(Panduan) Cara Membuat Vlog di Youtube

Baiklan bro sister semua, apakah kalian sudah siap menjadi bagian dari youtuber indonesia ? Membangun dan mengurus channel youtube itu sangatlah asik sekali dan bisa menghasilkan nantinya, tidak hanya itu banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan diantaranya popularitas, yup benar sekali menjadi seorang artis populer kini sudah menjadi hal yang mudah dengan adanya youtube, kamu bisa terkenal dan sukses lewat youtube asal tau bagaimana cara memanfaatkan youtube dengan baik dan bijak.

cara membuat vlog

Jika kamu ingin menjadi seorang youtube vlogger, yang kamu harus perlukan adalah belajar yang rajin, konsisten, fokus dalam membuat konten. yah cukup itu saja, ko cuma segitu sih ? tunggu dulu, biar kamu lebih mengerti dan lebih paham tentang pemahaman tersebut maka kamu harus baca artikel ini sampai tuntas, agar kamu bisa lebih jelas dan mudah untuk menentukan langkah awal dalam membuat dan membangun/membuat channel vlog.

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam permbuatan vlog :

Contents

1. Perencanaan Channel Youtube

Konsep Membuat Vlog

Yang harus kamu lakukan jika baru pertama kali akan membuat suatu vlog itu bukan hanya mengambil kamera dan kemudian memulai merekan kegiatan kamu, jika begitu nantinya kamu akan menghasilkan vlog yang kurang berkesan dan terlihat acak-acakan. Jadi bagaimana seharunya, perencanaan disini kamu yang pertama kali lakukan adalah mengambil sebuah kertas dan sebuah bolpen. Setelah itu kamu tuangkan ide vlogging kamu disana, misalkan, kamu akan membuat vlog tentang kegiatan kamu di sekolah, maka kamu rangkai dahulu, apa kegiatan kamu, bagainama perjalanan di kegiatan tersebut, bagaimana inti dari kegiatan itu, dan jangan lupa tentang penutup video vlog kamu. Jadi semuanya terkonsep dan nantinya tidak akan acak-acakan.

Baca juga cara membagi waktu untuk mengurus channel

Sebuah tujuan tanpa perencanaan hanya akan menjadi harapan

Mengapa kamu membuat Vlog ?

Pertanyaan ini harus kamu ketahui jawabannya , karena jawaban ini sangat penting sekali untuk perkembangan channel vlogging kamu kedepannya.

Apakah tujuan membuat vlog hanya untuk senang-senang saja ?

Apakah tujuan kamu membuat vlog untuk menata karir dimasa depan dengan vlog-vlog yang kamu buat ?

Jika memang kamu ingin menjadi vlogger professional maka kamu harus mulai memikirkan waktu atau jadwal kamu untuk memberikan waktu lebih dalam mebuat vlog.

Tetapi jika kamu hanya ingin bersenang-senang maka kamu tidak harus mengatur jadwal tertentu.

2. Tentukan Bahasan Vlogging

Tentukanlah, konten apa yang akan kamu buat untuk kedepannya ?

Menentukan bahasan atau kategori vlogging tidak kalah pentingnya, jika kamu hanya membuat vlog berdasar hal-hal yang belum kamu mengerti, maka lambat laun kamu akan merasa bosan dan merasa kesulitan untuk terus secara rutin berkarya membuat video blog. Akan tetapi jika kamu memilih kategori yang kamu sukai atau kamu mengerti maka dalam membuat vlog akan sangat terasa mudah sekali.

Pilihlah kategori vlogging yang unik dari yang kamu kuasai, agar kedepannya tidak terlalu membuat kamu tertekan harus membuat vlog pada ninche atau kategori yang kurang kamu kuasai.

Tujuan Jangka Panjang Dan Jangka Pendek

Apa yang ingin kamu capai dari channel vlogging setahun berikutnya ? apa yang harus kamu capai 3 bulan setelah kamu memulai membuat vlog di youtube? tulislah jawaban-jawaban dari pertanyaan tersebut dalam sebuah memo dan kemudia kamu pajangkan didalam dinding kamar kamu. Agar kamu selalu termotivasi untuk selalu berkarya demi menggapai tujuan awal.

3. Buat Nama Channel Vlog yang Bagus

Pikirkan tentang nama yang cocok untuk channel kamu, nama yang mewakili dari ide-ide dan kategori vlogging yang akan kamu buat. Menentukan nama channel harus benar-benar kamu pikirkan agar nantinya dimasa yang akan datang kamu tidak akan merasa nyesel udah membuat nama channel itu. hehe

4. Berlatih Vlogging

Selanjutnya kamu bisa memperlajari dahulu dari para vlogger terkenal tentang bagaimana berbicara didepan kamera, dan bagaimana menyampaikan suatu bahasan dalam setiap kegiatan yang akan kamu jadikan vlog.

Gaya berbicara dan juga intonasi berbicara juga wajib kamu pelajari, agar para penonton nantinya tidak merasa bosan. Ini mungkin untuk para pemula pasti sangat sulit dan perlu belajar lebih giat lagi.

Jangan terburu-buru untuk membuat dan mengupload video vlog ke youtube, pelajarilah dahulu dengan matang, kuasai tehnik-tehnik vlogging. Buatlah video vlog yang berkualitas, ada pembukaan, isi, dan penutup. Buat video yang bisa bikin penonton nyaman, terhibur, dan bisa bermanfaat bagi para penonton. Tidak mudah memang, tetapi dengan kegigihan kamu belajar dan terus belajar, maka dengan sendirinya kamu nanti akan mahir dan bisa menguasai tehnik vlogging yang bagus.

Banyak sekali youtuber indonesia dan luar negeri yang sudah terkenal yang bisa kamu jadikan referensi pembelajaran, bisa kamu cek channelnya Arief muhammad untuk vlogger luar coba kamu cek channel Casey Neistat.

Praktek Didepan Cermin

Latihan berbicara di depan cermin

Cobalah untuk memulai berbicara sendiri didepan cermin, bayangkan cermin itu adalah sebuah lensa kamera. Dan lihatlah expresi kamu dalam berbicara, ambil saja contoh kamu akan membuat vlog pertama kamu, kemudian kamu memulai berbicara didepan cermin, dai mulai pembukaan, isi dan penutupan vlog kamu. Berlatihlah sampai kamu sendiri merasa bahwa kamu sangat enjoi dalam berbicara didepan lensa.

Pelajari Tehnik Pengambilan Video

Sekarang bawa kamera kamu, kemudia coba ambil gambar atau video, dari posisi mana saja yang bagus untuk di ambil. apakah kamu harus meningkatkan setingan iso karena ditempat gelap, atau suara yang direkam kurang keras. Dengan berlatih seperti itu maka ketika kamu terjun membuat vlog langsung kamu akan dengan mudah menyesuaikan dengan tempat pengambilan gambar. Supaya lebih lengkap silahkan baca pengambilan gambar video

Praktek Berbicara Didepan Lensa

Nah point ini kamu harus membiasakan diri untuk berbicara langsung depan lensa tanpa melihat layar kamera. misalkan kamu membuat vlog dengan menggunakan layar yang bisa dibalik , maka hampir semua para vlogger awal mereka canggung dan selalu melihat gambar di layar tanpa melihat kamera, maka hal ini kurang bagus nantinya setelah video kamu dilihat langsung di layar komputer.

Pelajari bicara depan lensa ketika sedang berjalan, bagaimana agar posisi kamera selalu pas terfokus sama kamu, ketika kamu bergerak bagaimana yang harus kamu lakukan. Perlu latihan dan jika kamu serius ini sangatlah asik untuk kamu coba.

Baca juga kamera terbaik untuk membuat vlog

5. Proses Pembuatan Vlog

Setelah kamu pelajari point-point diatas tentang berlatih vlogging, sekarang kita bahas tentang proses pembuata vlog, dibawah ini ada beberapa bahasan tentang kamera atau alat-alat yang direkomendasikan untuk dimiliki.

Kamera dengan Kualitas Baik

Pertama kita bahas tentang kamera, sangat rekomended kamu menggunakan kamera yang berkualitas HD, mengapa demikian?

Karena youtube sendiri sudah bisa menampilkan resolusi HD malah bisa sampai 4K, jadi kamera dengan kualitas HD bisa dibilang sebagai syarat minimum.

Dengan menyajikan video HD maka penonton yang jaringannya lambat bisa dengan mudah menonton dengan kualitas rendah, sebaliknya jika penonton kamu dengan jaringan super cepat, maka mereka akan memilih untuk memutar dengan kualitas HD. Coba cek referensi kamera vlog

Jika kamu berpikir untuk mendapatkan video HD itu harus dengan kamera mahal, maka itu salah besar, jaman sekarang sudah banyak kamera saku yang harga kisaran 1 – 3 juta yang sudah bisa merekam dengan kualitas HD. Jadi kamu tidak perlu khawatir dengan itu, malahan untuk HP saja sekarang sudah banyak yang bisa merekam kualitas HD.

Buat Vlog dengan Kamera Hp

Untuk membuat vlog menggunakan kamera HP, kamu harus pastikan setting resolusi kamera di maksimal 1080p, ya lebih bagus jika bisa rekam sampai 4k, setidaknya untuk ukuran HD saja itu sudah cukup.

Perhatikan pencahayaan serta kestabilan HP, jangan sampai rekaman kamu gelap dan goyang-goyang, walaupun video goyang bisa diatasi dengan software atau otomatis lewat fitur youtube, namun sangat disarankan untuk menjaga kestabilan hp daripada harus memperbaikinya lewat software, butuh waktu yang sangat lama bagi software untuk memperbaiki video shake, masih mening kalau beberapa detik saja, jika vlog kamu selamat lebih dari 10menit shake, ya akan sangat lama sekali prosesnya.

Perhatikan Audio

Audio juga jangan sampai kamu tidak perhatikan, penting sekali hampir sama dengan kualitas HD dalam video, jika penonton tidak dapat mendengar apa yang kamu bicarakan dalam vlog maka sudah dipastikan penonton kamu akan merasa bosan dan jenuh menonton video vlog kamu.

Mungkin kamu pernah melihat para youtuber indonesia ketika membuat vlog diluar ruangan atau ditempat ramai, pasti mereka membawa sebuah hp ditangannya atau menggunakan headset, itu adalah alat perekam yang mereka gunakan agar audio ketika diluar ruangan bisa terdengan jelas.

Untuk cara yang terbaiknya adalah kamu bisa membeli audio record eksternal. Agar kualitas audionya benar-benar bersih dan jelas. tapi dengan menggunakan hp saja menurut aku itu sudah cukup, yang penting suara kamu terdengar jelas dan tidak terlalu berisik oleh suara-suara lainnya.

Tips tambahan, jika audio rekaman yang dihasilkan terdengar banyak noise atau suara angin kaya kresek2 gitu, kamu bisa coba cara mengedit suara agar jernis dan jelas.

Pencahayaan yang Bagus

Cahaya juga harus kamu perhatikan. Jangan sampai nantinya video vlog kamu gelap gulita !

Mengapa begitu detail sih, kan ini cuma vlog ? Ingat, kita akan membuat vlog yang berkualitas dan agar penonton bisa nonton secara nyaman tidak merasa bosan.

Jika kamu memang berada ditempat yang gelap dan kebetulan kamera kamu tidak mampu memberikan cahaya lebih, kamu bisa coba untuk menyalakan semua lampu ruangan tersebut, atau alternatif lain kamu bisa membuat lighting sederhana dengan biaya murah seperti pada artikel ini.

Bagaimana jika kita sedang traveling dan kebetulan ditempat gelap yang tidak memungkinkan mendapatkan penerangan yang cukup ?

Kamu bisa mengatasinya dengan tidak membuat vlog 😛

Cari dulu aja penerangan yang cukup, baru mulai vlog lagi.

6. Proses Pengeditan Video Vlog

Untuk mendapatkan video yang berkualitas bagus kamu perlu melalui tahap pengeditan, semua vlogging yang ada di youtube mereka tidak pernah lepas dari proses editing. Proses ini banyak sekali macamnya, dari mulai memberikan efek-efek tertentu, transisi video atau menambahkan gambar tertentu agar terlihat bagus dan menarik.

Untuk proses pengeditan, pertama kali mungkin kamu akan bingung software apa yang bagus yang kebanyakan youtuber gunakan dan bagaimana menggunakan software tersebut.

Kebanyakan para youtuber menggunakan software seperti Adobe Premiere, Sony Vegas, Final Cut Pro.

Dari 3 software tersebut kamu tidak usah bingung mau pilih yang mana, kegunaannya hampir sama ko, hanya yang membedakan penempatan tool-tool editingnya saja.

Kamu tentukan saja mana yang akan kamu pakai, untuk tutorialnya sekarang ini jaman teknologi, jadi kamu tidak perlu pusing dan bingung, kamu tinggal cari aja di youtube banyak tutorial editing yang bisa kamu pelajari.

Jika dirasa komputer kamu kurang kuat menjalankan 3 software diatas, maka kamu bisa memilih software lain yang lebih ringan, silahkan baca pada artikel software editing vlog.

Selanjutnya kamu bisa menonton video vlog orang lain kemudian kamu coba edit video vlog kamu. Dengan begitu kamu akan mendapat gambaran apa saja yang harus kamu edit, misal dalam penambahan text, transisi, crop video, pencahayaan, grading dan masih banyak lagi.

Sekarang bagian audio, alangkah baiknya jika kamu selalu menyertakan backsound, agar para penonton tidak terlalu garing hanya mendengarkan ocehan saja. hehe.

Dan perlu kamu perhatikan juga, untuk audio usahakan kamu gunakan audio free copyright atau audio yang tidak berhak cipta, jadi kamu bebas menggunakan audio tersebut tanpa harus kena peringatan konten pihak ketiga. Dan youtube sendiri telah memberikan layanan audio gratis yang bisa kamu gunakan di video, kamu bisa mencarinya di sini atau jika dirasa musik youtube sudah terlalu mainstream, kamu bisa mencari backsound musik tanpa hak cipta di berbagai situs penyedia musik gratis, silahkan simak pada artikel situs temat download musik tanpa copyright.

Selalu bereksperiment dan coba style editing baru agar kamu nantinya semakin terbiasa dalam menggunakan software editing yang kamu gunakan. Sehingga jika kamu sudah terbiasa maka kamu bisa menghemat waktu.

7. Promosi Channel Youtube

Sekarang berarti kamu sudah paham tentang proses pengeditan, anggap saja kamu sudah ada video yang sudah kamu edit dan siap upload.

Selanjutnya adalah proses promosi, akan percuma dan lambat jika kamu sudah punya channel yang bagus, video yang berkualitas, tetapi tidak banyak yang menonton, nah promosi channel itu maka sangat penting sekali.

Bagaimana memulai proses promosi atau membangun channel kamu supaya ramai dan banyak penonton.

Buat Halaman Sosial media

Untuk memulai promosi disosial media, maka kamu harus aktif serta konsisten bersosialiasi via sosmed, kamu bisa memanfaatkan twitter, facebook, ask.fm, Google+.

Sosial media tersebut harus benar-benar kamu manfaatkan sebaik mungkin untuk membangun nama channel kamu agar semakin terkenal.

Kamu bisa memposting video baru di sosial media.

Bisa berkomentar di halaman sosial media youtuber yang sudah terkenal menggunakan akun Channel kamu.

Untuk lebih jelasnya lagi kamu bisa baca artikel spesifik cara promosi di twitter atau versi lengkap tentang promosi sosial media.

Buatlah Logo Channel

Setiap media sosial sendiri selalu tidak lepas dar sebuah foto profile, selanjutnya kamu harus pastikan membuat logo yang mudah dikenali atau unik berbeda dari yang lain.

Semua sosial media yang kamu buat tadi bagusnya menggunakan foto profile logo channel kamu, ini dimaksudkan agar semua orang yang datang dari sosmed, akan semakin mengenali logo channel kamu.

Semakin kamu banyak menggunakan logo tersebut, maka mereka akan semakin akrab dengan logo dan channel kamu.

Buatlah Thumbnail dan Cover Sekeren Mungkin

Peranan thumbnail dan cover channel dalam promosi sangat penting sekali, ibaratkan kamu disuguhkan 2 bungkus kripik goreng, yang satu menggunakan kantong plastik bening, dan satunya lagi menggunakan plastik dengan cetakan merk.

Tentu dong, kamu lebih tertarik dengan kemasan yang ada cetakanya. kecuali kripik yang di plastik bening kripik ma icih, ya aku juga pasti pilih kripik ma icih donk, daripada bermerk tapi gak enak, bener gak ?

Dari situ kita bisa simpulkan, sangat logis dan jelas.

Buat intro video

Mungkin banyak juga yang hanya memasukan text pada awal video, tetapi alangkah bagusnya kamu mempunyai satu intro yang selalu kamu masukan disetiap awal video.

Intro video bisa berupa logo 3 dimensi, intro animasi, dan masih banyak lagi, itu akan memberikan kesan lebih baik ketimbang hanya text saja.

Tidak lupa kamu juga harus punya outro, outro pada akhir video kamu bisa masukan video-video lama, atau link menuju sosial media kamu. untuk lebih jelasnya silahkan kalian baca artikel tentang peran intro dan outro video youtube.

Jangan Lupa Tips vlogging Dibawah Ini :

Selalu melihat lensa kamera ketika berbicara, lihatlah seolah-olah lensa kamera itu adalah mata penonton.

Buatlah rekaman tambahan, jaga-jaga jika nantinya pas proses editing kamu lupa memasukan video tertentu, jadi buatlah video sebanyak mungkin agar nantinya kamu bisa memilih video mana yang akan kamu masukan.

Berlatih Berbicara, selalu berlatihlah, agar apa yang kamu sampaikan bisa dengan mudah dimengerti oleh para penonton.

Tunjukan Semangat, karena kamu akan ditonton oleh ribuan orang dan mungkin sampai jutaan orang, selalu tampil ceria dan bersemangatlah ketika berada didepan kamera. Karena itu akan memberikan dampak positif bagi penonton.

Buat Jadwal, konsisten dan fokus adalah kunci keberhasilan dari video vlog, makanya kamu harus buat jadwal kapan kamu membuat video vlog dan kapan kamu mempublish video baru di channel kamu, beritau semua penonton kamu tentang kapan kamu akan upload video baru.

Sajikan Konten Terbaik kamu, Buatlah konten yang kamu yakini bisa menghibur atau bisa bermanfaat bagi penonton kamu. Jangan buat penonton bosan dengan video vlog kamu.

Mari kita tarik kesimpulan dari artikel cara membuat vlog ini, bagian sulit dan memerlukan kesabaran diantaranya adalah proses editing, dan juga proses promosi untuk mendapatkan banyak penonton. Sabar dan terus lakukan !

Banyak waktu yang benar-benar kamu butuhkan untuk membangun sebuah channel vlog sampai banyak subscriber atau penonton. Perlu kerja keras dalam membuat video yang berkualitas.

Jangan terlalu cepat berharap bisa menghasilkan dari video vlogging, yang perlu kamu tanamkan adalah kamu harus bisa menjadi youtuber vlogger terkenal. Tanamkan motivasi konsisten dan fokus dalam membuat vlog, dan lakukan dengan semangat serta ceria, agar semua proses itu bisa berjalan dengan mudah.

Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat, jangan patah semangat, maju terus, dan buktikan pada dunia, indonesia punya banyak youtuber yang berkualitas dan banyak menghasilkan konten-konten yang bermutu. Salam youtuber, jangan lupa juga kunjungi channel kita di Youtube.com/otoplanetcom.

Ps : Artikel cara membuat vlog ini akan terus di update untuk menambahkan beberapa bahasan yang belum tersampaikan, untuk itu jika kamu mempunyai masukan atau saran, silahkan tinggalkan komentar dibawah. aku akan sangat menghargai masukan atau kritik dari kalian. 

data-ad-client="ca-pub-2617427438224044" data-ad-slot="4082072217">

Artikel ini termasuk dalam bahasan : - vlog - cara buat vlog - cara membuat vlog youtube - membuat vlog - cara edit video vlog - cara bikin vlog youtube - cara membuat video vlog - cara bikin vlog di youtube - cara membuat akun Vlog - cara buat vlog youtube -

Leave a Reply

22 Comments on "(Panduan) Cara Membuat Vlog di Youtube"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted