Ini Penyebab Nintendo Switch Laku Keras di Pasaran, Bahkan Sampai Tembus 41 Juta Unit

Anakkost.tv – Kabar gembira buat mereka para pengembang Nintendo Switch. Sebuah konsol game yang pada awalnya akan dibuang ini siapa duga menjadi suatu yang benar-benar laku keras di pasaran. Bahkan dari berita terbarunya, Nintendo Switch ini dikatakan telah laku hingga tembus 41 juta Unit hingga saat ini.

Dilansir daripada CNET, akibat melonjak nya penjualan tersebut, Nintendo pun dikatakan mengalami peningkatan pendapatan yang tentunya sangat pula pesat. Yakni sebesar 2,65 persen. Dan jika keuntungan itu di uangkan setara dengan 1,75 miliar dolar AS atau sekitar Rp 24,48 triliun. Benar – benar suatu pencapaian yang tentunya sungguh luar biasa.

Apa Sih Nintendo Switch Itu?

Nintendo Switch yang menurut bahasa aslinya sendiri yakni Nintendo Suitchi, adalah merupakan sebuah konsol video game yang dirilis perusahaan Nintendo. Tepatnya pada 3 Maret 2017. Konsol ini juga dikenal dengan nama codename NX, nama yang dibuat pada saat pengembangan nya. Dan pada saat perilisa nnya saat itu, konsol game  ini dijual dengan harga $299.99 sekitar Rp 4.202.710,-.

Dikatakan jika sejauh ini, konsol tersebut merupakan satu – satunya konsol hybrid – konsol. Yang juga merupakan konsol rumahan namun sekaligus konsol portabel juga. Atau bisa lebih jelasnya, konsol ini dapat dimainkan nelewati 3 cara,

– Home Console Way,

Yaitu dengan meletakkan layarnya pada (docking station)nya dan memainkannya melalui media televisi.

– Tabletop Way,

Dimainkan dengan cara meletakkannya di atas meja, juga mencabut kontrolernya untuk dimainkan sambil bersantai di kursi.

– Handheld Way,

Di sini Nintendo bisa dimainkan dengan cara dipegang.

Lebih lengkapnya lagi dikatakan, jika nitendo ini juga merupakan konsol game yang menggunakan kontroler yang disebut Joy-Cons. Dan kontroler ini sekakigus dapat dilepas dari badan utama konsolnya. Joy-Cons telah pula dilengkapi dengan Accelerometer, Giroskop, Infrared Depth Sensor sampai pada Komunikasi jarak dekat.

Fitur Menarik dalam Nintendo Switch

Dan mengenai fitur dari nintendo Switch sendiri, tentunya memang telah pula dibekali beberapa fitur. Yang kesemua fitur nya tersebut tentu saja akan menjadi suatu kepuasan tersendiri terutamanya bagi mereka yang telah menggunakannya.

Mengenai fitur – fitur apa saja yang dimiliki oleh Nintendo Switch, berikut ini penjelasannya.

  1. Telah Menggunakan Joy-Con sebagai Wiimote

Sama halnya seperti pada backward-compability di Xbox One. Di sini Joy-Con ternyata juga bisa digunakan sebagai Wiimote. Yang ketika sudah terkoneksi, ini tentunya akan bisa diarahkan ke layar sekaligus pula dapat digunakan untuk bermain game bahkan sebagai alat untuk menavigasi menu secara real time.

Walau sepintas masih sama seperti masih menjadi fitur kecil, namun di sini Nintendo pun telah membuktikan bahwa bisa memecahkan masalah di mana pengguna tidak lagi perlu menggunakan sensor di atas TV. Seperti di Wii dan Wii U. Selebihnya lagi, fitur ini juga telah membuka jalan maupun solusi bagi hadirnya backward-compability berbagai game Wii dan Wii U, di Switch.

  1. Dapat Melakukan Full Reboot

Caranya sangatlah sederhana, yakni para pengguna hanya perlu menekan tombol power selama kurang lebih 12 detik. Kemudian Switch akan secara otomatis melakukan reboot penuh. Sekalipun cara ini tidak berhasil atau mungkin tidak akan bekerja, di sini Switch masih memiliki Recovery Mode yang bertujuan sebagai opsi cadangan.

Semua itu sengaja dilakukan karena mengingat Bug ataupun gangguan seperti layar yang tiba  -tiba freeze, alias tidak lagi bisa merespon memang kerapkali terjadi di hampir semua konsol game, tidak terkecuali Switch. Dan untuk hal satu ini sepertinya memang belum banyak yang mengetahui cara mengatasinya di Switch. Yang sebenarnya telah terdapat full reboot untuk bisa mengatasi semua itu.

  1. Bisa Menyambungkan Joy-Con dengan Smartphone

Dikatakan di sini jika Dualshock 4 juga kontroler Xbox One tidaklah sendirian. Nengingat Joy-Con juga sebenarnya bisa disambungkan terhadap smartphone. Yakni dengan cara memanfaatkan koneksi Bluetooth yang dimiliki hingga kemudian bisa terhubung dengan begitu mudahnya.

Dan hal ini pun tentunya juga telah mendukung banyak game. Termasuk beberapa game-game yang selama ini sangat populer. Contohnya saja GTA Vice City, Minecraft: Pocket Edition, Soul Calibur bahkan Sonic The Hedgehog.

Dan yang tentunya lebih nenariknya lagi, di sini Joy-Con juga dapat disambungkan bahkan sekaligus digunakan di platform yang lebih besar. Seperti pada Windows dan Mac. Sedikit kekurangannya yakni  tidak bisa digunakan lewat perangkat iPhone.

  1. Bisa Dihubungkan dengan Keyboard USB

Lebih tepatnya dalam penggunaan fitur ini, para pengguna hanya perlu pergi ke Album, setelah itu lantas Add Text, dan selanjutnya tap ikon globe untuk memastikan bahwa keyboard memang telah benar  -benar terhubung. Namun perlu dicatat, bahwa sebenarnya fitur ini hanya dapat berfungsi apabila Switch akan digunakan dalam mode Dock, mengingat port USBnya sendiri yang dibutuhkannya hanyalah ada pada Dock itu sendiri.

Semua itu mungkin akan begitu sama persis seperti halnya Joy-Con yang tentunya juga bisa digunakan pada smartphone. Di sini keyboard USB tentunya juga bisa dihubungkan yang untuk selanjutnya bisa digunakan di Switch. Fitur ini pun telah berlaku untuk semua jenis keyboard. Mulai dari yang merupakan keyboard biasa sampai pada yang merupakan kelas premium.

  1. Bisa Mengakses Facebook dengan Melewati Browser Tersembunyi

Untuk melakukan hal tersebut, salah satunya bisa melalui User Setting. Di mana Switch nantinya akan membuka laman browser ketika penggunanya memilih (Posting to Social Media), untuk kemudian tap (link).

Ini secara langsung akan membuka halaman login Facebook, hingga para penggunanya sendiri nantinya akan bisa mengakses seluruh fitur Facebook seperti untuk memposting status, mengecek notifikasi, sampai pada hal – hal kita akan menonton video di timeline.

Dan jika saja kita melihatnya dari kelengkapan program, Nintendo ini memang sepertinya tidak dibekali oleh Switch dengan browser. Namun pada kenyataannya, switch sendiri tetap memiliki browser bawaan yang hanya bisa diakses lewat cara – cara tertentu.

nintendo switch
  1. Mampu Mengisi Daya Menggunakan Powerbank

Pada dasarnya memang tidaklah banyak orang yang mengetahui tentang hak ini. Namun nyatanya Switch juga bisa mengisi dayanya dengan menggunakan powerbank. Caranya sendiri semudah kita mengisi daya baterai pada tablet. Yang di mana Switch nantinya akan mengenali powerbank selayaknya koneksi isi daya secara langsung dari stop kontak maupun Dock.

Jadi hal Ini bisa dikatakan jika sebenarnya ini akan menjadi fitur yang tentunya akan sangat penting, terutamanya bagi kamu semua yang tentunya gemar membawa Switch dalam masa-masa bepergian.

Dan bukan suatu hal yang bisa dipungkiri, jika para pengguna Switch tentunya bakal benar-benar dapat mengetahui bila konsol kesayangan mereka tersebut tentunya memang nemiliki baterai yang sangatlah boros.

Apalagi ketika habis digunakan untuk memainkan game-game ber-file besar dan berat. Dan tentu pulalah, jika disaat-saat yang demikian, peranan sebuah powerbank akan sangat sekali dibutuhkan.

  1. Mengubah Region/ Wilayah, Tentunya Juga Akan Merubah Artwork Pada Game

Nah, jika di sini dikatakan Switch nantinya akan memberikan artwork yang berbeda-beda, itu semua tentunya akan tergantung daripada region atau wilayah yang dipilih nanti. Dan tentu pula semua hal ini akan sekaligus berlaku pada hampir semua game yang dimainkan. Terutama sekali untuk sekelas game – game eksklusif Nintendo seperti pada The Legend Of Zelda: Breath Of The Wild.

Tentunya yang lebih menariknya lagi. Jika kita membuat akun dengan region yang lain, tentunya pula akan memberikan keuntungan tersendiri bagi para penggunanya. Yang keuntungan tersebut salah satunya seperti adanya kesempatan untuk mencicipi demo daripada game – game tertentu yang nemang pada dasarnya tidak tersedia di region lain. Dalam kasus ini, Puyo Puyo Tetris juga telah temasuk salah satu daripada demo tersebut.

Dan itulah yakni seputar berbagai pembahasan tentang Nitendo Switch yang pada saat ini sedang booming – booming nya bahkan sekaligus laku keras di pasaran. Semoga yang penulis sampaikan ini bisa bermanfaat.

Juga jangan lupa untuk terus setia dengan channel ini. Di sini tentunya kamu pun bisa subscribe, bila ternyata kamu semua memang menyukai pembahasan – pembahasan yang telah dibuat anakkost.tv. Saran dan kritik tentu akan senantiasa kami nantikan. Yang itu semua tentu saja akan menjadi koreksi kami dalam membenahi setiap hal  -hal yang akan kami buat ke depannya. Terimakasih.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of