Wow! Kabar Baik Untuk Kita Semua. Singapura Telah Buat Aplikasi Deteksi Corona

Anakkost.tv – Wabah  Virus Corona tentunya semakin gencar-gencaran diberitakan lewat media masa. Yang mana virus mematikan tersebut telah membuat geger bahkan ditakuti di segenap penjuru dunia.

Ya, Virus Covid-19 alias Virus Corona ini memang merupakan suatu wabah yang sangat berbahaya. Di mana kemunculannya sendiri dikatakan tiap 1000 tahun sekali.

Berbagai cara untuk mengantisipasi penyebaran Virus Covid-19 ini pun kerap dilakukan segenap kalangan. Salah satunya dengan dimunculkannya berbagai aplikasi yang disinyalir bisa mendeteksi terkait adanya Vorus Corona.

Dan baru-baru ini adalah Singapura, yang mengatakan bahwa negaranya tersebut mengklaim telah berhasil membuat suatu aplikasi yang bisa mendeteksi di mana keberadaannya virus corona alias Covid-19 tersebut.

Singapura Berhasil Membuat Aplikasi Pendeteksi Virus Corona

Beberapa hari ke belakang Singapura dikatakan telah meluncurkan aplikasi berbasis ponsel yang nantinua akan memungkinkan untuk pemerintah maupun masyarakatnya bisa mengidentifikasi mereka yang kontak dengan orang yang positif terinfeksi virus corona (COVID-19).

Aplikasi yang nyatanya dibuat oleh Singapura sensiri diberi nama TraceTogether. Yang mana aplikasi ini telah dikembangkan oleh Dinas Teknologi Pemerintah (GovTech) dan kementerian kesehatan Singapura, seperti yang telah dikutip dari laman Reuters.

Bagaimana Cara Kerja Aplikasi Tersebut Sehingga Bisa Deteksi Virus Corona?

Terkait cara kerjanya sendiri, TraceTogether nantinya akan  pertukaran sinyal Bluetooth dari jarak dekat untuk mulai mendeteksi pengguna-pengguna lainnya yang berada dalam jarak sekitar 2 meter.

Data pelacakan tersebut pun kemudian akan disimpan di dalam penyimpanan lokal ponsel. Aplikasi ini sendiri tampaknya juga sudah dilindungi oleh enkripsi, sehingga tentu saja aplikasi ini tidak akan meminta informasi lainnya, seperti halnya lokasi keberadaan si pengguna.

Pemerintah Singapura Tidak Mewajibkan Masyarakatnya Untuk Mengunduh Aplikasi Virus Corona

Meski dikatakan Negara Singapura ini telah mampu menciptakan sebuah aplikasi pendeteksi virus corona. Namun untuk Pemerintah Singapura sendiri memang tidak mewajibkan juga, tepatnya bagi para warga-nya untuk mengunduh aplikasi bedutannya tersebut. Tapi biarpun demikian, tentang adanya aplikasi ini sendiri tetap  akan mereka merekomendasikan. Hingga Aplikasi TraceTogether ini nantinya akan nulai dihentikan jika wabah Covid-19 dikatakan sudah mereda.

Untuk Singapura sendiri dikatakan telah menggunakan sistem tracing, pelacakan, dalam mengetahui sebaran virus corona di negara mereka tersebut. Mereka bahkan dikatakan turut melibatkan pihak kepolisian sekaligus kamera pengintai untuk mengetahui orang-orang mana saja yang diduga sebagai pembawa, carrier, virus.

Dan selama ini, Negara Singapura juga dikatakan Negara dengan sistem yang sangat ketat. Apalagi untuk waktu sekarang ini  turut ditambah-tambah dengan maraknya penyebaran Virus Corona. Dan terkaitvharga tersebut memang telah dibuktikan, yang tepatnya pada bulan sebelumnya. Di mana Singapura dikatakan telah menghukum pasangan China yang nyatanya memberikan informasi palsu mengenai riwayat bepergian mereka.

Jadi itulah mengenai kabar tentang Singapura yang berhasil menciptakan sebuah aplikasi untuk mendeteksi virus Corona. Sampai ketemu lagi di lain kesempatan.

Thank you for listening….!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of