Menghemat Baterai Android Handphone Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Anakkostv – Hai sahabat semua! Kali ini penulis akan memberi sedikit tips nih, khususnya untuk kamu semua yang telah lama memiliki keluhan tentang boros baterai pada handphone. Dan semoga saja, dengan apa yang akan aku bahas kali ini, nantinya akan sangat bermanfaat sekali untuk kamu semua dalam menanggulangi masalah yang tengah kamu hadapi itu.

Menghemat Baterai Handphone Andorid

Dan untuk menanggulangi hal tersebut, sebenarnya ada dua hal yang bisa kamu lakukan. Baik itu dengan cara menggunakan aplikasi. Sampai pada cara yang tanpa harus menggunakan aplikasi sama sekali.

Nah, untuk yang pertama yang akan kita bahas di sini, yakni cara menghemat baterai di handphone android dengan menggunakan aplikasi.

Menghemat Baterai Android Dengan Menggunakan Aplikasi

Di antara beberapa aplikasi di bawah ini, tentunya bisa menjadi pilihan kamu dalam menghemat baterai.

  1. Aplikasi DU Battery Saver,
  2. Aplikasi Battery Doctor,
  3. Aplikasi Battery Booster Lite,
  4. Aplikasi GO Battery Saver & Power,
  5. Aplikasi Avast Baterai Saver,
  6. Aplikasi Battery Saver Pro- Fast Charge,
  7. Aplikasi Battery Saver.

Untuk mengetahui lebih lengkap daripada fungsi atau ataupun berbagai kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi – aplikasi di atas. Kamu bisa mengetahuinya lewat artikel terkait “7 Aplikasi Terbaik Untuk Menghemat Baterai“.

Menghemat Baterai Android Tanpa Menggunakan Aplikasi

Dan untuk selanjutnya, tentang cara menghemat baterai tanpa menggunakan aplikasi. Berikut ini cara-caranya :

Menghemat Baterai Handphone Andorid

  1. Turunkan Tingkat Kecerahan (Brightness)

Ini bisa menjadi pangkal masalah utama yang bisa membuat baterai handphonemu boros abis. Kecerahan dari sebuah layar smartphone biasanya akan menentukan tingkat kenyamanan dalam melihat tampilan di dalam layar. Namun sebenarnya, tingkat kecerahan itu pun tentunya dapat mempengaruhi besarnya daya baterai yang akan digunakan.

Karena semakin tinggi tingkat kecerahan pada layar, tentunya akan pula membuat daya baterai semakin cepat terhisap. Untuk itulah pengguna tentunya harus dapat menyesuaikan tingkat kecerahan sesuai dengan kondisi yang terjadi. Pula sebaiknya tidak usah terlalu menggunakan kecerahan otomatis karena tentunya akan menggunakan sensor cahaya yang lebih menguras baterai pada umumnya.

  1. Kurangi Penggunakan Live Wallpaper

Hal kedua yang tentunya dapat menguras kandas baterai handphone lebih cepat yakni dengan cara kamu memasang live wallpaper di handphone yang kamu miliki. Dan secara tidak sadar, live wallpaper tersebut justru malah menjadi kendala bagi kamu tanpa dapat kamu sadari.

Karena meski selama ini kita terkadang melihat jika tampilan live wallpaper itu akan membuat tampilan smartphone kamu lebih hidup dan menarik, tapi ya gitu deh…. Ujung – ujungnya akan berimbas besar terutama pada daya tahan baterai kamu.

  1. Cek, Kalau Pertu Stop Aplikasi yang Paling Boros Baterai

Seperti yang kita ketahui, pada dasarnya smartphone ini telah dibekali dengan berbagai aplikasi – aplikasi, baik itu berupa aplikasi bawaan dari sistem maupun dari aplikasi yang pengguna pasang (install) sendiri. Dan tidak bisa dipungkiri, jika aplikasi – plikasi tersebut tentunya akan bisa menyedot baterai jika digunakan secara berkala, alias terus – menerus.

Maka oleh karena itulah, kamu harus sering – sering cek aplikasi apa saja yang ada di handphone kamu yang menurutmu paling banyak menguras baterai, tepatnya pada masing-masing pengaturan ponsel. Dalam ponsel Android, pengguna bisa mengecek hal demikian dengan cara:

– pilih “Settings“,

– selanjutnya masuk ke menu “Baterry & performance

– dan pilih “Power usage“.

  1. Gunakan Aplikasi Ponsel yang Bebas Iklan

Di dalam berbagai aplikasi, memang kebanyakan ada yang gratis selain itu ada juga yang berbayar. Dan biasanya, aplikasi yang biasanya dipasang secara gratis umumnya telah dibekali oleh sistem ads, yang mana berguna untuk menampilkan iklan di dalam antarmuka aplikasi tersebut.

Dan untuk menampilkan iklan, ponsel pun tentunya akan membutuhkan daya yang cukup  ekstra, seperti halnya penggunaan data, sampai pada baterai yang juga ekstra.

Untuk itulah, kamu semua mesti menggunakan aplikasi yang bebas iklan atau aplikasi berbayar. Yang mana akan sangat berguna untuk menghindari iklan yang mungkin saja dapat mengganggu bahkan lebih parahnya menguras kandas baterai ponsel.

  1. Pandai – pandai Memilih Saat Install Aplikasi

Dalam situasi seperti ini, seyogyanya kamu harus pandai-pandai memperhatikan bahkan harus sangat hati-hati sekali akan berbagai aplikasi yang hendak kamu instal. Baca baik-baik terlebih dahulu tentang akses apa saja yang nantinya dibutuhkan oleh suatu aplikasi di smartphone kamu itu.

Karena tentunya pula, beberapa aplikasi memang telah dibuat yakni untuk membuat baterai smartphone kamu cepat habis. Semua itu terjadi akibat karena secara terus-menerus  melakukan ping lokasi di dalam sistem android kamu.

  1. Disable Aplikasi Bawaan yang Tidak Digunakan

Jika kita tahu kebenaran yang sebenarnya, memang banyak sekali vendor yang seringkali menyematkan banyak bloatware pada smartphone – smartphone besutan nya. Mungkin pengecualian nya hanya untuk jajaran HP Android One yang telah menggunakan sistem operasi murni, ya Gaes….!

Dan untuk lebih menghemat baterai Android kamu, kamu mungkin bisa mencoba hal berikut ini:

 – masuk ke “Settings”,

– masuk ke pengaturan “Aplikasi dan Notifikasi

– pilih “Aplikasi”,

– terakhir klik “Disable”.

  1. Gunakan Mode Gelap (Dark Mode)

Seperti yang telah kita tahu pula, jika fitur Dark Mode atau mode gelap dengan tampilan visual serba gelapnya ini tentunya telah menjadi tren baru di seputar aplikasi Ponsel Android bahkan juga iOS saat ini.

Dan selain akan nyaman di mata, para pengguna juga akan mendapatkan keuntungan tersendiri dari adanya mode gelap ini. Dan keuntungan yang di dapat tersebut yakni menghemat baterai handphone.

Cara mengaktifkan mode gelap yakni dengan cara berikut :

– masuk ke Settings,

– pilih tampilan,

– selanjutnya pilih mode gelap.

Dan, itulah tentang berbagai cara untuk menghemat baterai Android kamu agar tetap awet dan terjaga. Sehingga tidak perlu lagi yang namanya bawa – bawa powerbank karena harus mengisi daya handphone satu hari sampai dengan 3 atau 5 kali, hehe. Terimakasih.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments