Waduh! Podcast Deddy Corbuzier dan Siti Fadilah Disinyalir Melanggar Berbagai Pasal

Anakkost.tv – Deddy Corbuzier, mantan mentalis yang juga kini berprofesi sebagai host bahkan pula seorang YouTuber justru mendapat banyak kritik serta ungkapan kurang mengenakan dari berbagai kalangan setelah dirinya melakukan podcast bersama Siti Fadilah mantan Menteri Kesehatan Republik Indonesia beberapa waktu yang lalu.

Walau mungkin dikatakan jika maksud Deddy mewawancarai Siti Fadilah ini memang memiliki tujuan baik, namun sepertinya banyak yang kurang setuju terkait hal tersebut. Apalagi mantan Menteri Kesehatan tersebut kini berstatus narapidana. Yang tentu saja pembuatan podcast yang dilakukan Deddy pun malah mengundang banyak kritik.

Podcast Deddy Corbuzier Dengan Siti Fadilah

Di dalam podastnya tersebut, Deddy dan Siti Fadilah memang banyak membahas mengenai berbagai hal. Dari mulai kasus korupsi yang dituduhkn terhadap Siti Fadilah, Flu Burung, sampai terkait hal-hal yang terjadi sekarang yakni mengenai pandemi virus corona.

Video podcast Deddy Corbuzier dan Siti Fadilah tersebut diunggah pada 20 Mei 2020 dan sampai saat ini telah ditonton lebih dari 3,5 juta kali. Di mana video tersebut memiliki durasi waktu selama 25 menit dan 47 detik.

Bebagai Pasal Yang Dilanggar dalam Podcast Deddy dan Siti Fadilah

Terkait beragam pasal yang dilanggar oleh Deddy Corbuzier ini diungkapkan oleh Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Direktorat Jendral Permasyarakatan. Yang kemudian mengungkapkan apabila Podcast Deddy Corbuzier ini telah dinilai melanggar empat pasal terkait wawancara Deddy yang memang dilakukan tanpa izin.

“Bahwa kegiatan liputan dan wawancara Siti Fadilah dan Deddy Corbuzier tidak sesuai dan tdk memenuhi persyaratan yg tercantum pada Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Pengelolaan dan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi pd Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Kantor Wilayah Kemenkumham dan UPT Pemasyarakatan, Pas No. M..HH-01.IN.04.03, 5 Oktober Tahun 2011,” tulis keterangan media pada, Selasa, 26 Mei 2020.

Bahkan dalam keterangan media tersebut juga turut mengungkapkan, apabila  butir-butir yang diduga dilanggar oleh Deddy Corbuzier terkait wawancaranya dengan Siti Fadilah ini telahmenyangkut beberapa pasal.

  1. Deddy Corbuzier diduga telah melanggar Pasal 28 (1) yang mengatakan bahwa Peliputan untuk Kepentingan Penyediaan Informasi dan Dokumentasi harus mendapat izin secara tertulis dari Ditjenpas.

2. Pasal 30 (3), yang menyatakan bahwa Peliputan hanya dapat dilakukan pada hari kerja dan jam kerja yang ditentukan oleh masing -masung unit/satuan kerja.

3. Ketiga, Pasal 30 (4) yang menyatakan bahwa Pelaksaanaan piliputan harus di dampingi oleh pegawai pemasyarakatan dan sesuai dengan prosedur yang juga telah ditetapkan.

4. Pasal 32 (2) yang menyatakan bahwa Wawancara terhadap narapidana hanya dapat dilakukan jika berkaitan dengan pembinaan narapidana saja.

Waduh, jadi ribet juga ya, Guys! Namun kita doakan saja mudah-mudahan semuanya bisa baik-baik saja.

Dan menurut lansiran terbaru, pihak Deddy Coorbuzier pun sepertinya memang belum memberikan tanggapan terkait masalah ini. Sampai jumpa di bahasan lainnya. Teriakasih.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of