Jangan Sekali-Kali Unduh 5 Aplikasi Berikut. Atau Kamu Rugi Sendiri!

Anakkost.tv – Kebanyakannya,  sebuah aplikasi itu tentunya akan membantu kita untuk mendapat kemudahan terhadap berbagai keperluan maupun terhadap hal-hal lainnya di dalam kehidupan sehari-hari Misalnya, dalam mengerjakan tugas bahkan termasuk pula dalam hal perkerjaan-pekerjaan lainnya di kantor.

Tapi kenyataannya tidaklah semua aplikasi itu bermanfaat bahkan menguntungkan untuk kalangan penggunanya, karena di antara sekian banyaknya aplikasi yang telah disediakan di toko aplikasi, ternyata selalu ada saja yang justru berbanding terbalik bahkan cenderung merugikan. Kok, bisa yah?

7 Aplikasi Yang Justru Bisa Merugikan Penggunanya

Nah, di bawah ini dikatakan jika aplikasi-aplikasi tersebut justru disinyalir bisa merugikan penggunanya. Sudah tahu terkait aplikasi apa saja? Berikut bahasan lengkapnya!

  1. Berbagai Macam Aplikasi Pembersih di Ponsel

Yang pertama bukan lain daripada aplikasi bersih-bersih sampah di handphone (Android). Contohnya saja salah satunya Clean Master dkk. Di mana semua aplikasi tersebut telah, menjanjikan pembersihan aplikasi dalam meningkatkan performa ponsel.

Kenapa dikatakan merugikan? Bukannya itu sudah sangat membantu? Begini jawabannya, aplikasi-aplikasi yang telah dihapus belum tentu akan bersih sepenuhnya. Di mana kadangkala akan menyisakan beberapa data tersembunyi (cached data) yang juga akhirnya akan memakan kapasitas memori.

Nah, seperti halnya Clean Master, Cleaner, CC Cleaner, Speed Booster, juga aplikasi-aplikasi yang sejenisnya selain masih menyisakan ‘sampah’, juga bisa dikatakan akan cepat menghabiskan daya pada baterai. Selain itu, iklan in-app di dalamnya pun juga bisa memotong kuota internet.

Dan jika saya semua aplikasi tersebut kita hilangkan dari ponsel kita, maka pengguna pun nantinya akan bisa mengambil jalan alternatif dengan melewati ”settings” – ”apps” – ‘downloaded” kemudian tekan salah satu aplikasi, dan terakhir bisa pilih “clear cache”.

  1. Aplikasi Penunjuk Jalan

Tidak bisa dipungkiri, apalagi di saat kita tengah berlibur atau pun mengunjungi tempat-tempat baru, kemungkinan kamu akan berpikir untuk bisa mengunduh aplikasi pencari lokasi yang nantinya bisa di pasang di ponsel kamu. Aplikasi pencari lokasi atau pun penunjuk jalan sebenarnya tidak bisa kamu unduh sembarangan.

Mengingat saat ini kerapkali ada beberapa aplikasi yang sejatinya menawarkan pencarian lokasi justru bisa berakhir merugikan. Ketinggiannya sendiri bisa dalam menjual data pribadi kita, bahkan tidak sedikit pula yang justru bisa sampai meretas data dari ponsel kita. Lebih dari itu aplikasi tersebut pun dinyatakan bisa membuat baterai ponsel menjadi semakin boros.

  1. Facebook

Sudah pada umumnya jika pengguna handphone smartphone telah memiliki aplikasi jejaring sosial ini mengingat aplikasinya pun akan langsung tersedia di ponsel baru (aplikasi bawaan). Facebook juga akan memungkinkan pengguna terhubung dengan orang-orang kapan pun bahkan di mana pun. Popularitasnya pun sudah lama terjaga bahkan kerap kali kita pergunakan di dalam kehidupan sehari-hari.

Tapi jangan senang dulu, karena sebenarnya ada harga yang harus pula dibayar untuk menggunakan aplikasi ini loh, Guys! Di mana imbasnya bukan hanya akan boros kapasitas penyimpanan terkait fitur dan notifikasinya, bahkan Facebook pun dikatakan bisa membuat handphone Android juga menjadi boros baterai.

Tapi ada juga cara yang tepat untuk kamu tetap bermain Facebook di ponsel, di mana pengguna hanya perlu menyediakan shortcut untuk membuka situs Facebook terhadap browser. Tentunya hal jni akan jauh menghemat kapasitas dari baterai dibandingkan dengan mengakses langsung dari sebuah aplikasi.

  1. Anti-virus gratis

Hati-hati untuk menanggulangi ancaman sebuah virus. Mengingat virus pada smartphone memang selalu bikin kita tidak tenang bahkan cenderung menjadi was-was.

Tapi sebenarnya, aplikasi antivirus bahkan pelindung keamanan Android pun ternyata jauh lebih menyebalkan lagi mengingat itu semua akan turut berimbas pada masa sebuah baterai.

Karena jika kita banding-bandingkan untuk mengunduh aplikasi antivirus, sebaiknya kamu gunakan saja smartphone secara bijak, baik dalam mengunduh beragam aplikasi, maupun dalam mengunduh konten-konten lainnya. Unduhlah hanya aplikasi resmi yang berasal dari toko aplikasi yaitu Google Play Store.

Semua itu pun telah bisa kita ketahui, di mana saat ini Android sendiri telah mengklaim bahwa sistem operasinya telah terlindung daripada berbagai serangan bahkan mengakomodasi sistem enkripsi. Bahkan Google juga disebutkan jika kini telah pula semakin tanggap dalam mengidentifikasi sekaligus dalam pergerakannya untuk menghapus aplikasi-aplikasi berbahaya di Google Play Store.

  1. Game Gratis

Game sejatinya memang menjadi hal yang wajib diunduh apalagi untuk kalangan para pecinta game. Selain kenyataannya bisa melepas jenuh, juga beberapa game ini pun dinilai bisa membuat seseorang menjadi lebih kreatif.

Nah, untuk kamu yang ternyata juga hobi dalam bermain game di ponsel, apalagi sampai kerapkali mengunduh banyak game sejak dulu-dulu (lewat ponsel), kini kamu harus berhati-hati loh, Guys! Mengingat untuk saat ini diketahui telah banyak sekali aplikasi-aplikasi game yang ternyata bisa mengambil data pribadi kita. Gawat!

Lalu bagaimana terkait cara mereka hingga bisa melakukan hal terebut? Salah satu caranya bukan lain dengan lewat selingan iklan yang biasa ditayangkan saat game sedang berlangsung. Kini sudah faham bukan? Makanya hati-hati…hehe

  1. Aplikasi Mempercepat Pengisian Daya Baterai

Selanjutnya tentang aplikasi mempercepat pengisian daya baterai. Siapa juga sih, yang enggak ingin memiliki ponsel yang cepat terisi daya baterai? Fast charging bahkan bisa menjadi kriteria dalam memilih ponsel zaman sekarang.

Tapi jangan salah, untuk kamu yang tidak memiliki ponsel yang tidak memiliki fitu fast charging jangan sekali-kali untuk mencoba mengunduh aplikasi untuk mempercepat pengisian baterai tersebut.

Mengingat aplikasi yang ditawarkan tersebut ini hanyalah sebuah penipuan semata dan tidak akan berpengaruh apapun pada pengisian baterai kamu. Bahasa bekennya ‘Hoak’. Karena yang ada justru kamu yang malah akan dirugikan karena nantinya malah akan melihat banyak iklan di dalam handphone kamu.

  1. Aplikasi Cuaca

Lalu ada aplikasi cuaca. Di mana aplikasi ini sebenarnya sangat penting untuk mengetahui bahwa apakah hari ini akan hujan, ataukah kemungkinan cerah.

Namun ada tapinya nih, semua itu mengingat pembaruan yang senantiasa di update secara berkala dari aplikasi tersebut nantinya akan semakin memakan banyak daya, apalagi jika pengguna justru mempermanenkan widget aplikasinya di homescreen.

Sebagai cara untuk menanggulanginya, maka ada baiknya kamu gunakan fitur Google Now saja, bila kamu memang kepepet untuk lebih mengetahui tentang informasi cuaca.

Sekian terkait bahasan kali ini. Terimakasih telah menyimak.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments