Konten Video yang Tidak Boleh Upload di Youtube

Anakkost.tv – Jika kita berbicara tentang konten video youtube pastinya sangat banyak sekali, mulai dari konten video anak, remaja, dewasa sampai orang tua juga ada. Namun dibalik semua itu ada pedoman yang wajib kamu ketahui, agar tidak tersangkut dalam masalah terlebih – lebih nantinya berhubungan dengan pihak yang berwajib.

Untuk itu kamu harus memperhatikan video yang akan kamu upload, jangan sampai merugikan orang lain apalagi mengandung kebencian yang akhirnya banyak orang membenci kamu. Jika memang kamu tidak ingin kena masalah dan terhindar dari masalah, maka perhatikan dengan baik dan benar beberapa aturan umum yang telah di tetapkan oleh youtube perihal konten video yang kamu upload.

KONTEN VIDEO YANG DILARANG

Jangan Mengupload Konten – konten Video Dibawah Ini

  1. Konten Video Seksual

Ingat kalau youtube diakses oleh semua kalangan termasuk anak – anak, bahkan sekarang banyak anak kecil yang sudah kecanduan dengan video youtube. jadi jangan sampai mereka menemukan hal – hal yang berbau seksual karena itu akan merusak pola pikirnya kedepan. Sekalipun isi video tersebut adalah kamu sendiri, adapun batas kewajaran atau yang diizinkan dalam pembuat konten video yang masih berhubungan dengan seksual.

Adapun konten seksual yang dapat diizinkan dimana hal tersebut berisi tentang pendidikan, karya ilmiah atau dokumenter. Akan tetapi tetap dalam batas kewajaran serta adanya pembatasan usia dalam video tersebut. Begitu-pun dengan judul, tag, serta deskripsi video tersebut jangan mengandung konten seksual.

  1. Konten Video Berbahaya

Berbahaya disini seperti halnya kamu membuat sebuah video challenge yang bisa mengakibatkan luka parah bahkan mungkin kematian. Karena itu dapat merugikan orang yang melakukannya serta kamu sebagai pembuat video tersebut pastinya akan dituntut pertanggungjawabannya. Apalagi sekarang sedang ramai memperbincangkan tentang pengeboman dan kamu membuat tutorial pembuatan atau cara merakit sebuah bom. Itu sama saja bunuh diri dan berbahaya tentunya. Jika pun ada video yang terbilang berbahaya dalam batas wajar maka akan dikenakan batasan usia.

Hal itu juga dengan alasan pendidikan, dokumenter dan karya ilmiah, namun jika dalam video tersebut ada adegan yang tidak ada hubungannya dengan hal tersebut maka itu sudah termasuk pelanggaran. Intinya jangan membuat sebuah konten video yang berbahaya termasuk juga menghasut agar orang yang menonton melakukan adegan tersebut.

  1. Konten Video Kebencian

Hati – hati, jangan pernah membuat sebuah video yang mengundang kebencian. Baik itu pribadi maupun kelompok apalagi luas. Memang kita mempunyai hak kebebasan berpendapat dan berbicara, namun tetap dalam batas kewajaran. Jangan sampai membuat sebuah ujaran kebencian apalagi terhadap ras dan agama. Bukan hanya itu saja melainkan juga terhadap usia, jenis kelamin, status, disabilitas dan lain sebagainya. Kita boleh mengkritik namun jangan sampai mengundang kebencian terhadap apa yang sedang kamu kritik.

  1. Konten Video Kekerasan

Konten video kekerasan juga sangat berbahaya, bahkan kamu juga pastinya sempat melihat video – video anak sekolahan yang saling pukul dan teman – temannya hanya diam menyaksikan bahkan di video. Padahal itu hal yang dilarang dan hal yang bukan untuk ditiru. Bukan hanya itu saja, melainkan juga ada orang tua yang melakukan anaknya seperti boneka, di lempar kesana kemari. Bukan hanya kekerasan mungkin juga bisa menjadi ujaran kebencian terhadap orang yang melakukannya. Padahal yang mengupload video tersebut bukan siapa – siapa-nya orang tersebut.

Itulah 4 konten video youtube yang sama sekali tidak boleh kamu buat, kamu rekam dan upload ke youtube. Jika-pun dalam youtube kamu telah menemukan video dengan konten – konten seperti diatas, maka kamu bisa melaporkan-nya. Bukan hanya video melainkan juga dalam bentuk thumbnail, judul, deskripsi, komentar dan mungkin channel-nya yang kamu laporkan karena semua konten video-nya tidak patuh pada pedoman youtube.

Cara Melaporkan Konten yang Tidak Pantas

Adapun cara yang bisa kamu lakukan untuk melaporkan konten – konten video yang tidak pantas. Namun disini aku akan menggunakan PC/ Laptop agar lebih mudah, akan tetapi kamu juga bisa melakukannya dengan menggunakan smartphone.

  1. Cara Melaporkan Video

  • Login terlebih dahulu menggunakan akun cahnnel youtube kamu
  • Cari dan pilih salah satu video yang menurut kamu tidak layak untuk ditampilkan dan mengandung salah satu dari 4 konten yang dilarang diatas.
  • Kemudian klik “Lainnya” pada bagian bawah video dan kemudian pilih “Laporkan
caramelaporkan vide
gambar hanya ilustrasi
  • Disana tinggal kamu pilih alasan mengapa video tersebut dilaporkan dan jangan lupa klik “Kirim” setelah menandai-nya.
cara melaporkan video
gambar hanya ilustrasi
  1. Cara Melaporkan Thumbnail

  • Login terlebih dahulu menggunakan akun cahnnel youtube kamu
  • Kemudian kamu pilih salah satu video yang menurut kamu menyesatkan dan klik titik tiga . . . yang ada di pojok kanan video dan pilih “Laporkan
cara melaporkan thumbnail
gambar hanya ilustrasi
  • Setelah itu akan muncul notif dimana kamu bisa memilih kenapa thumbnail pada video tersebut dilaporkan dan jangan lupa klik “Laporkan
cara melaporkan thumbnail
gambar hanya ilustrasi
  1. Cara Melaporkan Channel

  • Login terlebih dahulu menggunakan akun cahnnel youtube kamu
  • Kamu buka terlebih dahulu halaman channel youtube yang ingin dilaporkan dan kemudian klik tentang
cara melaporkan channel
gambar hanya ilustrasi
  • Kemudian kamu pilih icon bendera yang ada di samping kirim pesan dan tentukan pilihan kamu kenapa channel tersebut harus dimusnahkan dari peradaban youtube

Begitu juga dengan komentar, pesan langsung yang sama – sama dapat kamu laporkan jika itu termasuk pelanggaran atau spam. Tapi jangan sampai menyalahgunakan fitur yang ada dimana kamu mempunyai dendam dengan youtuber lain sehingga terus dan terus melaporkan channel, video, thumbnail dan lainnya padahal channel tersebut tidak melakukan pelanggaran pedoman youtube. Terimakasih.

data-ad-client="ca-pub-2617427438224044" data-ad-slot="4082072217">

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar