Kabar Gembira! Youtuber Bisa Menambah Penghasilan Dari Super Sticker

Anakkost.tv – Disaat kita sebelumnya merasa sedikit tegang karena terkait berbagai kebijakan baru YouTube yang diantaranya tentang penghapusan channel yang tidak menghasilkan cukup uang, sampai pada YouTube dengan konten anak yang tidak akan lagi mendapat iklan alias bayaran dari pihak adsene.

Kini setidaknya kita bisa sedikit bernafas lega mengingat YouTube pula telah memberikan surprise, atau lebih tepatnya suatu kabar gembira tentunya untuk segenap konten kreator. Dan apakah tentang kabar gembiranya itu?

Yakni dengan adanya tambahan penghasilan yang bisa kita dapatkan dari YouTube yakni lewat Super Sticker. Tentu kamu semua penasaran bukan. Apa sih, Super Sticker tersebut? Kita langsung saja ke TKP!

Fitur Baru Penghasil Uang di Youtube

Ya, kini situs media terbesar dunia yakni YouTube nyatanya telah resmi merilis fitur terbarunya yang tentunya dapat menambah pundi-pundi penghasilan daripada kreator konten yakni Super Sticker.

Super Sticker sendiri merupakan fitur yang mana akan memberikan kemudahan bagi setiap kreator konten dalam mengumpulkan penghasilan bersihnya tanpa harus membaginya terlebih dahulu, alias langsung dari viewer.

Yang tentu saja sangatlah berbeda  dengan aturan-aturan dari YouTube yang sebelum-sebelumnya di mana setiap konten kreator diwajibkan membagi penghasilannya menjadi tiga. Yakni untuk dirinya sendiri, agensi, juga iklan.

Yang pula pada kenyataanya, para youtuber (content creator) tentunya akan mendapat lebih sedikit penghasilan (bayaran) bila dibanding-bandingkan dengan pemilik iklan sendiri, yang tentu saja paling memperoleh banyak sekali keuntungannya.

Pelansiran fitur terbaru YouTube  ini tepatnya telah diumumkan melalui blog resmi daripada Youtube, dimana Super Sticker sendiri telah diluncurkan di 60 negara yang pula telah tersedia dalam bentuk fitur Super Chat. Yang mana fitur ini merupakan kunci penting pihak Youtube untuk meraup pendapatan dari trafik live streaming yang dimuat di sistem mereka.

“Super Sticker telah diluncurkan di 60 negara. Nantinya, pengguna dapat membeli stiker kami untuk dapat terus terhubung dengan kreator konten favorit mereka,  selama siaran streaming berlangsung.” tulis daripada  Product Manager Youtube, Zhouzhou He, Rabu (6/11/2019).

Yang tentunya pula, dengan dilansirnya fitur ini, maka Youtube tentunya bisa berupaya mengurangi ketergantungan penghasilan youtuber pada iklan yang terkadang datangnya memang tidak pasti.

Selain itu Youtube juga tentunya bisa menambah merchant, yang nantinya dapat digandeng para creator konten untuk dapat bekerja sama.

Contohnya saja sekarang, Youtubers yang telah bermitra dengan Crowdmade, DFTBA, Fanjoy, Represent, dan Rooster Teeth, tentunya akan bisa menambahkan box di bawah video mereka. Yang di mana setiap viewers nantinya akan dapat melihat-lihat produk yang telah mereka tawarkan (creator content tawarkan). Sebut saja T-shirt, pin, dan pula sebagainya.

Di awal-awal perilisannya, pihak Youtube dikatakan telah menawarkan kurang lebih delapan paket stiker. Yang keempat di antaranya yaitu Energetic Lemon, Baby Lemon, Bushiba, dan Popo The  Hippopotamus.

Selain itu, juga kedelapan paket stiker tersebut telah pula diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Perancis, Jepang, Korea, bahkan Portugis.

“Kami berupaya untuk terus membangun koneksi antara penggemar dan  kreator konten. Dalam beberapa bulan mendatang,  kami sangat antusias, untuk merilis lebih banyak daripada paket stiker,” ungkap He.

Youtube juga dikatakan telah pula mengembangkan fitur Super Stickers, dimana membuatnya menjadi semacam sticker animasi yang tentunya dapat digunakan viewer dalam sebuah live streaming.

10 Situs Terbanyak Dikunjungi Di Tahun 2019

Mirip dengan siaran langsung lewat media Instagram, viewer juga nantinya dapat merespon bahkan menyatakan ekspresi terkait dengan adanya konten live streaming dengan sticker-sticker ini.

Fitur Super Chat sendiri telah dianalogikan Youtube selayaknya sebuah bangku di baris terdepan pertunjukan bagi setiap penggemar. Pengguna Youtube yang tentunya sebagai pelanggan kanal, akan dipaksa merogoh koceknya agar komentar yang mereka tuliskan nantinya tidak langsung tenggelam dengan komentar-komentar pengguna yang lain.

Komentar yang menggunakan Super Chat sendiri tentunya akan terus tampil mencolok di layar selama waktu beberapa jam. Semakin banyak uang yang dibayarkan, tentunya pula akan semakin lama komentar itu akan tetap eksis (dimuat).

Super Chat yang juga merupakan suatu layanan yang memungkinkan pemirsa membayar untuk memberi komentar pada streaming langsung, juga telah menjadi sumber pendapatan yang terus meningkat bagi pembuatnya. Tepatnya semenjak diluncurkan pertama kali pada tahun 2017.

Bahkan hingga kini, setidaknya sudah ada 90 ribu lebih Youtubers yang telah memanfaatkan fitur ini. Yang pula beberapa di antaranya, telah dikatakan mampu meraup keuntungan lebih dari US$ 400 per menitnya.

“Untuk berada lebih dari 20.000 saluran di kanal YouTube, Super Chat sekarang telah menjadi sarana utama untuk menghasilkan pendapatan.” Ungkap Mohan seperti diutarakan lewat The Verge.

Namun dibalik itu He juga mengatakan, jika sampai saat ini layanan live streaming mobile Youtube tampaknya masih terbatas sekali. Dan baru bisa digunakan untuk mereka pemilik kanal dengan subscribe 10 ribu lebih.

Bahkan jika viewers ingin menggunakan sticker ini, mereka sendiri harus membeli dulu dengan uang. Yang nantinya akan langsung (otomatis) masuk ke akun pemilik kanal (kreator konten).

Bahkan yang juga tentunya agak mengecewakan khususnya lagi buat kita semuanya, Super Chat sendiri nyatanya belum tersedia di Negara Indonesia. Bahkan untuk negara-negara di Asia Tenggara sendiri, fitur Super Chat ini baru bisa dinikmati di Filipina bahkan Singapura saja. Yah, sayang sekali yah temen-temen.

Ok, itulah mengenai fitur terbaru YouTube yakni tentang diadakannya fitur Super Sticker, yang pula bisa menjadi tambahan pendapatan daripada conten creator YouTube. Sehingga nantinya setiap content creator tidak akan selamanya bergantung pada iklan untuk mendapat penghasilan dari setiap konten-konten yang dimuatnya. Terimakasih.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of