Perbandingan SSD dan HDD Mana, Yang lebih Baik digunakan Untuk Main Game

Anakkost.tv – Mungkin kita akan sedikit bingung jika harus memutuskan mana yang lebih baik untuk di gunakan dalam bermain game. SSD atau HDD?

Perbandingan SSD dan HDD

Masih belum bisa jawab…? Hehe. Jika demikian kita simak bersama-sama tentang penjelasan berikut ini.

Kelebihan dan Keurangan SSD

Di katakan di sini jika SSD merupakan sebuah singkatan dari Solid State Drive, atau Solid State Disk. Yakni suatu perangkat penyimpan data yang menggunakan serangkaian IC sebagai memori yang digunakan dalam menyimpan data bahkan informasi.

Kelebihan dan Keurangan SSD

Dan untuk kita bisa menjawab pertanyaan di atas, tentang mana yang lebih baik daripada SSD dan HDD, baiknya kita bahas dulu apa saja sih, kekurangan dan kelebihan dari SDD ini. Mari kita simak!

– Kelebihan SSD

  1. Booting cepat

Di sini di katakan jika boooting dengan SSD bisa lebih cepat, hanya dengan memakan waktu 30-75 persen waktu booting dengan hardisk (HDD).

  1. Lebih cepat dalam memulai aplikasi

Dalam memembuka file dengan SSD hanya membutuhkan waktu sekitar 10-50 persen dari hard disk.

  1. Transfer (file) lebih cepat

Seperti halnya Copy file dengan SSD cuma membutuhkan waktu 50 persen saja  dari hard disk.

  1. Lebih cepat dalam mencari file

Dalam pencarian file di komputer tentunya akan lebih cepat dengan SSD meski tanpa indexing.

  1. Memproses file bahkan data bisa lebih cepat

Proses file dan data dengan SSD cuma menghabiskan waktu 50 persen saja daripada hard disk.

  1. Tidak mengeluarkan suara

 Dalam penghunaannya, SSD tidak mengeluarkan suara, dikarenakan materi komponenya hanya terdiri dari sekumpulan memori saja.

  1. Hemat listrik

Karena bentuknya yang lebih kecil dari HDD, tentu pemakaian daya listriknya pun akan juga lebih kecil.

– Kekurangan SDD

  1. Umur pakai yang lebih pendek

Umur pakai SSD jauh lebih pendek bila di bandingkan HDD, ini dikarenakan siklus read and write SSD sendiri tentunya lebih pendek dibandingkan HDD.

  1. Harganya jauh lebih mahal

Bila dibandingkan dengan HDD, di sini SSD berukuran 120GB saja bisa dijual dengan harga dikisaran 600 – 800 ribuan. Sedangkan dengan uang sejumlah itu, kamu sudah bisa mendapatkan HDD 1TB.

Kelebihan dan Kekurangan HDD

Dalam pengertiannya HDD ini merupakan daripada kepanjangan dari pada Hard Disk Drive. Adapun kekurangan serta kelebihannya sebagai berikut.

Kelebihan dan Kekurangan HDD

– Kelebihan HDD

  1. Harga yang lebih terjangkau, bila dibandingkan SSD karena dengan sekitar 800-1 juta sudah bisa mendapatkan HDD 1TB dari brand yang terkenal.
  2. Umur pakai HDD jauh lebih lama alias awet, bila di bandingkan dengan SSD.

– Kekurangan HDD

  1. Bersuara

Biasanya terjadi saat digunakan, HDD akan mengeluarkan suara sedikit berisik dikarenakan komponen yang berada di dalamnya berupa piringan yang berputar-putar. Dan tentu saja akanmenimbulkan suara ketika digunakan.

  1. Mudah rusak

Bila mendapat guncangan HDD akan mudah rusak. Ini dikarenakan disc di bagian dalamnya sensitif terhadap berbagai hal yang menyangkut guncangan. (Tidak termasuk guncangan hidup) hehe.

Yang Bagus Digunakan Untuk Main Game

Di atas tentunya kita telah membanding bandingkan, mana yang terbaik untuk main game, SSD atau HDD?

7 Tips Memperbaiki Laptop/ PC yang Lemot Saat Bermain Game

Daripada kembali bingung kita langsung saja kembali menyimak bahasan berikut :

– Untuk kebutuhan bermain game, di sini SSD hanya memberikan loading time yang lebih cepat jika di bandingkan dengan HDD. Hal ini dikarenakan HDD bekerja menggunakan mekanik untuk mengambil maupun untuk menyimpan data. Sementara untuk SSD menggunakan elektrik. Namun untuk suatu permainan game, peningkatan ini hanya berasa saat load game saja, terutamanya game yang memiliki world luas seperti layaknya DOTA.

– Bila saja kamu memang memiliki budget lebih untuk penyimpanan dan menginginkan performa laptop / PC yang lebih ringan, maka SSD bisa jadi jawabannya.

– Jika yang dibutuhkan kamu merupakan kapasitas penyimpanan yang besar dan tidak begitu peduli dengan kecepatan booting dan punya dana terbatas, untuk masalah penyimpanan, kamu bisa pilih HDD.

– Selain dapat mempercepat loading, SSD juga akan membuat komputer terasa lebih ringan dan cepat, meski telah melakukan task yang berat.

– Untuk kamu gamer sejati, yang sangat menghargai waktu saat bermain game, tentu saja SSD bisa jadi pilihan yang paling tepat.

Bagaimana? Sudah ketemu semua untuk jawabannya? Hehe.

Nah, jika di lihat-lihat dari performa yang di sebutkan tadi, SSD memang memiliki pengaruh yang sangat besar terutama dalam meningkatkan performa pada sebuah sistem PC. Di sini SSD tidak hanya mampu mempercepat laju nya proses booting, tetapi juga dapat mempercepat proses membuka berbagai aplikasi-aplikasi berat, bahkan juga termasuk sebuah game.

Bagi kamu sendiri di sini yang tentunya memsng tidak suka menunggu proses loading, maka game yang kamu mainkan sebaiknya di taruh di dalam SSD. Dan jika game yang akan kamu mainkan itu di jalankan melalui HDD, maka HDD akan menjadi kendala yang seolah – olah sistem PC gaming kuat yang sudah kamu rakit tersebut menjadi terasa lambat.

Nah, sekarang sudah jelas bukan? Antara perbandingan SSD dan HDD ini? Tapi kendati begitu di sini penulis gak ngelarang juga seandainya kamu mau main game menggunakan HDD. Asalkan kamu punya dua syarat. Satu, memiliki budget yang cukup besar. Ke- dua, Tawakal.

Kenapa harus memiliki budget besar? Kan seperti yang sudah penulis katakan. Bila sampai tidak Tawakal saat HDD lemot, bisa langsung dilembiru (di lempar ganti yang baru)…. Hehe. Cuma bercanda. Demikianlah pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat..

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of