Seorang Remaja di India Terkena Stroke Akibat Kecanduan Game

Anakkost.tv – Tidak bisa dipungkiri, jika kecanduan dari sebuah game player memang membuat orang sering lupa waktu. Bahkan mungkin pekerjaan pun akan terganggu sehingga membuat apa yang dikerjakan akan terbengkalai malah mungkin berujung pada kegagalan.

Seorang Remaja di India Terkena Stroke Akibat Kecanduan Game

Tidak jarang pertengkaran rumah tangga pun terjadi lagi-lagi karena sebuah game. Bahkan ada yang sampai terkena serangan jantung karena bermain game tak kenal henti. Bahkan berita terbaru mengabarkan, jika seorang remaja dikatakan terkena stroke akibat kecanduan dari sebuah game.

Cerita Remaja India Kena Stroke Akibat Main PUBG

Akibat kecanduan yang berlebihan dengan Player Unknown’s Battlegrounds (PUBG), membuat seorang pemuda asal Wanaparthy, Hyderabad, India ini mengalami stroke, karena bermain secara berlebihan tanpa kunjung henti.

Dan akhirnya diketahuilah, jika akibat dari terlalu lama memainkan game single-shooter tersebut, membuat pemuda asal India itu mengalami gangguan trombosit, yang berujung mengalami pembekuan darah di sekitar otaknya.

Kondisi Remaja India Saat Ini

Seorang Remaja di India Terkena Stroke Akibat Kecanduan Game

“Kondisi itu menyebabkan ia mengalami pengentalan darah di otak, sehingga pembekuan darah tak terhindarkan.” kata Dr. K. Vinod Kumar, yang juga seorangdokter ahli gizi senior di Rumah Sakit Sunshine, seperti dikutipkan oleh Suara.com dari VICE India.

Menurut diagnosa dari tim dokter/ahli medis yang memeriksanya kala itu, pada (26/8/2019), akibat stroke yang di alami remaja ini ternyata telah pula menyebabkan sebelah tangan dan kaki kanannya si remaja menjadi mati rasa.

Bahkan tak hanya sampai di situ saja efek-efek yang telah terjadi, menurut dokter di rumah sakit Sunshine di Hyderabad (rumah sakit tempat si remaja itu di rawat), akhirnya menemukan fakta bahwa si remaja laki-laki tersebut juga mengalami gangguan terhadap tubuhnya sendiri, yakni penurunan berat badannya yang sangat drastis, akibat kekurangan nutrisi akibat lupa pada jam makan dan minum sehingga mengalami pula dehidrasi (kekurangan cairan di tubuh).

Ikut pula menambahkan, Ibu dari remaja yang mengalami stroke itu pun akhirnya membeberkan tentang kelakuan anaknya tersebut. Dia mengatakan jika anak nya itu memang kecanduan dengan game PUBG yang kerap di mainkan nya. Dimulai dari pukul 9 pagi, sampai pada jam 4 sore, sang anak terus-menerus bermain game tanpa henti.

Sungguh sangat disayangkan, padahal remaja yang terkena stroke itu sendiri sebenarnya sedang menyelesaikan jenjang S1 pada kuliah nya.

Dan demi meminimalisir berbagai bahaya yang di timbulkan oleh sebuah game, dikatakan jika Pemerintahan Gujarat di India sempat melarang peredaran game ini, karena sejauh ini dinilai telah mengganggu keharmonisan rumah tangga bagi para warganya.

Bahayanya Berlebihan Main Game

Selain menjadi suatu hal yang sangat menyenangkan, ternyata bermain game pun dapat menimbulkan banyak bahaya loh. Hiyy….! Mengerikan juga ternyata. Dan jni dia, seputar dari bahaya – bahaya yang akan di timbulkan  dalam game.

  1. Untuk Kesehatan

– Gangguan pada otak :

  1. Penurunan konsentrasi belajar,
  2. Memicu autisme,
  3. Gangguan fungsi daya ingat,
  4. Penyusutan otak/Atrofi,
  5. Kelainan neurotransmitter dopamine,
  6. Kelainan respon otak,
  7. Memicu halusinasi,
  8. Gangguan sirkulasi. Seperti kepala pusing, migrain atau vertigo.

– GANGGUAN PSIKOLOGIS :

  1. Kelainan perilaku atau perubahan sikap diri,
  2. Mudah cemas, dan frustasi,
  3. Sulit diatur,
  4. Kesulitan mengontrol emosi,
  5. Insomnia,
  6. Anak cenderung agresif dan bahkan agitatif,
  7. Sering berbohong dan pintar memanipulasi keadaan,
  8. Kesulitan dalam bersosialisasi,
  9. Tidak mampu menjalankan kewajibanya dengan baik. Seperti sekolah, kuliah atau bekerja,
  10. Kesulitan menilai realitas atau berpikir sehat.

– BERBAGAI GANGGUAN PADA MATA :

  1. Mata merah dan mudah berair,
  2. Beresiko terpapar radiasi perangkat komputer,
  3. Memicu kerusakan mata,
  4. Membuat mata mnjadi minus (-) plus (+) atay silinder,

– GANGGUAN PADA TELINGA, HIDUNG DAN MULUT (THT)

  1. Efek dari penggunaan headset ; Telinga dan pendengaran bisa saja rusak jika volume disetel dengan keras dan durasi yg lama,
  2. Telinga berdengung dan pendengaran terganggu,
  3. Jika bermain game di warnet dgn sirkulasi yg tidak baik dapat terpapar asap rokok dan polusi lainnya,

– GANGGUAN PADA ORGAN DALAM

  1. Untuk masalah pencernaan. Yang menjadi hal paliing penting pada kasus kecanduan game karena menunda makan atau makan tidak teratur dan menu yg tidak sehat, gangguan pencernaan seperti ; maag, gastroentritis, tukak lambung, GERD, luka pada usus, hingga wasir/ambeien.
  2. Untuk masalah pada otak. Radiasii yang diterima dari mata yang sampai di otak akan mempengaruhi sistem neurotransmitter sehingga akan mempengaruhi fungsi hormon, fungsi saraf dan lain lain.

Game Berbahaya Bagi Anak

Jika kita tidak peka dalam mengawasi anak bermain game, salah salah malah bisa membahayakan terutama bagi tumbuh kembang anak sendiri. Dan untuk mengetahui game-game apa saja yang akan menimbulkan efek bahaya bagi anak, bisa di simak di sini 7 Game Yang Tidak Boleh Dimainkan Anak Dibawah Umur’

Demikianlah sepenggal cerita yang menyangkut seorang remaja India yang kena stroke akibat kecanduan Game. Sekaligus pula pembahasan lengkap mengenai bahaya-bahaya yang di timbulkan akibat dari bermain game, hingga yang terakhir game yang berbahaya bagi anak-anak. Semoga artikel tadi bermanfaat.

Maafkan bila di dalam penulisan terdapat kesalahan, baik itu dalam kata-kata, tempat, maupun kesalahan dalam penulisan gelar, bahkan mungkin kesalahan yang lain-lainnya. Karena aku sendiri hanyalah manusia biasa dengan segala salah dan juga khilaf. Terima kasih telah bersedia menyimak artikel ini sampai selesai. Terimakasih.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of