Minta Ganti Rugi 9,5 milyar, Nagaswara Masih Terus Ajukan Tuntutan Pada Gen Halilintar

Anakkost.tv – Kembali perseteruan antara Studio Rekaman Music Nagaswara dan Gen Halilintar semakin kian memanas.

Selain semua hal tersebut memang telah dilatar belakangi oleh tindakan Gen Halilintar sendiri yang sudah membawakan lagu “Lagi Syantik”” tanpa izin. Semua hal itu juga turut ditambah dengan tidak aadanya tanggapan daripada Gen Halilintar atas berbagai panggilan yang telah diajukan pihak Nagaswara.

Hak Cipta, Yang Menjadi Gugatan Nagaswara Terhadap Gen Halilintar

Sebagai kuasa hukum Nagaswara, Yos mengatakan, jika sudah jadi hak seorang pencipta lagu untuk mengajukan gugatan apabila karyanya dinyanyikan apalagi untuk kepentingan komersil tanpa seijin sang pemilik. Ditambah-tambah lagi, dalam hal tersebut, Gen Halilintar juga dikatakan telah merombak lirik lagu tanpa terlebih dahulu memberitahu penciptanya.

“Itu hak pencipta (Nagaswara) untuk menggugat. Jadi dilindungi hukum bukan sekedar covering-nya, tapi ini tentang perlindungan terhadap hak ciptanya,” ungkap Yos.

Ganti Rugi 9,5 Milyar

Mengenai munculnya tentang ungkapan angka Rp 9,5 miliar terskait kasus Gen Halilintar, Yos turut menambahkan apabila hal tersebut hanyalah merupakan perkiraan daripada total kerugian yang telqh dialami Nagaswara. Namun apabila kita memang berbicara terkait masalah kerugian dari sisi hukum, Yos menyebutkan bahwa harus ada nominal angka yang akan disebutkan.

“Kalau ditanya uang atau tujuannya apa? Yang paling pertama yitu kerugian moril. Itu susah diukur dengan uang. Jadinya kita susah, ngomong apa segitu sampai harus mewakili moril, sebenarnya tidak juga. Tapi kita ngomong hukum, terpaksa saya harus konversikan …” jelas Yos.

Sunan Kalijaga, Menginginkan Kasus Selesai secara kekeluargaan.

Dikatakan oleh Sunan Kalijaga, jika sebenarnya pihak Gen Halilintar juga telah menyayangkan persoalan ini sampai dibawa  menuju ke jalur hukum.

 “Seharusnya persoalan ini bisa dibicarakan secara kekeluargaan. Dan tidak perlu adanya gugatan atau pun hal hukum di luar itu,” kata Sunan.

Dan apabila kita melihat di dalam kesempatan terpisah, kuasa hukum Nagaswara, Yosh Mulyani juga tutut mengakui sudah cukup lama mencoba berkomunikasi dengan pihak Gen Halilintar. Namun sangat disayangkan, bahwa upaya tersebut nyatanya tak membuahkan hasil.

“Jauh sebelum sidang ini dijalankan kita sebetulnya sudah pernah meminta (cara kekeluargaan). Bahkan kita pun memang sudah bertemu. Arahnya seperti itu. Diacuhkan atau tidak ada yang berhak menjawab. Tapi tidak bertemu. Artinya tidak bertemu itu, tidak ada kesepakatan sehingga masalah jadi menggantung, makanya kita ajukan (perkara) ini.” ungkap Yosh.

Memang sudah diberitakan sebelumnya, apabila Gen Halilintar ini telat secara perdata oleh Nagaswara terkait dugaan pelanggaran hak cipta. Nagaswara sendiri telah menuding bahwa Gen Halilintar dengan sengaja mengcover lagu salah satu artisnya serta turut mengunggah videonya ke Youtube tanpa mengantongi izin dari mereka.

Terima kasih banyak.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of