Hati-Hati, 7 Aplikasi Ini Bisa Membuat Kuota Internetmu Terkuras Habis

Anakkost.tv – Sudah kebiasaan bagi kita untuk membuka bahkan turut mencoba beragam aplikasi yang tersedia di handphone kita, atau pun terkait beragam aplikasi yang sejatinya hasil unduhan kita sendiri.

Sehingga tanpa sadar, kuota yang kamu miliki pun akan cepat habis dan ujung – ujungnya bingung, terkait aplikasi-aplikasi mana saja yang barusan telah kita gunakan yang ternyata membuat kuota internet kita tersedot kandas.

Nah, dalam pembahasan kali ini, penulis akan turut memberi tahukan terkait aplikasi-aplikasi apa saja, yang dikatakan paling dapat menguras kuota internet. Mari kita simak!

7 Aplikasi Yang Bisa Menguras Habis Kuota Internet

Berikut ini, terkait berbagai macam aplikasi yang kerap kita gunakan namun tanpa sadar bisa menguras habis kuota internet kamu.

  1. Spotify

Harap berhati-hati, apalagi untuk kamu yang dikatakan begitu menyukai mendengarkan musik di Spotify di setiap hari-harinya. Karena hal tersebut sejatinya akan boros paket internet?

Yang walau pun sebenarnya ada cara tertentu yang bisa dilakukan untuk menghemat data saat menggunakan aplikasi ini. Yaitu dengan membuat album yang nantinya akan disediakan secara offline. Namun hal ini tentunya hanya bisa kamu lakukan jika kamu sudah menjadi pelanggan Spotify Premium.

Di dalam Spotify Premium ini, nantinya kita akan bisa meng-unduh album dari daftar putar untuk menghindari streaming melalui koneksi seluler.  Caranya sendiri di saat melihat album atau pun daftar putar, kamu ketuk Download untuk menambahkan trek ke gadget sehingga nantinya kamu tidak perlu lagi harus melakukan streaming.

Patut diingat, terkait boros atau tidaknya paket data yang kamu miliki, sejatinya sangat bergantung terhadap kualitas streaming yang juga kita lakukan.

  1. YouTube

10 Situs Terbanyak Dikunjungi Di Tahun 2019

Sebagai salah satu flatform terbaik saat ini, YouTube  nyatanya begitu digemari. Walau pun sejatinya kita pun telah tahu jika memutar video dari YouTube tersebut tentunya akan memakan banyak kuota internet.

Apalagi kita juga tahu, jika memutar video beresolusi 480p saja selama satu jam akan menghabiskan kuota 264 MB data. Apalagi jika resolusi yang dipilih adalah 720p (HD) maka akan menguras setidaknya 870 MB data dalam satu jam. Terlebih kalau memikih 1080p (Full HD) yang pastinya akan memakan 1,65 GB data. Kandas sudah kuota kamu.

Tapi kamu juga bisa mencegah kok, supaya data kamu tidak terlalu boros banget, yaitu dengan cara buka YouTube lalu ketuk profil yang ada di sudut kanan atas. Setelah iti, pilih Pengaturan > Umum > lalu pilih Batasi Penggunaan Kuota Seluler. Dan selanjutnya kamu bisa geser slide menjadi On dan kita pun akan melakukan streaming video HD dengan menggubakan WiFi saja. Dengan demikian, YouTube tentunya tidak akan memakan banyak data seperti dalam hal sebelum-sebelumnya.

  1. Netflix

Tidak jauh berbeda dengan halnya YouTube. Di mana kita biasanya akan terus menonton Netflix ini baik itu lewat laptop bahkan juga PC dengan menggunakan koneksi internet bahkan melalui WiFi.

Tetapi tidak jarang, ada kalanya kita pun tentunya ingin melanjutkan menonton dengan menggunakan smartphone. Apalagi jika kamu senfiri sedang ingin menonton serial yang sangat kamu minati.

Dan saat menonton di smartphone lah, kamu pun nantinya bisa menurunkan kualitas video yang kamu tonton agar tidak terlalu boros kuota.

Caranya sendiri yakni dengan membuka aplikasi Netflix, kemudian ketuk tombol tiga garis di bagian kiri atas. Scroll ke arah bawah, kemudian pilih Pengaturan Aplikasi > Penggunaan Data Seluler.

Jika sudah, matikan set otomatis dan pilih kualitas streaming sedang atau bisa pula pilih rendah ketika dalam  memakai mode seluler.

  1. Instagram

10 Situs Terbanyak Dikunjungi Di Tahun 2019

Boleh dikatakan jika Instagram ini sekarang telah menjadi salah satu media sosial paling populer bagi kalangan banyak orang. Hal ini pun tentunya turut terbukti dengan jumlah pengguna aktifnya yang nyatanya nyaris menyentuh angka 50 juta di Indonesia.

Namun ada sayangnya juga nih, Guys! Karena Instagram juga sejatinya telah menjadi salah satu aplikasi yang memakan kuota internet paling besar selama ini.

Apalagi bila kita juga kerap kali melihat jika Fitur di dalam media Instagram ini terus-terusan bertambah. Yang pada awalnya hanya sebatas aplikasi pengunggah foto, kini semakin berkembang dengan turut dihadirkannya berbagai fitur baru yang tentunya akan pula membuat aplikasi yang satu ini memakan data internet yang nyatanya tergolong besar.

Lain daripada itu, Instagram juga diketahui mempunyai fitur yang bisa memungkinkan menjadikan video diputar secara otomatis sehingga tentu saja akan menjadi salah satu faktor yang justru membuat aplikasi ini menjadi boros kuota.

  1. Facebook

10 Situs Terbanyak Dikunjungi Di Tahun 2019

Selanjutnya beralih terhadap media sosial Facebook yang kini diketahui telah mempunyai jumlah pengguna aktif kurang lebih mencapai 2 miliar.

Di mana semua penggunanya ini pun dikatakan bisa dibilang hampir semua pengguna smartphone yang selalu memiliki aplikasi Facebook di dalamperangkatnya.

Yang padahal membuat mereka sedikit pun tidak menyadari, jika aplikasi media sosial ini pun nyatanya telah tergolong salah satu aplikasi yang paling boros baterai selama ini.

Berbagai fitur baru hasil inovasi Facebook sendori nyatanya malah akan menjadikannya salah satu aplikasi ini menjadi paling boros baterai. Sekedar untuk contohnya yaitu autoplay video yang ada di beranda alias pada feed kalian.

Di mana fitur ini sendiri malah dikatakan akan lebih memungkinkan video berputar otomatis, tanpa kita harus mengkliknya terlebih dahulu. Yang tentu puka akan turut menyebabkan kuota kita lebih mudah tersedot kandas.

  1. Google Chrome

Mungkin selama ini di antara kamu semua masih banyak yang kurang begitu menyadari, jika sebenarnya situs pencarian Google Chrome pun telah dikatakan srkebagai aplikasi yang bisa langsung menghabiskan kuota internet kamu.

Ya, apalagi browser bawaan ini pun juga dikatakan telah termasuk pada aplikasi yang bisa boros kuota data daripada aplikasi-aplikasi browser lainnnya yang kita miliki. Dan meski sudah ada fitur penghemat data di dalamnya (aplikasi Google Chrome). Faktanya akan tetap saja, akan mampu menguras kandas kuota data yang tengah kamu miliki.

Ya walau pun dikatakan memang gak rugi-rugi amat juga sih. Karena besarnya biaya yang kita keluarkan pun sejatinya telah terbayarkan oleh kecepatan akses sekaligus kemampuan yang turut diberikan oleh browser besutan dari Google ini.

Dan semuanya bisa terbukti, bahwa aplikasi pencarian ini nyatanya turut pula merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan, bahkan pula diminati oleh pengguna smartphone di dunia.

  1. Snapchat

Aplikasi Filter Mirip Joker

Ini merupakan aplikasi yang terakhir. Di mana telah kita  ketahui pula bahwa memang sejak awal, kehadiran dari Snapchat ini kerap kali diunggulkan oleh beragam fitur-fitur Snap. Yaitu suatu fitur yang bisa digunakan untuk kita dalam berbagi status dengan menggunakan video pendek. Lain daripada itu, yang pula  membuat fitur ini sendiri menjadi semakin menarik, yakni aplikasi ini pun turut pula menawarkan banyak filter bagus yang tentunya kerap menjadi viral di kalangan para peminat.

Namun sejatinya harus bisa kamu ingat terlebih dahulu, karena bagi kamu semua yang ternyata ingin atau pun memang hendak membagikan Snap atau pun dalam hal menonton unggahan Snap daripada kiriman teman atau pula dari idola kita mungkin.

Maka tentulah kamu pun akan dikatakan lebih butuh jumlah data yang nyatanya sangat besar.

Apalagi dengan turut pula dihadirkannya beragam fitur baru di saat-saat update-nya. Yang juga tentunya bisa menjadikan Snapchat ini tergolong menjadi salah satu aplikasi Android paling boros kuota selama ini.

Lalu bagaimana, Guys! Setelah sama-sama menyimak penjelasan panjang lebar di atas ini. Apakah kamu nyatanya masih mau atau pun masih menginginkan dalam penggunaannya (aplikasi) yang masih pula berlama-lama untuk di waktu yang ke depannya?

Tapi kalau hanya sekedar untuk menggunakannya sih itu mah terserah para penikmat saja. Yang terpenting di atur aja cara pemakaiannya secara lebih bijak. Karena pada dasarnya segala sesuatu itu janganlah terlalu dilakukan secara berlebihan.

Karena sejatinya jika terlalu berlebih malah akan membuat seseorang menjadi lupa daratan. Tak peduli kuota habis yang penting besok masih bisa internetan lagi, maka berbagai cara pun nyatanya akan dilakukan.

Dan itu saja terkait bahasan kali ini. Terimakasih.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of