Tahapan dan Langkah Membuat Film Dokumenter

Anakkost.tv – Hallo sahabat anakkost, kalian pasti pernah meilihat film dokumenter baik di televisi maupun bioskop atau bahkan video youtube. Jika di antara kalian ada yang tertarik untuk membuat film dokumenter maka sangat cocok jika kalian baca artikel ini sampai akhir. Karena disini aku akan menjelaskan beberapa tahapan dan langkah dalam membuat sebuah video atau film dokumenter yang tentunya berkualitas.

dokumenter

Apalagi sekarang kita bisa dengan mudah mendapatkan peralatan yang suka digunakan dalam pembuatan sebuah film, seperti halnya kamera, software editing video dan yang lainnya. Jadi tinggal niat dan tekad kita yang diperkuat serta mengasah kemampuan dalam hal tersebut. Sebelum aku membahas lebih dalam mengenai tahapan dan langkah yang akan aku jelaskan alangkah lebih baiknya kita temukan dulu arti atau pengertian dari film dokumenter itu sendiri.

Menurut Wikipedia.org bahwa film dokumenter ialah sebuah film yang mendokumentasikan kenyataan.

Jadi dapat kita simpulkan bahwa film dokumenter merupakan film yang dibuat dan alur ceritanya merupakan alur cerita fakta (telah terjadi sebelumnya dalam dunia nyata) namun dikemas kembali dan dibuat dalam dunia film. Oke kita langsung saja menuju ke beberapa tahapan dan langkah dalam sebuah pembuatan film dokumenter.

Baca Juga Macam-macam Shot Pengambilan Gambar dalam Video atau Film

Tahapan dan Langkah Membuat Film Dokumenter

  1. Mencari Tema Yang Menarik

Dalam hal ini kalian benar – benar diperas idenya agar bisa menemukan pemikiran yang unik untuk mendapatkan cerita yang menarik. Sedikit saran jika kalian ingin mencari ide cobalah untuk terjun ke berbagai media sosial atau langsung terjun kemasyarakat dan apa salahnya bertanya pada orang tua sehingga kita dapat mencari hal yang sepertinya bagus untuk dingkat kedalam sebuah film.

  1. Mencari Informasi

Seperti yang sudah aku sebutin diatas kalian bisa mencari beberapa informasi dari media sosial atau orang tua yang ada di sekitar kita atau pada ahli – ahli sejarah yang memang tahu cerita sebenarnya. Dalam bertanya jangan sampai setengah – setengah dan kita langsung bisa menyimpulkan melaikan harus benar – benar sampai akhir dan jangan lupa dengan 5W + 1 H (what, who, when, where, why dan how). Bila perlu kita catat dan rekam agar informasinya jelas.

  1. Ambil Rencana

Maksudnya setelah kita menemukan informasi yang cukup maka kita bisa langsung mengambil garis besar dari cerita tersebut, dimana kita bisa melihat dan mengambil karakter – karakter yang cocok untuk pembuatan film dokumenter tersebut. Jangan lupa semuanya harus terencana dan tersusun dengan rapih.

  1. Jangan Lupakan Hukum dan Hak Cipta

Ini merupakan hal yang perlu kalian perhatikan karena ini bersangkutan dengan hukum dan hak cipta yang kapan – kapan bisa membuat kita terkena masalah. Jadi sebelum kita benar – benar memproduksi film, harus mempunyai kesepakatan atau hitam di atas putih terhadap apa yang akan kita buat dan lakukan. Seperti halnya efek suara atau lagu dan alur cerita itu sendiri serta jangan lupa pertimbangan dari narasumber sehingga tidak ada hal – hal lainnya di belakanag nanti.

  1. Buat Daftar Pengambilan Gambar

Hal ini dilakukan agar bisa mengetahui kebutuhan pengambilan gambar bagian mana saja dan siapa saja yang akan di wawancara untuk pembuatan film dokumenter ini, termasuk beberapa pertanyaan yang akan di pakai dalam wawancara.

  1. Pengambilan Gambar (Shooting)

Setelah semua yang diatas di persiapkan maka kita bisa langsung memualai shooting atau pengambilan gambar dengan mengacu pada skrip atau daftar yang ada, tapi tidak menutup kemungkinan muncul hal – hal baru di luar skrip karena ada kejadian – kejadian yang memang sangat perlu kita ambil dan itu tidak di larang.

  1. Proses Editing

Nah, dalam proses ini kita dituntut untuk jeli agar tidak ada frame yang tertinggal yang bisa membuat janggal dalam film tersebut. Sebelumnya kita harus memilih beberapa stok gambar yang sudah kita ambil sebelumnya. Jangan sampai antara cerita dengan gambar bertolak belakang.

  1. Publikasi

Setelah semuanya selesai maka saatnya untuk di publikasi agar semua orang tahu dengan karya kita dan tahu tentang hal yang sebelumnya mereka tidak tahu apa – apa. Jadi film dokumenter ini juga bisa menambah wawasan yang menontonnya. Bisa kalian buatkan CD atau bisa juga kalian upload ke beberapa media sosial seperti halnya Youtube.

Baik, itulah beberapa tahapan dan langkah dalam membuat sebuah film dokumenter yang wajib kalian coba dan ingat jangan sampai keluar dari apa yang sebenarnya terjadi kecuali sudah ada persetujuan dari berbagai pihak yang bertanggungjawab di dalamnya karena itu bisa membuat kita melanggar aturan yang ada, Terimakasih.

data-ad-client="ca-pub-2617427438224044" data-ad-slot="4082072217">

Artikel ini termasuk dalam bahasan : - cara membuat video dokumenter -