Ternyata Gampang, Untuk Mengatasi ‘Sayangnya Mobile Legends Telah Berhenti’

Anakkost.tv – Akan Sangat menjengkelkan sekali ketika kita baru saja atau pun bisa dikatakan tengah asyik-asyiknya bermain game Mobile Legends, mendadak saja muncul notifikasi ‘Sayangnya Mobile Legends Telah Berhenti’. Yang tentunya selain akan menjadikan permainan tergganggu, juga game pun bisa langsung close, dan permainan pun nyatanya tidak bisa lagi dilanjutkan.

Namun jangan dulu banting hp ya, Guys! Karena bagaimana pun masalah yang ditimbulkan tentunya selalu ada solusi. Begitupun dengan munculnya notifikasi tersebut di dalam game Mobile Legends. Masih bisa diatasi kok. Jadi tenang dulu ya Sob…

Penyebab Munculnya Notifikasi ‘Sayangnya Mobile Legends Telah Berhenti’

Terkait munculnya notifikasi ‘Sayangnya Mobile Legends Telah Berhenti’ ini sejatinya tentu ada penyebabnya. Baik itu memang berasal dari kesalahan aplikasinya sendiri, atau bisa juga karena itu semua timbul dari beragam kebiasaan kita sendiri. Lantas kebiasaan – kebiasaan apa yang nyatanya bisa menyebabkan munculnya notifikasi ‘Sayangnya Mobile Legends Telah Berhenti’?

Berikut ini yang menjadi penyebabnya:

  1. Storage Android biasanya sudah hampir penuh.
  2. Terjadi penumpukan cache, yang bisa menyebabkan aplikasi Mobile Legends memiliki kapasitas yang berlebihan karena jarang dibersihkan.
  3. Terlalu banyaknya aplikasi yang terbuka secara bersamaan. Yang juga akan memungkinkan Mobile Legends sulit untuk menemukan ruang RAM yang kosong.
  4. Adanya file corrupt alias hilang dalam aplikasi Mobile Legends yang menyebabkan aplikasi menjadi rusak.

Cara Mengatasinya

Dan untuk cara mengatasinyapun tentunya macam-macam. Namun untuk lebih mempersingkat waktu, kita ambil 7 yang terpenting saja, yang bila kamu lakukan tatakala menghadapi kendala eror di Mobile Legends yang demikian.

  1. Hapus Cache

Sebelum kamu menghapus cache, ada baiknya kamu ketahui dulu jika  terkait Cache ini sejatinya bisa difmgnakan agar file atau pun aplikasi bisa terbuka secara lebih cepat.

File Cache sendiri tentunya tidak hanya terdapat pada Mobile Legends saja, melainkan juga turut terdapat pada aplikasi-aplikasi yang lainnya seperti halnya seperti Whatsapp, Facebook, BBM bahkan juga terkait aplikasi-aplikasi lainnya yang terpasang pada smartphone yang kerap kamu gunakan.

Namun, dikatakan jika cache bahkan juga juga temporary files yang tidak pernah di hapus ini atau dikatakan jarang bersihkan pada akhirnya dapat terus menumpuk pada penyimpanan internal di android. Hal ini pun tentunya dapat menyebabkan memory menjadi penuh dan membuat sistem android berjalan dengan lambat bahkan juga berat.

Nah, cara mengatasi dari penumpukan cache ini, kamu pun bisa langsung menghapusnya secara manual dengan cara buka Pengaturan ponsel di dalam ponsel kamu, lali pilih menu Setelan Tambahan, selanjutnya masuk ke submenu Manajemen Aplikasi lalu cari aplikasi ‘Mobile Legends’ terakhir pilih ‘Clear Cache’.

Bila saja ingin cara yang lebih mudah,, kamu pun tentunya bisa menggunakan aplikasi Cleaner dalam hal pembersihan yang lebih mendalam bahkan juga cepat.

  1. Update Game

Untuk mengatasi hal yang selanjutnya, kamu juga bisa melakukan Update Game. Di mana semua itu bisa kamu lakukan agar semua bugs atau pun kerusakan yang terjadi pada Game Mobile Legends tersebut bisa hilang dan membuat game pun bisa kamu mainkan kembali dengan lancar.

Untuk hal updatenya sendiri kamu bisa melakukannya melalui Google Play Store atau untuk yang menggunsksn iPhone, bisa langsung melalui Apps Store.

  1. Tutup Semua Recent Apps

Ini juga yang bisa kanu lakukan selanjutnya. Yaiti dengan menutup aplikasi Mobile Legends dari Recent Apps. Setelah itu barulah coba buka lagi.

Dan apabila masih mengalami error, maka kamu pun bisa langsung menutup semua aplikasi yang sedang berjalan, termasuk pada hal yang berjalan pada latar background.

Dan Recent apps ini sendiri fungsinya untuk melihat sekaligus mengatur aplikasi-aplikasi yang terakhir kamu telah buka. Untuk mengakses Recent apps sendiri, apalagi kita semua tahu jika setiap merk smartphone nyatanya berbeda. Di mana ada yang yang ditaruh di sebelah kiri, ada pula yang di kanan tombol home, bahkan juga tidak jarang malah ada yang harus menahan tombol tertentu untuk memunculkan recent apps.

Di mana kamu sendiri bisa klik x atau bisa pula klik tahan kemudian geser ke kanan atau ke kiri untuk bisa menutupnya. Dalam hal ini, kamu juga bisa menutup semua aplikasi tersebut agar performa di Android nantinya tidak berat.

  1. Cek Konektivitas Internet

Ini juga tentunya jadi salah satu hal yang terpenting. Yaitu terkait koneksi Internet. Karena sejatinya internet yang cepat tentu menjadi alasan utama agar kamu bisa bermain Game Online. Tidak hanya mencakup Mobile Legends saja, melainkan semuanya juga turut berlaku untuk game-game yang lainnya pula.

Dan sebagai pengguna, tentunya kamu pun harus bisa melihat seperti apa kecepatan internet smartphone pada smartphone kamu saat ini. Di mana kamu bisa coba dengan buka aplikasi yang sekiranya membutuhkan akses internet seperti  halnya YouTube bahkan pula Play Store.

Jika ternyata memang lancar maka tentunya jaringan yang kamu miliki itu pun tentunya baik – baik saja, namun jika kebalikannya, maka kamu pun perlu pastikan jika paket internet kamu tersebut lancar dengan menggunakan fitur mode pesawat terbang untuk biss memancing sinyal yang ada.

  1. Restart Android

Hal lain yang bisa kamu lakukan selanjutnya yakni dengan cara mematikan smartphone Android milik kamu, selanjutnya bisa juga turut lepaskan SIM Card, Memory Card (micro SD), bahkan juga terkait dengan Baterai (jika removable).

Hal yang bisa kamu lakukan selanjutnya yaitu tekan tombol On/Off selama kurang lebih 15 detik untuk menghilangkan daya statis pada smartphone. Selanjutnya pasang dan nyalakan kembali smartphone milik kamu tersebut.

  1. Paksa dan Hapus Data Game

Yang berkkutnya, kamu bisa menghentikan bahkan menghapus data dari Game Mobile Legends. Dan yang dimaksud menghapus data di sini yaitu terkait dengan file cache, history, basis data, data login, serta hal-hal lainnya.

Setelah kamu melakukan hapus data, maka kamu pun bisa buka serta login kembali pada game yang kamu akan mainkan tersebut.

  1. Update Sistem Android

Ini menjadi cara terakhir dalam ulasan ini. Yang mana biasanya vendor smartphone Android ajan selalu memberikan update pada system Android-nya. Dan tentunya pula Poembaruan sistem ini nantinya akan bisa bugs serta membuat interface akan menjadi lebih fresh lagi.

Jadi secara jelasnya, jika dikatakan telah tersedia pembaruan sistem OS Android di handphone kamu, maka segeralah lakukan update.

Dan untuk bisa memeriksa pembaruan versi Android ini, kamu hanya perlu masuk ke Pengaturan Ponsel, selanjutnya masuk ke menu Tentang Ponsel (biasanya terdapat di bawah), lalu pilih Pembaruan Sistem.

Setelah itu download kemudian pasang pembaruan tersebut, hingga nantinya ponsel akan melakukan restart secara otomatis.

Yang perlu diingat di sini yakni, tetap sesuaikan versi Android dengan kemampuan hardware di dalam perangkat kanu. Jika ternyra update yang dilakukan sejatinya terlalu tinggi, maka tentunya pun akan turut menyebabkan perangkat akan berjalan lebih berat bahkan malah Nge-Lag nantinya.

Dan itu saja terkait bahasan kali ini. Terimakasih telah menyimak.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of