Tahukan Kamu, Tentang Kelebihan dan Kekurangan Dark Mode Pada WhatsApp? Begini Ternyata

Anakkost.tv – Mode Gelap atau pun Dark Mode kini memang telah bisa digunakan di WhatsApp. Di mana dengan menggunakan fitur terbaru ini. Sosial media favorit kamu pun tentunya akan menjadi terlihat lebih keren dan elegan.

Bahkan boleh dikatakan, jika mode gelap WhatsApp ini memang menjadi fitur yang paling dinanti, tepatnya pada setahun belakangan ini.

Namun ngomong-ngomong soal dark Mode di WhatsApp, apakah kamu sudah tahu, terkait kelebihan sekaligus pula kekurangannya.

Jika belum, kamu bisa menyimak artikel ini hingga benar-benar tuntas.

Contents

Kelebihan dan Kekurangan Dark Mode di WhatsApp

Layanan pesan instan WhatsApp telah resmi meluncurkan fitur dark mode untuk semua pengguna Android bahkan iOS. Meski dikatakan demikian, dark mode WhatsApp ini ternyata tidak sepenuhnya menggunakan warna hitam, tetapi justru warna abu-abu gelap.

Kenapa demikian?

Semua itu bukan lain seperti yang diungkapkan oleh perusahaan yang diakuisisi Facebook ini, di mana turut pula mengatakan apabila penggunaan warna hitam pekat dan putih ternyata dinilai bisa menyebabkan kelelahan pada otot mata.

Kelebihan Dark Mode (Mode Gelap) WhatsApp

Mungkin sedari tadi kamu menunggu-nunggu tentang kelebihan dan kekurangan mode gelap di WhatsApp ini. Dan berikut, adalah kel bahan dari mode gelap WhatsApp :

  1. Mode Gelap Sangat Menunjang di Lingkungan yang Kurang Intensitas Cahaya

Benar sekaki! Ketika pengguna sedang berbaring di tempat tidur atau pun bisa dikatakan sambil membaca sesuatu yang ada di ponsel mereka, tentunya akan jauh lebih baik untuk membaca teks putih dengan latar belakang hitam dibanding wajah penggunanya yang diterangi oleh cahaya yang putih terang.

  1. Baterai Lebih Tahan Lama

Ini mungkin bisa jadi kelebihan utama.  Atau katakan saja yang menjadi kelebihan dari pada dark mode yang bukan hanya di WhatsApp aja tentunya.

Yakni penggunaan dark mode ini diyakini bisa membuat baterai ponsel mampu bertahan lama, khususnya bagi ponsel dengan layar OLED.

OLED sendiri merupakan akronim dari organic light-emitting didode. Di mana dalam dioda organik tersebut, dikatakan terdapat lapisan tipis yang dapat memancarkan cahayanya dengan sendirinya.

Pada layar OLED ini, piksel nantinya akan mati jika layar menampilkan warna hitam. Sehingga ketika pengguna mengaktifkan mode gelap, baterai pun akan jadi lebih hemat.

Bahkan hal itu sangat berpengaruh, terutamanya untuk ponsel terkini seperti pada iPhone X, XS, serta versi terbaru, Samsung Galaxy seri S, bahkan ada juga Google Pixel yang merupakan salah satu contoj ponsel yang telah menggunakan layar berbasis OLED.

  1. Sangat Cocok untuk Penderita Fotofobia

Nah, Fotofobia sendiri adalah suatu rasa takut abnormal pada suatu cahaya. Kondisi ini bisa menyebabkan mata menjadi sakit bahkan pada kondisi cahaya yang relatif rendah sekalipun sekaligus akan bisa memicu migrain.

Dan mode gelap ini, tentunya bisa meminimalisir gangguan tersebut.

Kekurangan Dark Mode WhatsApp

Nah, di balik kelebihan, tentunya selalu ada yang menjadi kekurangan. Sama halnya seperti dark mode di WhatsApp. Di mana apalikasi sosial media terbaik ini pun tentunya tidak bisa menampik terkait adanya hal tersebut (kekurangan).

Ini dia yang jadi kekurangannya:

  1. Tidak Semua Orang Bisa Menggunakan Mode Gelap Whatsapp

Dan ini sudah menjadi kenyatabnya.  Jika ternyata tidak orang akan merasa nyaman menggunakan mode gelap.

Semua itu memang bukan lain, apabila mode gelap ini memang tidaklah cocok bagi mereka yang mengharuskan untuk membaca cepat, mengoreksi tulisan, sekaligus memiliki mata silinder.

Bahkan hal ini turut diungkapkan pula salah sebuah riset dari Universitas Passau, seperti yang dilansir situs UX Design, riset menyebutkan bahwa pembaca akan membaca teks lebih cepat ketika menggunakan latar dengan warna putih. Karena dengan latar ini, mereka juga dapat mendeteksi kesalahan penulisan secara lebih cepat.

Jadi itulah, Guys! Tentang kelebihan dan kekurangan Dark Mode di WhatsApp. Semoga bermanfaat.

Thank you!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of