Kini Instagram Telah Menghilangkan Jumlah Like di Postingannya! Why?

Anakkost.tv – Ragam pro-kontra kembali timbul menghiasi kalangan dunia Instagram. Pasalnya, memang belum lama ini, situs media sosial yang tentunya banyak digemari ini mulai menghilangkan jumlah like di setiap postingan yang ditampilkan.

Ya, walau kenyataannya masih dalam tahap uji coba dan masih dalam kategori acak. Namun karena adanya penghilangan like ini rupanya akan menimbulkan dampak tersendiri, tepatnya dengan penurunan sebanyak 3% sampai 15% popularitas influence yang selama ini mereka dapatkan lewat Instagram.

Penyebab Hilangnya Jumlah Like di Instagram

Seperti pada negara-negara lainnya, yang terlebih dahulu mengalami penghilangan jumlah like, sebut saja negara-negara besar  seperti Amerika Serikat, Australia, Brazil, Kanada, Irlandia, Italia, Jepang, bahkan Selandia Baru. Kini Indonesia pun tampaknya mulai kebagian hal serupa.

Perubahan ini tentunya akan terjadi secara default dan tidak bisa diatur sendiri oleh penggunanya yang bersangkutan. Seperti yang pula diutarakan, sebenarnya angka likes sendiri tentunya tidaklah benar-benar hilang, melainkan lebih ke tahap disembunyikan secara privat. Dan pemilik akun sendiri tentunya masih bisa melihat likes yang didapat dalam sebuah postingan.

Alasan di Hilangkannya Fitur Jumlah Like

Bahkan Instagram sendiri beralasan, penyebab dari penyembunyian angka hitungan like tersebut, nantinya akan mengurangi kompetisi jumlah likes di Instagram. Sehingga memungkinkan para penggunanya untuk bisa lebih fokus pada konten yang mereka unggah, ketibang harus berkompetisi dalam jumlah likes. Yang tentu pula, akibat dari kompetisi jumlah like tersebut bisa berakibat cukup fatal akan kesehatan mental daripada para penggunanya.

“Tujuannya adalah untuk mengurangi tingkat kecemasan. Dan mengurangi komparasi sosial.” jelas Adam, dihimpun dari KompasTekno, Tech Crunch, Senin (15/11/2019).

Saat ini Instagram diketahui juga akan mengeluarkan fiturnya yang terbaru, yang pula di tenagai AI (Artificial intelligence). Yang memiliki fungsi untuk mengingatkan pengguna jika ternyata komentar mereka berpotensi menyerang orang lain apalagi bersifat kasar.

Intervensi ini juga diyakini dapat memberikan kesempatan bagi para pengguna untuk meng-undo komentar mereka. Instagram menyatakan sudah melakukan uji coba fitur tersebut dan memang cukup berhasil. Yakni bisa menahan kebanyakan pengguna untuk tidak berkomentar kasar.

Bagi sebagian influencer, dampak penghilangan like ini sendiri tentunya sangat berdampak sekali. Apalagi bila mengingat kuantitas daripada like dalam postingan sangatlah penting untuk karier mereka, selain daripada jumlah follower.

Semakin banyak mereka dapat like pada setiap gambar yang diunggah, semakin besar pula peluang untuknya mendapatkan tawaran dari para pengiklan. Bahkan lebih jauhnya lagi dikatakan, jika dihilangkannya jumlah like juga seolah telah memutus penentuan kasta bahkan status sosial seseorang.

Lantas bagaimana dengan Instagram milikmu? Sudahkah mengalami percobaan di atas. Jika belum, tunggu saja tanggal mainnya…. Hehe. Itu saja yang mungkin bisa aku sampaikan kali ini. Stay terus di anakkost.tv. Karena masih banyak hal-hal lainnya yang lebih seru dan nyaman untuk disimak. Terimakasih.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of