Kebijakan Baru Youtube Terkait Judul, Deskripsi dan Kata Kunci di Video Youtube

Anakkost.tv – Kamu pasti pernah ngalamin dimana saat kamu mengupload video ke youtube tapi video tersebut tidak dapat di monetisasi atau dollar nya berwarna kuning alias mempunyai batasan untuk pengiklan. Padahal dalam video tersebut tidak terdapat audio yang mempunyai hak cipta, dimana hal tersebut merupakan faktor utama yang bisa mengakibatkan hal tersebut.

Disini kamu di wajibkan untuk memperhatikan apa yang kamu tulis di untuk video tersebut. Mulai dari penulisan judul video, deskripsi video serta kata kunci dari video yang kamu buat. Disana kamu harus betul – betul memperhatikannya dan jangan sampai melanggar kebijakan yang telah diterapkan oleh youtube agar video kamu tetap aman dengan monetisasi berwarna hijau.

8 Hal yang Bisa Mempengaruhi Video kamu Khususnya Buat Pengiklan

Adapun hal – hal yang harus kamu perhatikan dalam membuat nama judul video, pengisian deskripsi serta kata kunci yang kamu terapkan agar sesuai dengan pengiklan serta tidak ketinggalan tulisan atau kata – kata yang terdapat pada thumbnail dan kata – kata yang kamu keluarkan di dalam video tersebut. Untuk lebih lengkapnya bisa langsung kamu simak di bawah ini.

  1. Penggunaan Bahasa

Dimana kamu harus bisa memilih dan memilah bahasa yang digunakan. Untuk penggunaan kata – kata kasar sendiri terdapat 2 tarap. Mulai dari bertarap ringan seperti kata Sialan atau Persetan kemudian tarap berat seperti penyebutan nama kelamin. Terlebih untuk musik yang ada dalam video tersebut dan mempunyai hak cipta.

  1. Konten Video Khusus Dewasa

Disini kamu juga tidak disarankan untuk membuat video khusus untuk dewasa seperti adegan ciuman, memperlihatkan belahan di bagian dada baik itu di sensor atau tidak bahkan yang tujuannya untuk pendidikan juga tidak diperbolehkan bahkan termasuk hanya membicarakan tentang hubungan yang menjurus pada seksual karena kita tahu penonton youtube bukan hanya orang dewasa. Walaupun sudah disediakan khusus anak – anak tapi siapa yang bisa menjamin hal tersebut.

  1. Konten Kekerasan

Baik itu hanya berisi video kekerasan ringan seperti halnya menunjukan darah apalagi di dramatisir baik itu dalam kehidupan nyata atau dalam game sekalipun. Apalagi video yang sengaja dibuat baik itu hanya lelucon yang dilakukan pada manusia dan juga binatang sekalipun. Tidak ketinggalan video kekerasan terhadap anak dibawah umur atau kekerasan terhadap binatang seperti yang kemarin viral tentang kucing yang mati di injak dengan sengaja serta yang lainnya.

  1. Tindakan Yang Merugikan Serta Berbahaya

Disini mungkin maksudnya seperti video – video yang menantang adrenalin seseorang seperti halnya adegan berbahaya atau adegan – adegan yang mempunyai resiko kecelakaan cukup tinggi. Bisa juga berupa tantangan yang tidak lajim dilakukan, seperti yang pernah dilakukan erico lim yang pastinya kamu semua juga pada tahu dan cukup menjijikan karena itu tidak layak untuk di konsumsi.

  1. Konten Yang Terkait dengan Narkoba

Baik itu penjelasan atau pernyataan bahkan hanya sekedar humor yang berkaitan dengan narkoba atau alat konsumsi narkoba sekalipun tidak disarankan untuk dijadikan konten dan lebihnya tidak untuk di monetisasi. Apalagi konten yang menampilkan pembelian serta cara mengkonsumsi narkoba itu sendiri. Karena bukan hanya melanggar kebijakan monetisasi youtube tapi juga menjadi buronan polisi.

  1. Konten Yang Mengandung Kebencian

Disini kamu tidak disarankan untuk membuat konten youtube yang kemungkinan menghina atau memojokkan kelompok tertentu. Seperti halnya konten video ferdian paleka yang sempat viral kemarin – kemarin yang akhirnya youtuber tersebut masuk penjara. Apalagi konten yang mengandung kebencian terhadap ras, suku, usia dan karakteristik lainnya. Baik itu secara sengaja atau tidak sengaja bahkan yang termasuk dalam video berita atau dokumenter sekalipun.

  1. Konten Yang Berkaitan dengan Senjata Api

Kamu tidak disarankan untuk membuat konten video yang berhubungan dengan senjata api seperti halnya berburu atau bahkan latihan menembak. Bahkan hanya untuk membahasnya saja tidak diperkenankan, baik itu senjata sungguhan atau palsu sekalipun. Ya seperti halnya video unboxing.

  1. Konten Video Masalah Yang Sensitif

Untuk hal ini sekarang sedang viral, dimana banyak yang membahas mengenai perang, kiamat dan tragedi yang akan terjadi di waktu – waktu tertentu. Padahal hal itu bisa membuat semua yang menonton menjadi panik termasuk yang sedang terjadi saat ini yaitu terkait virus COVID-19 yang banyak dibahas dan diceritakan padahal bukan ahlinya sehingga membuat banyak orang menjadi panik apalagi berita berita hoak yang membuat masyarakat menjadi lebih sensitif terhadap hal tersebut.

Delapan hal di atas merupakan kebijakan baru youtube yang terkait dengan monetisasi video atau pengiklan. Bahkan jika lebih dari itu bukan hanya monetisasi yang di nonaktifkan melainkan video nya yang di hapus. Karena sekarang youtube semakin ketat dan kita sebagai kreator harus sebisa mungkin menghindari hal tersebut dan buatlah konten – konten video yang berkualitas dan bermanfaat serta tidak mempengaruhi dan membahayakan orang lain.

Nah itulah untuk artikel kali ini dan bagi kamu yang suka atau pernah mengupload video di Youtube Studio pastinya pernah atau membaca tentang 8 kebijakan youtube terkait monetisasi di atas. Jadi harap berhati – hati dalam hal pembuatan video termasuk judul, deskripsi, kata kunci sampai thumbnail video itu sendiri agar video kamu dapat termonetisasi penuh. Semoga bisa bermanfaat dan Terimakasih.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments