Cara Membuat Konten Keren Dengan Menggunakan Smartphone

Anakkost.tv – Banyak orang yang mencoba peruntungannya di dunia youtube, namun tidak semua orang beruntung bisa memulainya dengan menggunakan alat – alat yang canggih atau langsung dengan menggunakan kamera yang memang cocok untuk di gunakan membuat konten youtube. sehingga diantara mereka memulai dengan fasilitas seadanya.

Cara Membuat Konten Keren Dengan Menggunakan Smartphone

Diantaranya dengan menggunakan kamera smartphone, karena pada dasarnya di zaman sekarang ini hampir semua orang sudah memiliki handphone yang berkamera bahkan kualitas kameranya sendiri sudah sangat bagus. Namun sayang beribu sayang, banyak yang kurang mengetahui tentang bagaimana cara membuat konten yang bagus dan keren dengan hanya menggunakan smartphone, baik itu dalam segi pengambilan gambar bahkan bisa sampai editing sekaligus dalam smartphone tersebut.

Untuk itu di artikel kali ini aku akan coba membahas mengenai bagaimana cara membuat konten atau pengambilan gambar dengan menggunakan smartphone berikut juga dengan editing yang bisa dilakukan dengan smartphone.

Contents

Langkah – langkah Membuat Konten Keren dengan Smartphone

Pengaturan Manual Kamera Smartphone

Memang dalam setiap smartphone yang berkualitas tentunya juga memiliki kualitas kamera yang berkualitas pula. Namun tentunya smartphone tersebut memiliki setelan otomatis yang membuat penggunanya tidak usah ribet membuat setelan manual. Akan tetapi sebenarnya, kamu lebih bagus menggunakan setelan manual karena bisa disesuaikan dengan keinginan dan kondisi saat itu.

Tips Menggunakan Setelan Manual Kamera Smartphone

  1. Langkah pertama kamu harus menonaktifkan terlebih dahulu mode otomatis yang ada dan cobalah membuat pengaturan sendiri dan sesuaikan dengan kebutuhan rekaman video yang kamu inginkan. Mulai dari mengatur pencahayaan, fokus dan yang lainnya.
  2. Agar hasil yang didapatkan terlihat lebih tajam, maka bisa kamu atur kedalam fokus dan eksposur, kemudian kamu kunci agar kecerahan dan ketajaman yang sudah kamu atur tidak akan berubah kembali ketika sedang mengambil gambar atau video.

Pengaturan Pencahayaan yang Tepat

Jika kamu ingi menggunakan kamera smartphone maka biasanya kita memerlukan pencahayaan yang cukup banyak. Berbeda dengan kamera khusus pada umumnya, sehingga kamu perlu mengatur dan memaksimalkan pencahayaan yang ada di smartphone dan tempat kamu berada. Sebenarnya dalam pencahayaan sendiri terdapat dua cara, yaitu pencahayaan secara alami dan pencahayaan dengan menggunakan lampu

Pencahayaan Secara Alami

  • Pencahayaan secara alami bisa kamu lakukan baik didalam ruangan ataupun diluar, namun akan lebih maksimal jika kamu lakukan di luar ruangan.
  • Agar pencahayaan yang didapatkan merata dan lembut maka cobalah kamu ambil gambar terlebih dahulu saat cuaca sedang mendung, karena hasilnya akan terlihat lebih mendetail dan pastinya bagus.
  • Namun ketika cuaca di luar sedang cerah, maka kamu ambil gambar di bawah sebuah bayangan karena jika langsung ketajaman gambarnya tidak akan nampak, begitu juga jika berada di bawah bayangan gelap.

Pencahayaan dengan Lampu

  • Biasanya memang dilakukan dalam ruangan karena tidak terlalu banyak memiliki pencahayaan dan kamu juga harus kembali mengatur pencahayaan yang ada pada kamera karena jika terlalu tinggi biasanya akan muncul noise yang akan merusak kualitas gambar itu sendiri.
  • Hati – hati, pencahayaan yang digunakan saat menggunakan kamera khusus dan kamera smartphone akan berbeda, jadi jangan di sama ratakan.

Pengaturan Pada Suara

ketika kamera sudah siap merekam gambar, kamu juga jangan sampai melupakan rekaman suaranya. Karena kamera smartphone jika merekam dengan jarak jauh biasanya tidak dapat merekam suara dengan jelas. Akan terasa kurang lengkap, jika kualitas gambar bagus namun suaranya tidak jelas. Jika kualitas suara yang dihasilkan juga bagus, maka akan mendukung kualitas gambar yang dihasilkan.

Tips Membuat Kualitas Suara Bagus

  • Seperti yang sudah aku bilang sebelumnya, dimana jika kamu menggunakan kamera smartphone dan ingin menghasilkan suara yang bagus maka tempatkan smartphone dengan objek lebih dekat.
  • Tapi jika objek yang di ambil luas maka kamu juga bisa menambahkan perangkat tambahan berupa microphone agar suara yang dihasilkan tetap jelas.
  • Dan kamu juga harus tahu, kalau microphone smartphone sangat sensitif dengan suara, begitu juga dengan suara seperti angin. Jangan sampai kamu habis – habisan mengedit suara dari noise yang ada.

Editing Video di Smartphone

Sekarang sudah banyak aplikasi editing video yang bisa kamu manfaatkan pada smartphone, baik itu yang berbayar atau gratis sekalipun. Jika kamu ingin tahu lebih aplikasi apa saja yang cocok buat editing video di smartphone bisa kamu simak DISINI.

Terakhir kamu harus bisa memanfaatkan semaksimal mungkin apa yang ada pada smartphone kamu, karena setiap smartphone memiliki kualitas yang berbeda, baik dalam perekaman video atau suara bahkan aplikasi yang suport dengan smartphone yang kamu gunakan.

Jangan lupa gunakan tongsis atau tripod dalam mengambil gambar, karena jika menggunakan tangan langsung, goyangan nya akan terasa. Apalagi stabilizer yang ada pada smartphone kurang begitu baik kalau yang aku rasakan. Bisa juga kamu tambahkan lensa yang memang di desain khusus untuk smartphone. Sekarang sudah banyak dan bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Nah, itulah tips atau cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat sebuah konten youtube yang bagus dan keren, bahkan sekarang di aplikasi youtube yang dapat kamu download dengan menggunakan smartphone sudah terdapat fitur live streaming, sehingga tidak usah repot – repot membuka laptop atau PC yang kadang kalau lagi bepergian ribet untuk dibawanya, hehe. Terimakasih.

data-ad-client="ca-pub-2617427438224044" data-ad-slot="4082072217">

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar