Sejarah dan Perkembangan Instagram dari Tahun ke Tahun

Anakkost.tv – Dikalangan remaja zaman sekarang pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Instagram. Bahkan pengguna instagram dari tahun ke tahu semakin bertambah, mulai dari akun pribadi sampai akun bisnis atau bahkan ada juga yang bikin akun untuk iseng. Itu mungkin tergantung pada kepentingan dari pembuat akun itu sendiri. Tapi kamu sudah pada tahu belum tentang sejarah berdirinya instagram yang sedang kamu nikmati dan perubahan – perubahan apa saja yang sudah terjadi sampai saat ini.

SEJARAH INSTAGRAM

Sejarah Instagram

Instagram sendiri merupakan aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto dan video dan menerapkan nya pada jejaring media sosial dengan tambahan filter untuk mempercantiknya.

Awal Mula Muncul Instagram

Sebuah perusahaan Burbn, inc yang beridri sejak tahun 2010 dan hanya fokus pada perkembangan aplikasi yang ada pada smartphone. Di awal burbn, inc. Fokus pada banyak dalam HTML5, akan tetapi Kevin Systrom dan Mike Krieger yang merupakan CEO di perusahaan tersebut memutuskan untuk lebih fokus pada satu hal saja.

Setelah satu minggu berjalan, akhirnya mereka memutuskan untuk membuat sebuah versi pertama dari Burbn. Meski didalamnya masih banyak terdapat hal – hal yang belum sempurna, namun mereka tetap memperbaikinya. Mulai dari menghilangkan fiture – fiture yang tidak diperlukan sampai akhirnya mereka memfokuskan pada bagian foto dan komentar serta kemampuan untuk menyukai sebuah foto yang akhirnya menjadi Instagram.

Asal – usul Nama Instagram

Pasti diantara kamu ada yang belum mengetahui kenapa di kasih nama Instagram! Karena sebuah nama aplikasi pastinya mempunyai filosofi tersendiri. Kata “Insta” berasal dari “Instan”. Seperti halnya polaroid yang awalnya lebih dikenal dengan nama “foto instan”. Sedangkan kata “gram” berasal dari kata “telegram” yang cara kerjanya yaitu memberikan informasi lebih cepat terhadap orang lain.

Sehingga dinamakan instagram, dimana bisa mengunggah foto dengan menggunakan jaringan internet dan disampaikan untuk informasi secara cepat.

asal usul nama instagram

Fitur – fitur yang Terdapat Pada Instagram

  1. Pengikut

Disini kita bisa mendapatkan pengikut dan bisa mengikuti, sehingga bisa like dan foto yang telah ter upload dan jumlah like pada foto akan mempengaruhi popularitas foto itu sendiri.

  1. Pengunggah Foto

Ini merupakan salah satu fiture utama yang ditonjolkan, dimana kamu bisa upload foto dan berbagi pada teman yang lainnya terutama pengikut. Untuk foto yang di upload bisa mengambil langsung atau dari foto yang ada dalam galeri.

  1. Kamera

Foto yang telah diambil melalui aplikasi Instagram dapat langsung tersimpan dalam iDevice dan bisa secara langsung diberikan atau ditambahkan efek – efek yang sudah disediakan.

  1. Efek – efek Foto

Di awal instagram muncul hanya menampilkan 15 efek foto yang tentunya dapat digunakan oleh pengguna instagram dan seiring berjalannya waktu, efek – efek foto pada instagram semakin bertambah.

  1. Judul Foto

Setelah foto yang akan kamu upload diberi efek yang sesuai dan terlihat indah maka kamu juga bisa diberikan judul pada foto tersebut. Bukan hanya judul, kamu juga bisa menandai tempat dimana foto tersebut diambil serta bisa ditambahkan lagi label foto pada judul foto tersebut sebagai tanda pengelompokan foto dalam sebuah kategori.

  1. Arroba

Disini instagram juga mempunyai arroba dimana kamu bisa menyinggung pengguna lain dengan menambahkan tanda arroba (@) dan mengetikan nama akun nya. Seperti halnya facebook dan twitter. Hal ini juga bisa kamu gunakan pada bagian komentar agar komunikasi lebih jelas dan tertuju.

  1. Label Foto

Label dalam instagram merupakan sebuah kode yang dapat memudahkan pengguna untuk mencari foto dengan menggunakan sebuah “kata kunci”. Jadi bagi kamu pengguna instagram jika ingin fotonya mudah ditemukan, maka berikan label pada foto tersebut dan label nya diusahakan sesuai dengan informasi foto yang bersangkutan.

  1. Tanda Suka

Instagram juga dilengkapi dengan tanda suka tapi tidak dengan tanda tidak suka (unlike). Semakin banyak tanda suka yang kamu dapat dalam sebuah foto maka popularitas nya akan naik dengan sendiri.

  1. Peraturan Instagram

Meski instagram lebih mengedepankan upload atau mengunggah foto, tapi tetap memiliki batasan. Dimana foto – foto yang berbau pornografi akan langsung di blok atau tidak akan bisa di publikasi dan itu akan menjadi peringatan bagi akun kamu dan jika kamu menemukannya bisa untuk langsung di laporkan.

  1. Publikasi Organisasi

Dalam instagram juga terdapat akun bisnis dimana biasanya digunakan untuk memperkenalkan suatu organisasi atau produk. Dan sudah tidak asing lagi kalau sekarang instagram dijadikan sebagai dunia kerja, dimana banyak orang berlomba untuk mendapatkan endorse.

Dan masih banyak lagi fitur – fitur lain yang ditawarkan oleh instagram seiring berjalannya waktu. Bahkan sekarang kita bisa melakukan siaran langsung dengan menggunakan instagram seperti halnya youtube, facebook dan lain sebagainya.

Instagram

Perancang Instagram      : Kevin Systrom dan Mike Krieger

Pengembang                  : Facebook

Perdana Rilis                  : 06 Oktober 2010

Sistem Operasi               : iOS, Android dan Windoows Phone

Jenis                              : Foto dan Video

Lisensi                            : Perangkat lunak gratis

Nah itulah sejarah singkat beserta dengan fiture yang terdapat pada instagram yang sampai saat ini semakin berkembang dan bertambahnya fiture – fiture baru yang sangat kita sukai. Semoga kedepan nya terdapat menu atau fiture baru lagi yang lain dari yang lain. Jangan lupa simak juga cara upload foto instagram dengan menggunakan PC DISINI. Terimakasih.

data-ad-client="ca-pub-2617427438224044" data-ad-slot="4082072217">

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar