bisa pilih opsi “pilih kontak”, lalu klik ikon kontak di pojok kanan atas untuk memilih kontak mana yang ingin kamu blokir.
  • Dengan cara itu kontak yang diblokir tidak dapat menghubungi kamu lagi baik melalui pesan maupun telepon Whatsapp.
  1. Menghapus Percakapan

Tips selanjutnya yaitu menghapus pesan percakapan dengan mudah dan untuk langkahnya bisa kamu simak dibawah ini.

  • Untuk menghapus pesan di ruang percakapan personal, kamu bisa klik dan tahan pesan lalu pilih pesan mana saja yang ingin kamu hapus lalu pilih ikon tong sampah yang ada di pojok kanan atas dan pilih hapus. Jika pesan kurang dari 1 jam 8 menit 6 detik, maka kamu dapat memilih hapus untuk semua, sehingga pesan akan hilang baik di kamu atau di orang yang kamu kirim pesan secara otomatis.

caramenghapus pesan chat keseluruhancaramenghapus pesan chat keseluruhan

  • Kemudian untuk pesan yang ada di grup kamu bisa menghapusnya dengan menggunakan cara yang sama seperti pada chat personal. Tapi jika kamu ingin menghapus seluruh percakapan yang ada di grup kamu bisa pilih opsi “bersihkan percakapan” atau clear chat dan jika kamu ingin keluar dari grup, kamu cukup tahan grup yang akan di hapus hingga muncul centang dibawah foto profil dan pilih opsi “ keluar grup” atau exit group.

caramembersihkan pesan group whatsaapcaramembersihkan pesan group wa

  1. Autentikasi Dua Langkah

Secara sederhana autentikasi dua langkah adalah perlindungan berlapis sebuah aplikasi ketika kamu akan masuk ke akun milikmu. Metode ini umumnya menggunakan keamanan berupa kode yang terlebih dahulu masuk ke smartphone dalam bentuk SMS atau  untuk mengirim kode verifikasi. Selain harus memasukan kode verifikasi yang kamu terima melalui SMS kamu juga harus memasukan kata sandi.

Cara menggunakan autentikasi dua langkah untuk ponsel android bisa kamu ilkut langkahnya dibawah ini.

  • Kamu hanya perlu pilih ikon titik tiga di sisi kanan atas kamu pilih “setelan” dan pilih “akun”, scroll kebawah sampai menemukan “two-step verification” kamu tap itu lalu kamu masukan enam digit kode yang akan kamu gunakan sebagai kata sandi.
  • Setelah itu WhatsApp akan meminta konfirmasi ulang password tersebut dengan disertai alamat e-mail.

Autentikasi Dua LangkahAutentikasi Dua Langkah whatsappAutentikasi Dua Langkah whatsapp

Untuk pengguna iPhone cara mengaktifkan autentikasi dua langkah ada pada menu setting di pojok kanan bawah layar, lalu pilih account dan prosesnya hampir sama dengan di ponsel android. Jika kamu sudah mengikuti semua prosesnya  akun kamu akan di klaim dan akan lebih aman.

  1. Meminta Info Akun

Mungkin bagi kamu yang memiliki aplikasi Instagram atau facebook sudah tidak aneh lagi dengan cara ini, selain Instagram dan Fcebook WhatsApp pun kini menyediakan fitur bisa diunduh penggunanya tentang informasi apa saja yang mereka koleksi selama penggunanya aktif di WhatsApp.

Cara Mengunduh Informasi Profil

  • Kamu bisa tap icon titik tiga di pojok kanan atas lalu pilih menu “setelan” lalu pilih “akun” dan kamu pilih opsi “permintaan informasi akun” lalu klik permintaan laporan
  • Setelah itu WhatsApp akan menginformasikan bahwa laporan baru bisa kamu terima selang tiga hari setelah melakukan permintaan.

Perlu kamu catat bahwa permintaan informasi akan dibatalkan jika kamu menghapus akun WhatsApp milikmu, mengubah nomor ponsel atau me-registrasi ulang akun selama masih dalam masa tunda permintaan.

Jika dokumen telah siap maka WhatsApp akan memberikan notifikasi yang mengatakan “akun kamu siap di unduh” hal yang perlu kalian ingat WhatsApp hanya memberikan jeda waktu seminggu untuk mengunduh data tersebut. Untuk informasi yang direkam WhatsApp di antaranya adalah, nomor ponsel, koneksi IP yang kamu gunakan, jenis perangkat, foto profil, semua nomor kontak, semua grup berikut pengguna yang masuk didalamnya dan nomor kotak yang kamu blokir.

Nah itulah yang bisa aku sampaikan pada artikel kali ini, mengenai tips ampuh dalam menggunakan whatsapp dengan aman. Apalagi sekarang banyak sekali hal – hal yang terjadi menuju sisi negatif dengan aplikasi whatsaap, bahkan tidak dipungkiri ada negara yang mengancam akan memblok aplikasi whatsapp jika pihak whatsapp tidak bisa mengikuti apa yang diinginkan. Terimakasih.

data-ad-client="ca-pub-2617427438224044" data-ad-slot="4082072217">

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar