RAM iOS Tak Seberar RAM Android! Why?

Anakkost.tv – Sadar atau gak sadar ternyata memori yang digunakan pada Android lebih besar ketimbang yang digunakan pada iOS. Apalagi yang kita ketahui sekarang dengan harga di bawah 2 juta untuk smartphone android sudah bisa mendapatkan spesifikasi memori dengan RAM 4 Giga dan ROM 64 Giga, apalagi yang di atas 2 jutaan!

Tapi kamu tahu tidak kalau smartphone iOS mempunyai RAM yang kecil walau harganya mahal. Contohnya saja iPhone 12, tahu sendiri kan harganya berapa dan cukup menguras isi kantong bahkan aku sendiri belum sanggup untuk membelinya, hehe. iPhone 12 ternyata hanya memiliki memori dengan RAM 4 sampai 6 giga saja. Mungkin kalau type android dengan harga segituh sudah terdapat 16 giga lebih untuk RAM.

Perbandingan Penggunaaan RAM di Android dan iOS

Ternyata smartphone iOS walaupun hanya memiliki RAM yang kecil tetap sebanding dengan Android dengan RAM besar, mengapa demikian? Hal ini terjadi karena berbedanya manajemen memori yang terjadi pada android dan iOS.

Penggunaan RAM Pada Android

Di smartphone android sendiri menggunakan virtual machine yang berbasis pemograman java, hal ini dilakukan agar bisa berjalan di berbagai perangkat android yang mempunyai spesifikasi hardware yang berbeda.  Karena harus menangani kode java yang originalnya, maka membutuhkan memori dan sumber daya yang cukup besar hal ini juga berpengaruh pada kapasitas baterai android yang sekarang rata – rata sudah di atas 4000 mAh.

Sehingga tidak heran jika pihak android selalu menanamkan kapasitas RAM yang besar, agar bisa memastikan perangkat yang dibuatnya bisa berjalan dengan lanacar tanpa kendala. Hal ini disebabkan juga oleh proses manajemen memori.

Penggunaan RAM Pada iOS

Sedangkan untuk penggunaan RAM pada iOS kenapa tidak terlalu besar? Ternyata iOS sendiri tidak mengalami apa yang di alami oleh Android dimana pada android bermasalah pada manajemen memori. Karena sejak awal sistem operasi iOS dengan berbagai aplikasinya ditulis dan di kompliasi secara native dengan menggunakan pemrograman  swift kalau dulu dinamanakan dengan Objective-C.

Sehingga perangkat iOS tidak lagi memerlukan virtual machine karena kode native sudah mengeksekusinya secara langsung. Hal ini juga di sebabkan, karena iOS hanya dirancang untuk pengguna Aplle saja sehingga tidak harus mengakomodir berbagai macam perangkat lainnya hanya untuk konfigurasi hardware yang berbeda – beda seperti halnya pada smartphone android.

Proses Manajemen Memori di Android dan iOS

Perlu kamu ketahui juga kalau proses manajemen memori di android dan iOS memang berbeda. Di Android sendiri manajemen memori dilakukan oleh sistem operasi sedangkan di iOS ditangani oleh aplikasi. Selain itu ternyata yang membuat penggunaan RAM menjadi lebih banyak terdapat pada aplikasi – aplikasi yang berjalan di latar belakang seperti aplikasi pesan atau aplikasi yang bisa memunculkan notifikasi.

Nah itulah sekilas tentang perbedaan mengapa RAM yang diguankan pada syistem operasi Android dan iOS berbeda dan android lebih besar sedangkan iOS terbilang kecil. Sekarang karena sudah tahu jadi bisa tidur dengan nyenyak, hehe. Terimakasih.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments