Ternyata Youtube Bisa Mendapatkan Penghasilan Lebih Selain dari Adsense

Anakkost.tv – Siapa yang menyangka hanya dengan sekedar bermodalkan sebuah kamera dan kemampuan berbicara, para YouTuber (creator content), ternyata mampu menghasilkan uang milyaran dari trafik video yang mereka unggah di YouTube.

YOTUBE TANPA ADSENSE

Dan mengingat penghasilannya yang luar bias besar tersebut, mungkin akan timbul pertanyaan di benak kita. Dari mana sih penghasilannya…?

Penghasilan dari Adsense

Ya, adsense mungkin jawaban yang paling tepat. Adsense sendiri merupakan program periklanan melalu media internet, dan diselenggarakan lewat google. Melewati program periklanan di Adsense pemilik situs web atau bahkan blog yang sudah terdaftar bahkan disetujui keanggotaannya, maka diperbolehkan memasang unit iklan. Bentuk dan materinya tentu saja telah disediakan oleh Google sendiri, di halaman web masing-masing.

Pemilik situs akan mendapatkan keuntungan berupa pemasukan yang juga berupa pembagian keuntungan dari Google. Bagi setiap iklan yang di klik oleh pengunjung situs. Atau lebih dikenal dengan sistem pay per click (PPC), atau Bayat tiap klik.

Selain menyediakan iklan-iklan berbasis PPC, Adsense juga telah menyediakan untuk Adsense pencarian (Adsense for Search), maupun iklan arahan (refferal).

Untuk Adsense pencarian, pemilik situs web dapat memasang kotak pencarian Google di halaman web mereka. Dan tentu saja pemilik situs ini akan mendapatkan penghasilan, berupa pemasukan dari Google untuk setiap pencarian yang dilakukan oleh pengunjung melewati kotak pencarian.

Yang juga berlanjut pada klik pada iklan yang telah disertakan hasil pencarian. Bahkan pada iklan arahan, pemilik situs akan menerima penghasilan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu yang dilakukan oleh pengunjung yang juga telah disepakati oleh Google dan pemilik iklan tersebut.

Penghasilan di Luar Adsense

Penghasilan YouTube di luar dari Adsense pun ternyata begitu menggiurkan. Dan tentu saja, ada beberapa penghasilan lain selain Adsense yaitu seperti berikut.

  1. Melalui Program Patreon

Patreon sendiri hampir sama dengan penghasilan di blogger. Yakni dengan menyediakan member premium.Yang di mana bagi mereka yang sudah mengeluarkan sejumlah dana untuk berlangganan, maka otomatis akan bisa mengakses video khusus.

Patreon ini biasanya digunakan oleh para seniman. Untuk menggalang suatu dana untuk menciptakan karya-karyanya.

Dalam metode ini akan menawarkan konten-konten ekslusif, dan hanya bisa diakses oleh para penggemar yang telah berlangganan di akun tersebut.

Namun biarpun begitu, bukan berarti kamu yang bukan merupakan seniman tidak memiliki kesempatan melakukan hal itu. Akun YouTube yang berisi konten bisnis, trik, bahkan yang lainnya pun tentunya bisa melakukannya.

  1. Melalui Affiliasi

Seperti halnya dalam sebuah Blog, metode Affiliasi adalah cara seorang YouTuber menghasilkan uang dengan cara mengulas produk orang lain. Sehingga orang akan tertarik bahkan membeli barang tersebut melalui sebuah video yang telah disematkan di akun nya.

Dan dengan cara yang seperti ini, biasanya pemilik YouTube akan mendapat penghasilan 5-20% dari penghasilan produk yang mereka ulas di Youtube nya itu.

  1. Menjual Produk Sendiri Melalui Youtube

Kenapa tidak?? Karena melalui YouTube, kamu bisa menjual produk sendiri loh. Dan hal ini tentunya akan lebih praktis, dari pada harus berjualan online dengan media online lain. Seperti layaknya iklan di TV.

Penjelasannya, produk melalui video adalah cara epektif untuk menjual. Dan barang yang dijual tentu bukan hanya dalam produk fisik, melainkan juga yang termasuk produk digital. Banyak cara untuk dapat menjualnya, mulai dari langsung mereview produk kita, sampai dengan kita bisa membuat konten video tentang cara pembuatan produk sendiri.

Setelah selesai, langsung kita iklankan. Bagi yang tidak ingin repot, tentu akan memilih produk yang ada di iklan kita.

  1. Menjual Jasa

Menjual jasa adalah bentuk penghasilan YouTube lainnya. Seperti halnya jualan di Houtube, kita juga juga bisa membuat konten berupa tips dan trik.

Contohnya saja dengan kita membuat toko online dalam sebuah blog. Pertama kita buat dulu videonya secara detail, lalu di penghujung videonya kita bisa iklankan jasa kita. Seperti halnya jasa pembuatan website, toko online, dan lain-lain.

Dengan cara seperti itu, selain dapat menambah pengunjung dan juga penghasilan, tentunya video yang telah dibuat itu akan memberikan kita pekerjaan tambahan dan juga tentu bayaran tambahan juga.

  1. Melalui Merchandise

Ini juga sama halnya dengan blog, merchandise juga bisa menjadi salah satu penghasilan bagi YouTube. Dengan menjualnya terhadap penggemar, maka secara tidak langsung kita telah mempromosikan akun YouTube yang kita miliki pada khalayak banyak.

Hal ini juga dikarenakan, dalam cinderamata yang kita jual itu, juga terdapat nama akun YouTube milik kita. Sehingga membuat mereka yang belum mengetahui, tentu secara langsung akan mengetahuinya.

Jenis-jenis merchandise tentu banyak ragamnya, seperti kaos, jaket, topi, kalender, dan lain sebagainya. Dengan jumlah penggemar yang semakin banyak, tentu akan semakin banyak pula hasil yang kita dapat.

  1. Penghasilan dari Sponsor

Sponsor, merupakan suatu penghasilan paling pavorit. Terlebih bagi YouTube sendiri. Pada umumnya, para pemilik produk yang bertemakan sama dengan akun YouTube kita, mereka biasanya akan minta bekerja sama.

Dari penghasilan tersebut, tentu akan menjadi penghasilan tambahan daripada Adsense. Bahkan menurut yang sudah mengalaminya, bayaran yang diberikan oleh sponsor bisa 12 kali lebih besar bila dibanding Adsense.

7. Iklan atau Endorse

Endorse dalam bahasa pemasaran yaitu jenis promosi tertentu, yang memanfaatkan profesional atau bahkan selebriti untuk mengiklankan sebuah merek dengan ucapan yang baik-baik.

Selain brand tertentu atau pun pemilik akan mendapat keuntungan akibat memakai nama orang terkenal untuk mempromosikan produknya.

Kata Endorse sendiri memang sangat erat kaitannya dengan pemasaran. Bahkan banyak yang menyebut bahwa pemasaran produk dengan cara endorsement dengan membawa nama seorang publik figur, tentu akan mendapat dampak positif dari penjualan produk tersebut.

Demikianlah pembahasan seputar YouTube bisa mendapatkan pendapatan lebih daripada Adsense sampai pada penghasilan di luar Adsense bahkan juga seputar pengertian Endorse. Semoga dengan memahami hal ini semua membuat kamu yang bingung dengan cara apa nge’youtube bisa dapat duit? Mulai hari gak bakal gagal paham lagi. Terimakasih.

data-ad-client="ca-pub-2617427438224044" data-ad-slot="4082072217">

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar