Pengertian dan Macam-macam Pergerakan Kamera

Anakkost.tv – Hallo sahabat anakkost, di artikel kali ini aku masih akan membahas tentang dunia video atau film, dimana banyak orang yang sedang kebingungan dalam membuat sebuah karya. Apalagi sekarang sebuah video bisa menghasilkan uang dan siapapun itu orangnya. Video youtube misalnya, semakin bagus karya kita maka semakin banyak orang yang menonton dan semakin banyak pula uang yang kita dapatkan. Akan tetapi tidak semua video di youtube mempunyai kualitas yang bagus terutama pada pergerakan kamera.

Untuk yang tertarik dalam pembuatan film pendek, alangkah baiknya membaca artikel terbatu tentang cara dasar pembuatan film pendek

dolly

Banyak video yang dibuat asal – asalan, bahkan ada video yang kalau kita tonton bisa bikin kepala pusing, karen pergerakan kamera yang tidak menentu. Untuk itu aku akan memberikan beberapa macam pergerakan kamera yang bisa kalian ikuti dan dimengerti. Sebelumnya kalian harus tahu bahwa pergerakan kamera merupakan sebuah aktivitas yang bisa ikut membangun suasana dramatik dalam sebuah video atau film yang dibuat.

Baca Juga Sudut dan Pengambilan Gambar dalam Sebuah Video

Macam-macam Pergerakan Kamera beserta Tekniknya

  1. Dolly

Dolyy atau track adalah pergerakan kamera yang dilakukan untuk mendekati dan menjauhi subyek dengan menggerakan kamera yang sudah ada di tripod atau dolly sehingga siap untuk digerakan. Pergerakan dolly ini dimana kamera mendekati subyek untuk melihat lebih jelas emosional yang dikeluarkan, sebaliknya dengan dolly out dimana pergerakan kamera menjauhi subyek sehingga terkesan kecewa atau takut.

  1. Zoom

Zoom atau zooming adalah pergerakan kamera yang dilakukan dengan cara mendekati atau menjauhkan objek yang bisa dilakukan secara otomatis (optik). Pergerakan zoom in bisa digunakan untuk memperjelas suatu objek yang dituju atau yang lebih di fokuskan, sebaliknya dengan zoom out dimana merupakan pergerakan kamera menjauhi objek untuk memberikan informasi dimana subyek tersebut sedang berada atau menunjukan kejadian lain yang tidak jauh dari subyek pertama.

  1. Crab

Crab atau Crabing adalah pergerakan kamera yang dilakukan secara menyamping atau diambil dari samping sejajar dengan subyek yang sedang berjalan atau lari. Pergerakannya bisa ke kiri atau kekanan sesuai dengan kebutuhan.

  1. Pan

Pan atau Paining adalah gerakan kamera yang dilakukan untuk menoleh ke kiri dan kekanan, bisa di anggap sebagai mata dari subyek. Gerakan paining juga bisa dilakukan terhadap objek yang tidak bergerak seperti halnya ruangan, alam dan sebagainya.

  1. Tilt

Tilt atau Tilting adalah pergerakan kamera yang dilakukan secara vertical, baik dari atas kebawah atau dari bawah keatas. Untuk contohnya sendiri seperti halnya remaja yang menjeput pacarnya untuk kencan pertama dan terpukau dengan dandan sang kekasih, jadi kamera awalnya mengambil bagian bawah sampai kemuka alias bergerak keatas.

  1. Ped

Ped atau Pedestal adalah pergerakan kamera yang dilakukan di atas pedestal yang bisa naik turun, untuk penggunaanya hampir sama dengan tilt.

  1. Follow

Follow adalah pergerakan kamera yang dilakukan dengan mengikuti objek yang bergerak, bisa dengan tambahan pan, ped, tilt dan juga yang lainnya.

  1. Arc

Arc adalah pergerakan kamera yang biasa dilakukan untuk melihat situasi atau kondisi suatu lingkungan dengan cara berputar, baik dari kiri maupun dari kanan.

Nah, itulah beberapa pergerakan kamera yang wajib kalian ketahui dan memang selalu digunakan dalam pembuatan sebuah film atau video youtube. Jadi kita bisa mengambil kesimpulan bahwa dalam membuat sebuah video jangan menempatkan kamera dalam satu titik saja, seperti halnya pembaca bertia, Terimakasih.

data-ad-client="ca-pub-2617427438224044" data-ad-slot="4082072217">

Artikel ini termasuk dalam bahasan : - pergerakan kamera - macam macam pergerakan kamera - gerakan kamera -

Leave a Reply

1 Comment on "Pengertian dan Macam-macam Pergerakan Kamera"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted