Bagaimana Nasib Kontent Kreator Ditengah Pandemi Corona

Anakkost.tv – Pandemi Corona yang menghantam dunia tentunya berpengaruh terhadap perkembangan industri hingga pendapatan banyak kalangan lainnya.

Walau tahapan demi tahapan untuk memerangi mata rantai penyebaran virus Covid-19 ini marak dilakukan, namun sepertinya hal tersebut tidaklah mudah.

Karena memang butuh perjuangan ekstra keras dan pengorbanan, sekaligus tingkat kesabaran tingkat tinggi.

Nasib Konten Kreator Saat Pandemi Corona

 

Dibandingkan dengan banyak kalangan atau pun pekerja-pekerja di bidang yang lainnya, sepertinya nasib kontent kreator di tengah Pandemi Corona ini masih cukup diuntungkan. Setidaknya tidak sampai harus kehilangan pekerjaan mereka. Walau mungkin bisa juga dikatakan cukup kesulitan melakukan aktivitas di luar karena telah diberlakukan PSBB.

Namun hal tersebut bukanlah jalan terakhir bagi Content Kreator karena mereka pun masih bisa membuat konten-konten yang lain selama masa karantina #DiRumahAja.

Kebijakan Baru YouTube Di Tengah Polemik Corona

Namun bukan berarti Pandemi virus Corona  ini tidak menimbulkan kendala lainnya. Karena sebagian Konten creator juga banyak yang mengeluhkan terkait kendala yang nantinya bisa terjadi bagi kanal YouTube mereka. Apalagi terkait adanya kebijakan  terbaru YouTube untuk menangkal berita hoax yang marak bertebaran di flatform miliknya.

Sebagian video yang membawa konten berlatar Virus Corona dimungkinkan akan hilang terkena Moderasi dari pihak YouTube.

Atasi Virus Corona YouTube Pilih Moderasi Mesin Ketimbang Manusia

Ya, pihak YouTube sendiri memang  turut membenarkan hal tersebut. Di  mana kini dikatakan bahwa mereka lebih banyak bergantung pada machine learning ketimbang manusia untuk melakukan moderasi konten di dalam platform miliknya.

Keputusan ini tentu saja membekal alasan penting. Terutamanya bagi YouTube karena tidak semata-mata dilakukan hal tersebut tanpa pertimbangan. Karena hal tersebut memang merupakan alasan mereka untuk menangkal sekaligus menghindari meluasnya penyebaran virus corona.

Dengan kata lain, konten YouTube untuk saat ini akan sangat bergantung pada algoritma yang diterapkan.

Hal tersebut bahkan turut dilansir oleh Engadget, Rabu (18/3). Di mana YouTube biasanya menerapkan penyaringan konten berbasis algoritma yang kemudian nantinya akan diulas lebih lanjut oleh manusia.

Kendati demikian, kreator sepertinya masih dapat mengajukan banding apabila ada kontennya yang ternyata dihapus. Hanya saja, di sini perusahaan telah menegaskan apabila proses banding yang diajukan akan lebih lama daripada biasanya.

“Kami menyadari ini akan mengganggu pengguna dan kreator, tapi kami merasa ini merupakan keputusan yg harus diambil agar pekerja di YouTube tetap aman termasuk komunitas yang ada di sekitarnya,” tulis perusahaan.

Di tengah Pandemic Corona ini pun pihak YouTube juga memberikan banyak perubahan  di dalam tampilan tab, di mana nantinya memang bertujuan membuat pengguna untuk lebih bisa mengakses banyak konten baru berdasarkan kategori, seperti halnya terkait Music, Gaming, News, Movies & Shows, Fashion & Beauty hingga Learning.

Itulah mengenai Nasib Content Creator di Tengah Pandemic Virus Corona. Walau memang ternyata memang terdapat kendala namun hal itu semata-mata dilakukan pihak YouTube demi memutus mata rantai virus Corona. Terimakasih telah menyimak.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of