Jangan Salah Arti, Inilah Perbedaan Menghapus Data Dan Hapus Cache di Android

Anakkost.tv – Sudah tak bisa disangkal lagi, apabila kita pun tentunya sudah pernah mengalami berbagai masalah yang ditimbulkan oleh sebuah aplikasi di Android dan mungkin pula sampai telah diberi petunjuk untuk “hapus cache” atau bahkan menghapus “hapus data” dari aplikasi tersebut.

Namun terkadang, di sini masih banyak pula yang nyatanya salah mengartikan. Yang mana hapus cache dan data ini dikatakan sama. Namun sebenarnya mempunyai perbedaan yang sangat besar bahkan pula mencolok.

Perbedaan Hapus Data dan Hapus Cache

Seperti yang telah dilansir oleh situs androidpit.com, kedua solusi ini sepertinya sering dianggap sebagai obat mujarab untuk Android, tetapi apakah kamu sudah benar-benar tahu tentang perbedaan antara keduanya yang tampaknya cukup serupa?

Bila masih ragu, kamu bisa lanjut simak ulasan berikut.

Hapus Data

Menghapus data aplikasi sebenarnya bisa dikatakan memiliki “resiko” cukup besar apabila dibanding dengan menghapus cache.

Semua itu karena menghapus data aplikasi juga akan mempengaruhi  kinerja dari pengaturan aplikasi, seperti preferensi bahkan termasuk pula negara yang disimpan, password aplikasi, bahkan yang lainnya.

Karena sebenarnya, menghapus data itu sama saja dengan menyetel ulang aplikasi ke status default.

Hal ini juga tentunya akan membuat aplikasi milik kamu tersebut akan bertindak sebagaimana kamu pertama kali mengunduh atau menginstalnya. Lebih jelasnya aplikasi kembali ke awal (stelan pabrik).

Sedangkan menghapus cache tentunya tidak akan mempengaruhi pengaturan yang disimpan secara sebelumnya.

Lalu kapan Waktu yang Tepat Untuk Hapus Data?

Nah, waktu yang tepat menghapus data yakni.

  1. Disaat kamu ingin menghemat ruang penyimpanan.

Karena pada dasarnya, beberapa aplikasi memang dapat menyimpan gigabyte data yang tidak kamu perlukan lagi. Di dalam hal ini, kamu sendiri pun tentunya menginginkan untuk menghapus datanya.

  1. Reset Aplikasi

Ini bisa menjadi alasan penting yang lain. Di mana pada saat itu kamu benar-benae ingin mereset aplikasi ke status default jika telah menjadi permasalahan, misalnya saja aplikasi nge-lag.

Apa itu Cache?

Di sini Cache merupakan suatu tempat penyimpanan sementara dari perangkat, yang kemusian akan menyimpan tipe data-data tertentu.

Tujuan adanya cache sensiri bukan lain adalah untuk mempercepat  sekaligus memperlancar perangkat kamu beroperasi, serta mengurangi berapa banyak data yang nantinya akan diproses bahkan pula dikonsumsi.

Cara Hapus Data dan Cache

Di bawah ini mengenai tata cara menghapus data dan cache si smartphone :

  1. Masuk ke pengaturan
  2. Klik Penyimpanan
  3. Klik Data Cache atau Data Tersimpan
  4. Nantinya akan ada permintaan konfirmasi untuk menghapus semua yang tersimpan di cache bahkan pula data.
  5. Pilih salah satunya dan simpan untuk menghapus konten

Itulah tentang perbedaan dari menghapus data dan hapus cache. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of