Ternyata Ini Cara Cek IMEI Smartphone Yang Terdaftar di Kemenperin!

Anakkost.tv – Kementrian Perindustrian atau yang lebih sering disebut dengan Kemenprin telah memberikan pengumuman sekaligus peringatan untuk kamu yang akan membeli smartphone. Karena pihaknya akan langsung memblokir smartphone Black Market (BM) yang nomor IMEI nya tidak terdaftar di Kemenprin.

Untuk itu bagi kamu yang akan membeli smartphone harap untuk berhati – hati jangan sampai terjebak dengan harga murah dan kualitas mempuni. Bisa juga sebelum membeli cek dulu di situs atau web resminya mengenai pasaran dari harga smartphone tersebut dan jika dirasa janggal lebih baik cek terlebih dahulu IMEI nya, jangan sampai ketika sudah beli tapi tidak bisa digunakan.

Pemblokiran Smartphone Black Market oleh Kemenprin

Baru – baru ini kemenprin juga telah membuka dan mengaktifkan kembali situs untuk mengecek IMEI smartphone, dengan tampilan baru dan mudah untuk digunakan tentunya. Sehingga kamu bisa mengecek sendiri apakah smartphone yang akan kamu beli sudah terdaftar atau belum dan jika belum berarti itu merupakan smartphone BM dan akan terblokir.

Adapun poin penting yang harus kamu perhatikan, dimana  smartphone BM yang di beli sebelum tanggal 17 Agustus 2019 tidak akan langsung di blokir melainkan nantinya akan aktif jangka waktu atau masa kadaluarsa sehingga akan terblokir dalam waktu tertentu.

Akan tetapi untuk smartphone BM yang di beli setelah tanggal 17 Agustus 2019 akan secara otomatis terblokir.

Status Pembelian Smartphone dari Luar Negeri

Terus bagaimana dengan smartphone yang dibeli dari luar negeri, secara sekarang yang namanya jual beli sudah sangat mudah dilakukan bahkan hanya dengan menggunakan smartphone itu sendiri! Ternyata asalkan melalui proses yang telah di tentukan dan dinyatakan layak, maka smartphone tersebut akan aman dan bisa digunakan di Indonesia dan buka termasuk barang BM. Berbeda dengan smartphone yang masuk tanpa jalur resmi dan biasanya tanpa dus serta kelengkapan lainnya. Entah itu baru atau bekas sekalipun.

Cara Cek IMEI Smartphone

Untuk kamu yang ingin mengecek IMEI smartohone, cukup dengan mengunjungi situs yang telah disediakan kemenprin atau bisa langsung kamu kunjungi DISINI. Maka akan tersedia kolom yang bisa kamu isinkan IMEI smartphone, untuk IMEI sendiri bisa kamu lihat baik di Dus atau belakang baterai smartphone. Tergantung smartphone yang di gunakan.

Nah itulah sekilas tentang kebijakan pemerintah terhadap smartphone Black Market yang akhir – akhir ini sedang merajalela di Indonesia. Sehingga membuat Negara merugi bahkan para produsen smartphone itu sendiri. Semoga dengan adanya kebijakan ini akan membuat jalur perdagangan ilegal dapat terhenti dan membuat Indonesia jauh dari yang namanya barang – barang ilegal. Terimakasih.

data-ad-client="ca-pub-2617427438224044" data-ad-slot="4082072217">

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar