Peringatan! Ternyata Ini Alasan Handphone Android Rentan Terkena Virus

Anakkost.tv – Semakin canggih smartphone yang kita miliki semakin pula banyak aplikasi – aplikasi yang di tawarkan di dalamnya. Dan semakin kita sering mendownload berbagai bentuk aplikasi tersebut, tentu semakin rentan pulalah handphone kita untuk terjangkit virus.

Memang belakangan ini isu virus kian menyebar luas di kalangan para pecinta smartphone. Bahkan di berita terbaru sebelumnya, telah jelas dikatakan jika Google telah menghapus setidaknya 29 aplikasi mengandung virus di dalam Google Play Store. Lantas bagaimana tindakan terbaik kita untuk mengantisipasi hal yang demikian? Setidak – tidaknya cara apa yang terbaik untuk mencegah handphone kita agar terhindar dari jangkitan virus?

Virus Smartphone

Malware, mungkin itulah salah satu virus yang paling banyak menjangkit smartphone saat ini. Namun di balik itu, mungkin masih banyak pula jenis virus-virus lainnya yang siap mengancam tanpa pernah sedikitpun kita sadari.

Bahkan jika semakin lama kita biarkan, mungkin malah akan timbul pula ragam virus yang baru, yang tentunya untuk penyelesaiannya pun di butuhkan pula cara-cara baru, yang tentu saja semua itu akan sangat menguras tenaga dan waktu kita.

Di lansir pada tahun 2017 saja, Intelijen Nokia telah menunjukan bahwa Android lebih sering terkena malware sebesar 68,8 % dan 27,96 % terjadi pada plafrom lainnya, seperti pada Windows/ PC, sedangkan 3,54 % sisanya menyerang plalfrom-platfotm lain, seperti Linux, Unix, Mac, dan lain-lain. Tuh, kan? Di tahun-tahun sebelumnya saja sudah begitu apalagi sekarang di tahun 2019? Cukup mengerikan juga ya?

Akibat Smartphone Terkena Virus

Tips Mencegah Virus di Smartphone Tanpa Aplikasi Tambahan

Di dalam hp smartphone, virus yang masuk ke dalam ponsel memanglah tidak akan terlalu banyak. Kendati demikian, tetap saja yang namanya virus kalau tidak bikin jengkel tentu pula membuat jengah. Bagaimana tidak? Karena akibat keberadaan virus tersebut setidaknya akan membuat kinerja handphone tidak optimal. Seperti yang keseringan muncul di handphone kita *Sayangnya aplikasi telah berhenti*. Nah, itu pun sudah jelas-jelas jika hp kamu kemasukan virus!

Dan yang lebih bahaya dari semua itu, di layar utama maupun di dalam notifikasi akun terus bermunculan berbagai bentuk iklan tanpa kenal henti. Parah bukan?

Di katakan juga, mengapa handphone Android begitu mudah sekali terkena malware, itu semua di sebabkan karena aplikasi yang tersedia untuk Andoroid ini memang di dapatkan daripada situs web pihak ketiga yang keamanannya tidak terjamin seperti saat mengunduh di Google Play Store.

“Alasan paling penting yang menyebabkan mengapa (Android) menjadi perangkat yang rentan terkena malware dan virus yakni, di karenakan aplikasi untuk Android bisa di temukan dan di unduh dari mana saja. Terlepas dari upaya Google yang sangat sukses, memastikan aplikasi di PlayStore bebas daripada malware. Pengguna bisa bebas mengakses berbagai aplikasi, hanya dengan klik melalui website pihak ketiga, dan mulai banyaknya toko aplikasi pihak ketiga yang kian menjamur.” ujar Intelijen Ancaman Keamanan (Nokia), saat di kutip Ubergizmo.

Banyak juga beberapa hal lain yang menyebabkan handphone kamu terserang berbagai virus, dan yang paling rentan yakni handphone yang sudah dalam keadaan di root. Tapi biar demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa handphone yang original sekali pun akan terbebas dari serangan virus tersebut.

Nah, di sini ada beberapa hal yang tanpa kita sadari justru akan mengundang munculnya virus,

  1. Mengunduh aplikasi di Play Store atau di luar Play Store.
  2. Menelusuri internet tanpa melakukan perlindungan.
  3. Mengaktifkan USB Debugging, (virus bisa saja datang dari PC).
  4. Menyambungkan koneksi ke jaringan Wi-Fi yang mungkin berbahaya.
  5. Tertipu oleh saran dari aplikasi lain yang menyuruh pengguna untuk mengunduh aplikasi yang tidak di kenal.

Nah, itulah beberapa cara yang mungkin juga dapat memunculkan virus di dalam hp kamu.

Cara Mengatasi Smartphone Terkena Virus

Lacak Smartphone Dengan Aplikasi Gratis

Yang namanya mengatasi, tentu saja tak semudah mencegah dari datangnya virus itu sendiri. Jika di PC kita sering temukan berbagai aplikasi yang akan mengatasi datangnya virus, hal yang sama juga tentunya bisa di temukan di dalam smartphone sendiri.

Namun sangat di sayangkan, karena mengingat berbagai anti virus yang di sediakan khusus android ini memang tidak akan bekerja sepenuhnya (maksimal) terkecuali untuk handphone – handphone yang sudah dalam keadaan di root.

Namun biarpun begitu, setidaknya kamu juga bisa melakukan hal-hal di bawah untuk mencegah handphone terkena virus.

– Reset Ulang Handphone ke Setelan Pabrik

Ini merupakan cara yang paling ampuh yang mungkin bisa kamu lakukan. Namun tentu saja jika virus tersebut belum masuk ke firmware ponsel, karena jika telah masuk, cara ini tidak akan menimbulkan perubahan sama sekali.

– Pasang Aplikasi Anti Virus

Cara kedua juga bisa dilakukan dengan cara memasang antivirus, namun jika boleh sedikit memberi saran, gunakanl aplikasi antivirus buatan ESET, karena aplikasi tersebut bisa mengenai hampir semua bentuk virus yang menjangkit ponsel.

– Flash Ponsel

Cara terakhir bisa dilakukan dengan flash Handphone. Cara ini merupakan cara yang cukup ampuh dalam membasmi virus sepenuhnya.

Cara Mencegah Smartphone Terkena Virus

Jika ditanya cara mencegah handphone kena virus mungkin semua sudah dijelaskan di atas. Yakni berhati – hatilah dalam mengunduh berbagai aplikasi dari mana saja. Yang kedua mungkin dengan cara memasang antivirus di handphone kamu.

Namun dalam pemakaian antivirus ini juga harus berhati-hati. Gunakanlah yang paten. Seperti halnya buatan ESET, Avast, Kapersky, juga AVG.

Demikianlah kira-kira pembahasan mengenai seputar virus yang mungkin bisa mengganggu jalannya Handphone kamu. Semoga bermanfaat. Aku pungkas dulu pembahasan tersebut sampai disini. Terimakasih.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of