Macam-macam Shot Pengambilan Gambar dalam Video atau Film

Anakkost.tv – Hallo sahabat anakkost, pada artikel kali ini aku akan membahas tentang beberapa macam shot pengambilan gambar dalam sebuah video atau film yang tentunya sangat bermanfaat apalagi bagi kalian yang baru ingin belajar membuat sebuah karya film agar enak untuk dilihat dan tentunya terlihat lebih profesional. Dalam pengambilan gambar sendiri biasanya menjadi tanggung jawab departemen kamera yang memang sudah ditugaskan dalam mengambil gambar yang baik sehingga menghasilkan video atau film yang berkualitas.

screenshot_3

Seperti yang aku bilang di atas bahwa ada beberapa macam tipe shot yang wajib kalian ketahui agar tidak salah penggunaanya dan tepat dalam mengambil gambar. Untuk lebih jelasnya akan aku sebutin dibawah.

Baca Juga Pahami Fungsi dan Pengertian Naskah Skenario Film

Macam-macam Shot Pengambilan Gambar dalam Video atau Film

  1. Wide Shot

Merupakan pengambilan gambar yang dilakukan dengan mengambil subjek dengan jelas atau bisa juga juga ditambahkan sedikit di bagian kaki dan kepala agar lebih nyaman untuk dilihat.

  1. Very Wide Shot

Merupakan pengambilan gambar yang dilakukan secara luas sehingga dapat mengambil beberapa subjek dalam sebuah frame.

  1. Extreme Wide Shot

Merupakan pengambilan gambar yang dilakukan secara luas melebihi VWS yang telah disebutin di atas. Untuk tipe shot ini biasanya digunakan untuk membangun suasana dalam sebuah adegan.

  1. Mid Shot

Merupakan pengambilan gambar yang dilakukan untuk menunjukan beberapa bagian dari subjek secara lebih rinci, jika kita ambil subjeknya manusia maka yang di ambil hanya pinggang ke atas. Gambar ini biasanya diambil sebelum kamera benar – benar mendekati objek untuk lebih jelas lagi.

  1. Medium Close Up

Merupakan pengambilan gambar yang dilakukan hanya menunjukan wajah dari subjek yang di ambil dengan ukuran lebih sempit dari MS (dada sampai kepala).

  1. Close Up

Merupakan pengambilan gambar yang dilakukan supaya emosional subjek lebih jelas dan biasanya lebih ke muka (bagian kepala). Lebih jelas lagi dari MCU.

  1. Extreme Close Up

Merupakan pengambilan gambar yang dilakukan untuk menampilakn lebih detail lagi objek yang diambil, misalnya bibir, mata, telinga atau yang lainnya.

  1. Cut In

Merupakan pengambilan gambar yang nyambung dengan CU dimana ini merupakan pengambilan subjek lain agar emosional yang terjadi bisa lebih jelas, misalnya pada gerakan tangan atau kaki.

  1. Cut Away

Merupakan pengambilan gambar yang dilakukan untuk membangun situasi subjek yang berbeda. Misalnya mobil, motor atau properti yang lainnya jadi situasi atau suasana dalam pengambilan yang diangkat akan terlihat lebih jelas.

  1. Two Shot

Merupakan pengambilan gambar yang dilakukan untuk menghubungkan 1 subjek dengan subjek lainnya. Misal dalam 1 frame terdapat 2 orang manusia yang saling berinteraksi.

  1. Noddy Shot

Merupakan pengambilan gambar yang dilakukan untuk menangkap respon atau reaksi secara tidak sengaja. Misalnya dalam kegiatan rapat atau wawancara.

  1. Over the Shoulder Shot

Merupakan pengambilan gambar yang dilakukan untuk 2 subjek secara bersamaan namun yang lebih diperjelas hanya 1 subjek. Biasanya pengambilan gambar ini pada percakapan 2 orang yang dilakukan secara bergantian sehingga visual yang didapat terlihat lebih dinamis.

  1. Poin of View Shot

Merupakan pengambilan gambar yang dilakukan untuk menunjukan sudut pandang subjek, jadi kamera dianggap sebagai mata subjek.

  1. Weather Shot

Merupakan pengambilan gambar yang dilakukan untuk menjelaskan cuaca yang sedang terjadi.

Nah, itulah macam – macam shot pengambilan gambar dalam sebuah film atau video yang bisa kalian pelajari, jadi kita bisa mengambil angel gambar yang pas untuk menghasilkan kualitas yang maksimal dengan shot yang pas pula.  Jika masih ada yang bingung atau perlu bantuan, bisa langsung kalian isi kolom komentar dibawah, Terimakasih.

data-ad-client="ca-pub-2617427438224044" data-ad-slot="4082072217">

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar