Sekarang Youtube Memperketat Syarat Untuk Channel Terverifikasi

Anakkost.tv – Seperti halnya medsos – medsos yang lainnya, kini YouTube pun telah pula memiliki mekanisme maupun sistem verifikasi akun terbarunya. Verifikasi tersebut dilakukan karena tak lain guna memastikan keaslian dari pada akun – akun yang bersangkutan.

Dan tentu saja, guna mendapatkan verifikasi dari YouTube tersebut, sebuah akun haruslah memenuhi sejumlah syarat tertentu, yang telah menjadi ketetapan dari Youtube.

Alasan Youtube Memperketat Syarat Channel Terverifikasi

YouTube tentunya memiliki alasan tersendiri dengan memperketat aturan – aturannya tersebut. Hal tersebut dilakukan YouTube karena mengingat YouTube sendiri telah banyak didera masalah belakangan-belakangan ini.

Berawal sejak munculnya keberadaan video terorisme, saking maraknya konten video yang bersifat predator anak, sampai pada kasus yang dilakukan oleh Logan Paul, yang memancing kontroversi akibat menampilkan jenazah korban bunuh diri di negara Jepang.

Dan tujuan atau pula alasan dari  pemantauan yang lebih ketat tersebut tak lain, untuk dapat menjaga agar tayangan – tayangan iklan tak muncul di video yang dinilai tak pantas di tonton. Karena kalau itu yang terjadi, pengiklan bisa saja kabur meninggalkan YouTube seperti pada suatu kasus video predator anak.

Dari ke- dua aturan baru dari YouTube soal syarat YPP dan Google Preferred ini muncul sekitar seminggu setelah kanal YouTuber Logan Paul ditendang dari program Google Preferred, akibat kasus penampilan jenazah korban bunuh diri.

Tetapi sebenarnya, YouTube pun ternyata telah menampik dugaan tersebut, yang mengatakan bahwa pengetatan aturan ada sangkut paut nya dengan kontoversi Logan Paul, mengingat bahwa saat ini situs video sharing tersebut selama ini ternyata telah berusaha terus berbenah, di supayakan konten nya tersebut ke depannya akan sesuai dengan tuntutan dari para pengiklan

Syarat Terbaru Agar Channel Terverifikasi

Menurut kutipan dari Slash Gear, terhitung sejak Oktober 2019 yang akan datang, setiap kreator konten di YouTube akan semakin sulit untuk mendapatkan verifikasi, dikarenakan pula pihak YouTube telah memastikan akan memperketat syarat maupun ketentuan – ketentuan yang berlaku.

Untuk mereka para kreator – kreator konten, simbol verifikasi yang diberikan oleh YouTube tersebut bukan hanya sekadar menjadi tanda keaslian sebuah akun. Melainkan karena verifikasi ini juga tentu saja sangat berpengaruh pula pada hasil pencarian, bahkan menjadi salah satu faktor terpenting yang menentukan apakah akun tersebut akan masuk ke dalam rekomendasi teratas atau akan tidak sama sekali.

Mendapatkan tanda verifikasi, juga menjadi suatu kebanggaan tersendiri khususnya untuk para pembuat konten di YouTube. Selain itu, beberapa akun yang sebelumnya sudah terverifikasi pun juga setidaknya akan berpotensi kehilangan verifikasi di akun nya tersebut jika tidak memenuhi syarat.

Bahkan, tidak pula sedikitnya dari sejumlah kreator konten telah melaporkan akan kehilangan tanda verifikasi mereka. Para kreator tersebut sampai-sampai melontarkan keluhannya di twitter – twitter.

Dan yang menjadi syarat-syarat sebuah channel terverifikasi terbaru YouTube  yakni,

– Peraturan Youtube Partner Program (YPP) untuk kanal – kanal berisi video yang menyelipkan iklan kini diubah.

– Dan untuk bisa mendapatkan pendapatan dari sebuah iklan, sebuah video kini di wajibkan untuk mengumpulkan setidaknya 4.000 jam waktu tonton (watch time), dalam 12 bulan terakhir dan sekurang-kurangnya memiliki jumlah 1.000 subscriber.

Dan aturan baru tersebut juga akan berlaku ke belakang, yakni mulai 20 hari mendatang. Artinya bahkan tanpa kecuali, baik semua kanal – kanal baru dan lama  di YouTube yang belum mencapai angka 4.000 jam watch time dan 1.000 subscriber selama setahun ke belakang, bakal tak bisa lagi menayangkan iklan.

Di perkirakan pula bahkan sampai saat ini, YouTuber atau channel YouTube yang belum memenuhi syarat tersebut melaporkan sudah mendapat e-mail yang berisi tentang informasi penghentian monetisasi sampai dengan syarat – syarat yang ditentukan oleh YouTube tersebut telah tercapai.

Namun menanggapi hal – hal yang terjadi tersebut, pihak YouTube juga menjelaskan, bahwasanya syarat monetisasi itu seharusnya tidaklah akan banyak mempengaruhi terutama bagi para kreator yang telah memperoleh penghidupan dari layanan YouTube.

Karena dikatakan juga ketentuan tersebut hanya akan berimbas pada 99 persen kreator saja yang juga karena selama ini memang memiliki penghasilan kurang dari 100 dollar AS per tahun dari kanalnya. Tapi, untuk mereka kreator yang tetap bisa menayangkan iklan lewat YPP, yakni mewakil 95 persen dari jangkauan para pengiklan secara keseluruhan.

Juga selain telah merombak syarat YPP, YouTube pun turut pula mengubah mekanisme – mekanisme seleksi konten di kanal – kanal yang termasuk Google Preferred, yakni program penayangan iklan premium untuk para pemilik kanal terpopuler.

Seperti yang juga dikatakan oleh VP Display, Video, and Alaytics YouTube, Paul Muret. Mengatakan jika sebenarnya kanal-kanal dalam Google Preferred akan dipantau secara manual oleh kurator manusia. Tiap untuk video-video baru yang di unggah, juga akan diverifikasi secara manual. Agar dapat dipastikan akan sesuai dengan standar sebelum bisa menyangkan selipan – selipan iklan.

”Iklan ini hanya akan berjalan di video (di kanal Google-Preferred), yang sudah terverifikasi memenuhi panduan kami, untuk konten ramah iklan.,” jelas Muret.

Mungkin itulah garis besar yang bisa aku sampaikan mengenai aturan – aturan YouTube yang terbaru. Dan semoga saja dampak dari akibat adanya batasan-batasan maupun aturan – aturan untuk YouTube tersebut, tentunya tidak akan menjadi suatu penghalang maupun hambatan bagi para kreator – kreator untuk terus mendulang karya – karya barunya.

Yang tentunya lebih hebat, bahkan juga lebih menarik lagi. Tetap semangat. Dan jadikanlah YouTube mu tersebut sebagai ajang hiburan. Karena biasanya dengan hiburan itu akan membuat hati senang dan bahagia. Dan jika hati sudah bahagia, tentunya berbagai rezeki’pun akan mudah pula datangnya. Termasuk uang. Terimakasih.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of