Jangan Lakukan Hal ini Saat Melakukan Charging Jika Handphone Kamu Tidak Ingin Cepat Rusak!

Anakkost.tv – Hampir semua orang sudah memiliki smartphone dengan kapasitas baterai yang berbeda – beda. Bahkan saat ini rata – rata smartphone sudah dibekali baterai dengan kapasitar 4000 mAh ke atas. Hal ini tentunya membuat smartphone kamu semakin lama bisa digunakan tanpa harus bolak – balik charging. Seperti yang sudah – sudah, dimana 1 hari bisa sampai 3 bahkan 4 kali charging full.

Kekuatan baterai itu sendiri semakin lama akan menurun seiring dengan berjalannya waktu dan pemakian yang kamu lakukan. Jadi tidak selamanya awet bahkan ada juga yang cepet banget rusak padahal smartphonennya masih baru yang bisa diakibatkan oleh beberapa faktor.

Untuk itu khusus diartikel kali ini aku akan membehas mengenai salah satu faktor yang bisa mengakibatkan baterai smartphone kamu cepat rusak dan jarang banget disadari oleh pengguna itu sendiri bahkan acuh tak acuh.

3 Hal Yang Wajib Kamu Hindari Saat Melakukan Charging Handphone

Adapun salah satu faktor yang akan aku bahas kali ini mengenai kesalahan yang sering dilakukan tanpa kamu sadari saat melakukan charging pada handphone itu sendiri dan sebenarnya hal tersebut bisa merusak atau mempercepat penurunan performa baterai handphone.

  1. Membiarkan Baterai Habis Sampai 0%

Banyak diantara kamu yang membiarkan baterai sampai mendekati 0% bahkan mungkin sampai 0%. Padahal hal tersebut sangat tidak dianjurkan karena akan merusak dari kapasitas bateria itu sendiri.

Jadi alangkah lebih baik jika kamu melakukan charging dengan kapasitas baterai di bawah 30% dan diatas 15%. Apalagi sekarang kamu bisa mengatur peringatan untuk daya baterai itu sendiri untuk mengingatkan kamu agar segera melakukan charging.

  1. Membiarkan Handphone di Charging Semalaman

Selain membiarkan sampai 0%, banyak juga yang karena kurangnya waktu untuk melakukan charging. Jadi dilakukan pada malam hari sebelum tidur dan di cabut besok pagi ketika bagun yang intinya di cas semalaman.  Padahal itu sangat tidak dianjurkan karena dapat merusak kapasitas baterai itu sendiri dan mending jika handphone kamu sudah mempunyai fitur yang bisa menghentikan arus listrik jika baterai sudah penuh, kalau tidak?

Jadi usahakan jangan sampai melakukan charging semalaman, bahkan ada salah satu penelitian yang menyarakan untuk kamu melepeas charger saat baterai handphone di angka 98 – 99% alias jangan sampai 100%.

  1. Menggunakan Kepala Charger Sembarangan

Hal ini sering banget terjadi, dimana ketika kamu lupa bawa charger maka sering menggunakan charger punya teman yang mempunyai smartrphone berbeda. Padahal itu sangat merugikan. Karena setiap smartphone sudah di set untuk kapasitas listrik yang masuk pada kepala charger yang digunakan.

Lebih mending jika kapasitasnya sama, kalau lebih rendah atau terlalu tinggi kan bisa berbahaya untuk baterai bahkan handphone itu sendiri. So, jika ingin bepergian jauh jangan lupa untuk membawa chager sendiri, hehe.

Nah itulah tips dalam menjaga ke awetan baterai smartphone kamu agar tetap terjaga kapasitasnya. So, tunggu apalagi jangan sampai nyesel apalagi handphone sekarang baterainya ditanam semua dan sulit jika ingin melakukan penggantian baterai. Terimakasih.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments