Tips Agar Aman Saat Menggunakan Wifi Publik

Anakkost.tv – Siapa saja tentunya lebih memilih  sesuatu yang gratis ketimbang untuk suatu yang berbayar. Dan itu sudah tidak dapat dipungkiri. Begitupun bila nyatanya kita dihadapkan dengan WiFi Gratis alias WiFi Publik. Tanpa akan berfikir panjang. Langsung saja kita comot!

cara exsis dengan kuota tipis

Ya. Memang banyak sekali orang yang terhubung ke jaringan ini, tapi mereka sama sekali tidak sadar akan berbagai resiko keamanan yang tengah mengancamnya. Baik itu berupa kejahatan siber. Maupun hacker yang pula siap merongrong lewat jaringan WiFi.

Bahayanya Wifi Publik

WiFi publik memang tidak sepenuhnya aman. Selalu ada saja berbagai ancaman yang mengintai seperti halnya virus komputer. Bahkan lebih bahayanya lagi bila jaingan wifi tersebut nyatanya digunakan sebagai akses para hacker dalam menyadap (tapping) data-data rahasia milik kita.

Bahaya tentang WiFi Publik juga sebenarnya telah dijelaskan oleh Salahudin Manggalany selaku Chief Technology Officer. Atau yang lebih tepatnya Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI). Yang dimana dia mengatakan jika di era Internet of Thing (IoT) seperti sekarang, menyusupkan malware yang digunakan untuk menyadap tentunya memang marak dilakukan.

Penyadapan itu sendiri nyatanya disebabkan oleh minimnya sistem keamanan pada modul bahkan router WiFi. Bahkan pria yang pula lebih akrab dipanggil Didin ini sekaligus mengatakan, bahwasanya router WiFi masih bisa ditembus hacker meski sudah dipasangi firewall sekalipun.

“Di router, tidak ada firewall  macam-macam. Dia juga masih bisa diterobos oleh hacker. Akses WiFi tentu bisa diakses oleh hacker juga. Kalau ditanya pabrik, ya mereka tidak tahu. Karena saking kecilnya router, tentunya mereka tidak bisa update firmware untuk menangkal virus.” ungkap Didin.

Tips Agar Aman Dari Pencurian Data

Seperti yang dikemukakan di atas, nyatanya beragam bahaya tentunya akan muncul bila kamu menggunakan WiFi Publik tepatnya secara sembarangan. Namun biarpun demikian,  kamu tidak perlu merasa risau atau khawatir. Karena berikut ini, merupakan beberapa tips aman untuk mencegah pencurian data saat  kamu menggunakan WiFi publik.

  1. Gunakan HTTPS

Mengenkripsikan komunikasi antara komputer dengan situs yang dikunjungi merupakan salah satu cara yang tepat untuk menjaga privasi juga keamanan. Oleh karena itu, saat kamu mengakses internet di jaringan publik, terlebih dulu pastikan situs yang kamu buka atau pun alamat URL-nya yakni menggunakan “https://”. Karena website yang nyatanya menggunakan https akan mengenkripsi aktivitas diri Anda.

Di sini dikatakan jika https menunjukkan bahwa enkripsi SSL pada situs yang kita kunjungi telah aktif. Selain dengan menggunakan URL https, di sini kamu juga akan melihat ikon gembok yang tertera pada address bar dalam browser. Ini juga menunjukkan koneksi SSL aktif. Dan dengan enkripsi SSL, informasi yang kamu kirim bahkan terima sekalipun, nantinya akan aman dan tidak bisa terbaca oleh orang lain.

  1. Periksa dahulu nama WiFi hotspot-nya

Di sini pula dikatakan dalam memikat setiap calon korbannya hacker terkadang membuat WiFi Network palsu. Dimana nama yang digunakan umumnya dibuat mirip dengan tempat yang kamu kunjungi seperti alamat “FREE Public Wi-Fi” atau pun “FREE Starbucks WiFi”.

Cara ini tentunya dianggap sangat efektif karena mengingat si korban nantinya akan mengira itu merupakan hotspot resmi. Korban kemudian akan tenang saja browsing dengan santai tanpa sedikitpun akan merasa sadar bahwa komputernya atau pun smartphone-nya telah memasuki jaringan yang tidak aman. Di mana seorang hacker nantinya dapat memantau aktivitas bahkan sekaligus mencuri data kamu.

Nah, agar kamu bisa lolos dari perangkap. Tepatnya sebelum terhubung ke dalam jaringan. Diusahakan untuk memeriksa terlebih dulu nama WiFi hotspot yang disediakan. Baik itu yang berasal dari cafe/hotel bahkan termasuk tempat kamu berada sekarang.

  1. Software Tetap Up-to-date

Maksud software tetap Up-to-date di sini yakni, pastikan sistem operasi juga browser web yang kamu gunakan itu selalu di-update dengan versinya yang paling baru. Baik itu yang termasuk pada pada password sampai pada antivirus software yang up-to-date.

  1. Gunakan keamanan tambahan dan enskripsi kata sandimu

Biasanya hal tersebut menjadi hal yang tentunya wajib sekali dilakukan. Bahkan fungsinya pun juga akan jauh lebih besar ketimbang dengan privasi online. Sebenarnya ada banyak sekali jenis keamanan tambahan untuk bisa memastikan jaringanmu itu tetap aman. Seperti halnya menggunakan Tor, VPN, sampai pada DoNotTrack.

Untuk masalah keamanan wifi publik, kamu bisa saja dimungkinkan akan menemukan beberapa ekstensi yang tentunya akan sangat berguna untuk memaksa jaringanmu terenkripsi. Yakni pada situs web yang awalnya tidak dienkripsikan secara default.

Dan selain daripada hal itu. Mungkin kamu pun ada baiknya agar jangan sampai lupa dalam hal mengamankan kata sandimu. Dan tentunya pula, di sini kamu nantinya akan bisa mengenskripsikan kata sandi milikmu untuk menjaga terkait kerahasiaannya.

Enkripsi sendiri yakni suatu metode yang digunakan untuk mengkodekan data sedemikian rupa. Sehingga keamanan informasinya terjaga.

Nah, dengan mengenskripsi kata sandimu, tentunya kerahasiaan kata sandi pun selain akan terjaga juga tetap aman ketika kamu akses melalui wifi publik.

5. Aktifkan firewall dan antivirus

Bila kita melihat keadaan sekarang ini, sebagian besar sistem operasi telah hadir dengan membawakan fitur firewall. Firewall sendiri merupakan sistem keamanan jaringan yang memonitor lalu lintas jaringan baik yang masuk bahkan yang keluar.

Firewall  juga membantu mencegah pengguna lokal yang tidak diinginkan untuk mengintip komputer kamu. Khusus pada Windows, kamu bisa melakukannya dengan cara masuk ke Control Panel> System and Security. Di bawah System and Security nantinya akan ditemukan opsi firewall. Nah kamu tinggal pilih alias aktifkan opsi Firewall tersebut.

Selain itu antivirus sendiri juga penting untuk kamu miliki. Karena memiliki Antivirus sedianya adalah solusi yang lebih tepat untuk menghindari praktik jahat yang diakibatkan para hacker. Oleh karena itulah, jika kamu kerapkali menggunakan sambungan wifi publik , maka kamu pun perlu menginstal Antivirus tambahan. Yang gunanya tentu saja untuk melindungi perangkatmu dari praktik penyalahgunaan daripada hacker.

6. Hindari mengakses informasi sensitif

Ini juga merupakan suatu hal yang tentunya sangat penting untuk kamu yang kerapkali mwnggunakan Wi-Fi publik. Yang tentunya pula, bahwa WiFi publik ini tidak seharusnya kamu gunakan untuk mengakses berbagai informasi sensitif (penting). Misalnya saja email, transaksi perbankan online, mengakses akun kartu kredit atau pun yang menyangkut jenis informasi sensitif lainnya. Hal-hal sensifit semacam ini seharusnya dilakukan di rumah saja. Yang di mana akses internet nyatanya akan lebih leluasa bahkan cenderung lebih aman.

Tapi jika memang kamu diheuskan mengakses informasi sensitif semacam itu di ruang publik, karena ada suatu hal yang sangat penting misalnya. Maka aku sarankan sebaiknya kamu menggunakan data selulermu sendiri, daripada harus menggunakan WiFi publik. Itu  semuanya demi keamanan yang lebih terjamin.

  1. Matikan Sharing

Dan yang terakhir ini jangan lupa untuk  matikan sharing. Matikan sharing ini  maksudnya lebih kepada kamu yang sudah berada di rumah alias pulang. Karena mungkin saja kamu ternyata dapat berbagi hal-hal yang tersimpan di perangkat kamu. Seperti berbagai file, printer, bahkan melakukan remote login dari komputer lain lewat jaringan milik kamu. Nah, khusus untuk kamu ketika berada di jaringan publik, alangkah baiknya kamu ubah dulu tuh, settingan sharing tersebut menjadi Off, karena kalaulah tidak, siapa pun malah nantinya dapat mengaksesnya, bahkan sangat nyata tidak perlu menjadi seorang hacker. Berabe kan?

Bagaimana? Sudah paham sekarang mengenai berbagai tips aman saat kamu akan menggunakan WiFi publik? Tapi biarpun telah tertulis secara rinci tentang tips-tips yang memungkinkan dapat mengamankan kamu dari berbagai peretasan. Tapi kehati-hatian tetap harus diutamakan.

Ya kalau bisa, mending internetan nya pakai data punya sendiri saja. Biar lebih aman dan tenang. Soalnya kalau diluaran siapa tahu juga, malah tanpa sepengetahuan kita ada hacker yang malah kemampuannya lebih elit lagi. Jadi malah percuma deh, capek-capek ngananin perangkat kita dari pembobolan orang lain….hehe.

Tips, sampai di sini saja pertemuan kita untuk saat ini. Bila dimungkinkan ada yang kurang mengerti alias kurang paham dengan penjelasan daripada artikel di atas. Jangan sungkan-sungkan. Tulis saja di kolom komentar. Ok! Terimakasih.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments