Strategi Kreatif Dalam Membuat Koten Yang Menarik

Anakkost.tv – Di artikel sebelumnya aku telah membahas mengenai teknik dasar yang dapat kau lakukan dalam membuat sebuah konten video yang menarik sehingga menjadi populer atau dalam istilah sekarang disebut viral. Namun biasanya yang viral – viral tidak abadi melainkan hanya sesaat untuk itu kamu perlu meningkatkan kualitas channel youtube kamu dengan video – video yang berkualitas.

strategi membuat konten youtube

Bukan hanya itu tapi dengan teknik dasar yang sudah aku jelasnya di artikel sebelumnya, namun masih belum lengkap dan akan aku lengkapi di artikel kali ini. Tapi bagi kamu yang belum baca di artikel sebelumnya alangkah lebih baik baca terlebih dahulu agar lebih jelas dan dapat dipahami.

Inilah Strategi Kreatif Membuat Konten Menarik

Konten yang Berkelanjutan

Membuat konten agar viral memang bisa terbilang cukup mudah, namun untuk mempertahankannya yang sulit. Hal ini sering terjadi pada kreator – kreator pemula seperti kita, berbeda halnya jika yang sudah berpengalaman atau yang sudah lama terjun dan seharusnya makin lama makin main bagus. Adapun cara yang bisa kamu lakukan untuk mempertahankan konten video kamu agar berkelanjutan seperti dibawah ini.

  • Sebelum ke naskah video alangkah lebih baiknya kamu bikin sub – sub yang akan kamu buat pada video selanjutnya agar nanti tidak blank atau bingung dengan apa yang akan kamu buat selanjutnya. Jangan berpikir terlalu berat tapi gunakan yang ringan – ringan saja tapi berkelanjutan.
  • Buatlah konten yang mudah terlebih dahulu, baik dari segi pengambilan gambar, peralatan yang diperlukan dan yang lainnya. Agar tidak terkendala lama.
  • Jika kamu mengambil konten serial, maka kamu bisa memanfaatkan beberapa pengambilan gambar sekaligus dan nantinya tinggal comot saja untuk serial selanjutnya dan tambahan yang baru.

Video Mudah Untuk Ditemukan

Hal ini memang menjadi keinginan setiap kreator youtube, dimana videonya mudah untuk ditemukan. Kadang dengan nama yang pas dan sesuai dengan judul video sendiri yang muncul paling atas video milik orang lain. Hal ini tentunya sangat sedih, tapi jangan khwatir karena disini kamu bisa mencoba beberapa cara dibawah ini atau simak di artikel sebelumnya DISINI.

strategi membuat konten youtube

  • Buatlah konten – konten video yang sedang hangat dan jika kamu tetap konsisten dengan konten channel kamu, bisa kamu sisipkan dengan yang sedang viral saat ini.
  • Tapi jangan selalu menunggu apa yang sedang viral, kamu juga harus bisa membuat konten menarik dan membuatnya viral dengan judul video yang mudah untuk ditemukan.
  • Jangan lupa optimalkan video dengan mengisi deskripsi, tag dan thumbnail yang sesuai dan memang untuk lebih jelasnya bisa kamu simak DISINI.

Video Mudah Untuk Di Akses

Mudah diakses disini, kamu bisa share video – video kamu di media sosial lainnya. Seperti facebook, twitter atau mungkin ada blog nya tersendiri berikut dengan narasi yang jelas pada setiap video yang kamu upload. Jangan lupa manfaatkan fitur youtube dimana kamu bisa menambahkan video sebelumnya pada akhir video terbaru, agar penonton yang baru semakin penasaran dan terus membuka kebelakang sehingga video tetap diatas.

  • Ajak penonton kamu untuk melihat video sebelumnya atau mungkin selanjutnya yang bisa kamu masukan di akhir video baik dengan kata – kata kamu sendiri atau memanfaatkan fitur youtube.
  • Berikan deskripsi yang jelas terhadap video tersebut, agar mereka paham betul dengan apa yang dimaksud dalam video tersebut apalagi video dengan penuh teka – teki dalam penggambaran ceritanya.

Buat Kolaborasi Video

Jika kamu merasa jenuh dengan konten yang suka kamu buat atau mungkin penonton kamu butuh hiburan baru, tidak ada salahnya kamu mencoba berkolaborasi dengan youtuber lain baik yang satu konten atau tidak. Kolaborasi bukan hanya dengan youtuber, tapi bisa juga dengan yang lainnya, misal artis, pejabat atau mungkin orang tua kamu sendiri. Dibawah ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencoba mulai berkolaborasi untuk membuat fress konten video youtube kamu.

strategi membuat konten youtube

  • Siapkan beberapa hal dalam menyambut tamu kamu, seperti pertanyaan yang berasal dari kamu atau penonton kamu.
  • Kabarkan lebih awal jika di video selanjutnya bakalan kolaborasi dengan siapa, agar kamu juga dapat masukan dari penonton kamu.
  • Jangan salting dan tetap percaya diri dengan apa yang ada pada konten kamu, makanya usahakan yang sejalan atau bisa dikatakan sesama youtuber dulu lah, hehe.

Mencari Inspirasi

Ini merupakan hal yang cukup sulit dan memang dalam mencari sebuah inspirasi itu gampang – gampang sulit. Dalam arti, garis besarnya mudah didapatkan tapi rinci-nya yang banyak mentok dan gagal dilanjutkan. Untuk itu aku punya beberapa tips dalam menemukan inspirasi dalam membuat konten youtube.

  • Apa yang sering kamu lakukan, sekali – kali diperhatikan. Kali aja ada hal yang baru, unik dan cocok dibuat video. Bila perlu catat terlebih dahulu agar tidak lupa. Karena ide kadang muncul tapi jika tidak langsung dilaksanakan menjadi lupa lagi.
  • Jangan dulu berpikir bahwa video tersebut akan populer tapi jalani dan nikmati apa yang sedang kamu buat, karena disana akan muncul inspirasi – inspirasi baru yang kadang tidak ada dalam skenario sebelumnya.

Nah itulah lima dari sepuluh strategi yang bisa kamu lakukan dalam membuat sebuah konten video youtube yang menarik dan bisa menjadikannya populer. Hal ini sebelumnya sudah dijelaskan oleh Matt Koval seorang pembuat konten dan ahli strategi youtube yang dipadukan dengan apa yang sudah aku alami serta ketahui, jadi maaf apabila ada yang kurang pas dan jika diantara kamu ada yang lebih paham bisa ikut komentar pada kolom dibawah ini. Karena berbagi ilmu itu indah. Terimakasih.

data-ad-client="ca-pub-2617427438224044" data-ad-slot="4082072217">

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar