Pertanyaan – pertanyaan Umum Terkait Kebijakan Baru Youtube

Anakkost.tv – Masih terkait dengan kebijakan baru youtube yang mendapatkan respon positif namun menjadi sebuah mala petaka bagi youtube – youtube yang baru ingin mulai menjadi seorang youtube karena harus berfikir keras untuk bisa memenuhi apa yang sudah ditentukan oleh pihak youtube. karena bukan waktu yang sebentar untuk menjadi seorang creator youtube profesional dan disukai banyak orang.

kebijakan monetisasi

Sehingga dari hal tersebut banyak pertanyaan – pertanyaan yang masuk, baik itu dalam sebuah grup, komunitas atau pun yang lainnya dan masih berhubungan dengan dunia youtube. banyak sekali pertanyaan yang muncul, namun disini aku hanya akan membahas beberapa pertanyaan umum dan terbilang paling banyak ditanyakan dalam sebuah komunitas.

Pertanyaan Sekaligus Jawaban Terkait Kebijakan Menjadi YPP

  1. Apakah wajib untuk mendapatkan 4.000 jam waktu menonton dalam kurun waktu 12 bulan dan 1.000 subscriber untuk bisa menjadi partner youtube? atau bisa mengambil salah satunya!

Jawaban :

Tetap, kamu harus bisa mendapatkan 4.000 jam waktu tonton dalam 12 bulan terakhir dan 1.000 subscriber. Keduanya harus seimbang dan tidak bisa hanya salah satu saja, lebih baik keduanya memiliki jumah yang lebih, karena itu hanya batas minimal nya. Sehingga dapat ditinjau oleh YPP untuk bisa di monetisasi. Jadi jika kamu baru bisa mendapatkan 4.000 jam waktu tonton dalam 12 bulan terakhir sedangkan jumlah subscriber nya baru 900 atau dibawah 1.000 maka belum bisa mengajukan YPP begitu pun sebaliknya.

  1. Bagaimana cara melihat waktu tonton yang dimaksud, untuk channel youtube saya?

Jawaban :

Hati – hati, jumlah waktu menonton pada bagian Analytics itu dihitung dalam menit bukan jam sedangkan yang dibutuhkan hitungan jam (4.000 jam). Akan tetapi kamu dapat melihatnya dengan menggunakan Laporan Waktu Menonton.

Cara Melihat Laporan Waktu menonton

  • Kamu login terlebih dahulu pada akun channel youtube dengan menggunakan browser, kemudian kamu pilih bagian profil yang ada dibagian pojok kanan dan klik “Creator Studio
  • Setelah itu lihat pada deretan menu yang ada di sebelah kiri, kamu pilih dan klik “Analytics” kemudian kamu klik kembali “Waktu Tonton

perhitungan waktu nontonperhitungan waktu menonton

  • Hal tersebut juga bisa kamu unduh dengan menggunakan menu “Ekspor Laporan” yang ada di bagian kanan atas.

Jika tidak mau ribet, kamu bisa merubah tampilan waktu tonton yang ada di dasbor menjadi jam dan bukan menit dengan mengaturnya pada bagian grafik. Dengan cara klik menu drop-down “Bandingkan Metrik” dan kemudian pilih Waktu tonton (jam), maka akan secara otomatis tampilan tonton dalam analytics yang pada bagian dasbor berubah menjadi jam.

kebijakan baru monetisasi

  1. Jika target tidak tercapai sampai ambang batas program, maka apa yang akan terjadi?

Jawaban :

Karena kebijakan ini baru ada di tahun 2018, maka sudah banyak yang di setujui monetisasi nya pada jumlah waktu tonton masih kurang dari 4.000 jam dan 1.000 subscriber di tahun 2017 kemarin. Mungkin yang jadi pertanyaan, apakah monetisasi nya bakalan masih aktif apabila dalam batas 12 bulan belum bisa mencapai 4.000 jam dan 1.000 subscriber?

Tenang saja, karena bagi kamu yang sebelumnya telah disetujui menjadi YPP tapi belum mencapai kebijakan baru youtube tidak akan kehilangan monetisasi. Namun jika kamu tidak pernah meng-upload lagi video baru atau mengirim postingan pada komunitas dalam kurun waktu 6 bulan maka youtube berhak mencabut monetisasi yang sudah aktif pada channel youtube tersebut dan channel youtube juga bisa kehilangan monetisasi jika sewaktu – waktu channel tersebut melakukan pelanggaran terhadap kebijakan YPP dan bukan hanya tergantung pada jumlah waktu tonton serta subscriber.

Jika kamu belum bisa memenuhi 4.000 jam tonton dalam kurun waktu 12 bulan dan 1.000 subscriber, maka buatlah terus konten youtube secara rutin dan orisinal untuk bisa meningkatkan jumlah tontonan pada channel kamu. Jikapun kamu tidak dapat mencapai target, bukan hanya tidak akan kehilangan monetisasi tapi tidak akan juga kehilangan fitur creator yang dapat mempengaruhi kriteria YPP seperti Kartu, Creator Studio, URL Custom, Thumbnail Custom, dan lainnya.

  1. Apakah status video yang termonetisasi dan tidak termonetisasi berpengaruh pada sebuah penulusuran di mesin youtube?

Jawaban :

Ini menjadi salah satu pertanyaan yang bisa bikin polemik di dunia youtube, karena jika video yang sudah termonetisasi mendapatkan prioritas utama dalam sebuah penelusuran maka, akan sangat sulit bagi creator baru untuk bisa mencapai target yang ditentukan YPP. Sehingga pihak youtube tidak memberlakukan monetisasi sebagai salah satu fitur untuk menunjang dalam sebuah penelusuran di mesin pencarian youtube itu sendiri, jadi tetap semangat dan peluang masih terbuka lebar.

  1. YPP telah menyetujui permintaan channel kamu dan di perjalanan tiba – tiba ditangguhkan! Apa yang harus dilakukan?

Jawaban :

Sebelumnya, kamu pasti tahu kenapa channel tersebut ditangguhkan! Apakah melanggar pedoman yang ada? Jika iya, maka channel kamu akan kehilangan akses dalam semua fitur monetisasi yang terkait dengan YPP. Akan tetapi kamu tetap bisa melakukan upload video dan jangan lagi melanggar pedoman yang ada serta kamu bisa melakukan permohonan kembali untuk bergabung dengan YPP dalam kurun waktu 30 hari setelah channel tersebut ditangguhkan.

 

Nah itulah 5 pertanyaan yang banyak dipertanyakan dan semoga bisa mewakili apa yang jadi pertanyaan dalam diri kamu selama ini terkait dengan kebijakan Program Partner Youtube terbaru. Intinya sekarang youtube lebih selektif dalam menjaring video – video baru yang di upload oleh para creator youtube. baik yang sudah lama berkecimpung maupun yang baru terjun. Terimakasih.

data-ad-client="ca-pub-2617427438224044" data-ad-slot="4082072217">

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar