Lebih Baik Green Scren atau Blue Screen? Untuk Mengganti Latar Video!

Anakkost.tv – Jika kamu telah banyak mendalami tentang macam – macam visual efek, tentu kamu pun pernah pula mendengar apa itu yang dimaksud Green screen atau pun Blue Screen  Dimana kita dapat menciptakan sebuah obyek terhadap virtual background atau latar belakang penuh manipulasi animasi digital.

Lantas manakah yang terbaik, di antara Green screen dan Blue Screen ini? Jawaban lengkapnya tentu akan kita bahas secara bersama-sama di sini.

Kegunaan Green Screen dan Blue Screen

Baik kegunaan Green Screen maupun Blue Screen sebenarnya sama saja, yakni untuk memanipulasi atau mengubah – ubah latar belakang video dengan objek utama. Dan dengan menggunakan layar hijau maupun juga layar biru ini, kamu tentunya dapat dengan mudah memindahkan objek utama ke area – area yang kamu sendiri inginkan.

Sekedar contoh kamu bisa melihat adegan – adegan shooting di film – film Hollywood.

Lebih Baik Green atau Blue

Lebih Baik Green Scren atau Blue Screen

Karena fungsinya memang sama persis, tentunya akan bingung jika kita memilih mana yang terbaik antara Green Screen atau pun Blue Screen dalam membuat latar video. Sebenarnya untuk latar video memang tak selalu menggunakan warna latar hijau dan biru saja. Merah, kuning, bahkan semua warna sebenarnya bisa untuk digunakan.

Namun di sini kenapa lebih identik dengan warna hijau dan biru, karena kedua warna tersebut memang memiliki tingkat perbedaan yang sangat tinggi. Atau sebut saja lebih dominan. Misalnya dengan warna yang ada dalam tubuh manusia, seperti kulit bahkan pula rambut.

Lantas kenapa warna hijau justru lebih banyak di gunakan. Misal saat shooting film Avatar, Thor Ragnarok, Wonder women, dan lain sebagainya.?

Nah, mengenai jawabannya ada di penjelasan sub judul berikutnya. Kita cek saja langsung.

Alasan Kenapa Harus Green atau Blue

Kenapa warna hijau paling sering digunakan dibandingkan warna lainnya? Sebab sensor penerima gambar di kamera video digital tentunya akan paling sensitif dengan warna-warna berlatar hijau. Hal ini juga tentunya sesuai dengan Bayer Pattern, yang mengalokasikan lebih banyak piksel ke saluran hijau.

Meniru sensitifitas mata manusia yang meningkat terhadap cahaya hijau. Oleh itulah, saluran kamera hijau mengalami lebih sedikit gangguan dan mampu memproduksi key paling jernih.

Selain itu, lebih sedikit pula cahaya yang dibutuhkan untuk menyinari warna hijau. Itu semua dikarenakan sensitifitas warna hijau terhadap sensor gambar tentunya lebih tinggi. Warna hijau terang tentunya juga lebih di favoritkan, sebab latar belakang biru bisa jadi menyerupai warna mata atau pakaian subjek.

Dan itulah sekilas perbandingan antara latar video green screen dengan Blue screen. Bila ada yang mempunyai saran lain, bisa tulis di komentar bawah. Ok, sampai bertemu kembali di sesi berikutnya. Terimakasih.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of