GopLay Akan Menjadi Saingan Netflik Dalam Hal Layanan Video Streaming

Anakkost.tv – Netflix, mungkin untuk kali ini merupakan aplikasi layanan video streaming yang cukup digemari di kalangan pecinta film tanah air. Tapi apa jadinya jika ternyata suatu hari mendadak hadir pesaing baru? Yang mungkin menyediakan streaming paling lengkap nantinya? Apakah Netflix sendiri akan mampu mempertahankan posisinya?

Dan aplikasi yang digadang – gadang akan menjadi saingan terberat Netflix kali ini yakni GopLay, suatu aplikasi yang dikembangkan Gojek, yang juga menjadi suatu  perusahaan raksasa tekhnologi di Indonesia.

Apa Itu GoPlay?

Kini, secara resmi telah diluncurkan aplikasi layanan konten streaming bernama GopLay yang merupakan aplikasi streaming video yang juga merupakan aplikasi bentukan dari Gojek yang secara resmi telah diluncurkan tepatnya pada Kamis, (26/9/2019).

Kehadiran GoPlay sendiri ternyata dimaksudkan agar industri perfilman Indonesia bisa semakin maju, dan berkembang, sehingga akan semakin diminati oleh masyarakat Indonesia pada umumnya.

Pernyataan tersebut juga dibenarkan lewat ungkapan yang pula di terangkan oleh Co-Founder GoJek, Kevin Aluwi menjelang suatu konfrensi pers-nya di Jakarta.

“Peluncuran GoPlay, turut menandai upaya terbaru kami untuk lebih memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen kami. Membangun ekosistem yang telah berhasil berevolusi dari naik kendaraan dan logistik, enjadii platform teknologi multi-layanan untuk Asia Tenggara.”

Dan bila kita menyimak dari beberapa kutipan yang telah beredar, aplikasi Goplay ini dimungkinkan akan menjadi saingan bagi sejumlah layanan streaming video yang sudah ada sejak sebelum-sebelumnya, seperti halnya layanan streaming Netflix asal Amerika Serikat, Iflix asal Malaysia, dan HOOQ, layangan streaming asal Singapura.

Di dunia Maya, dari sejak kemunculan mereka bahkan hingga saat ini, ketiganya seolah-olah terus bersaing, untuk memperebutkan wadah pasaran tertinggi bahkan menduduki peringkat terbaik se- Indonesia.

Kendati demikian, Edy sangat percaya bahwa kualitas film dan serial TV yang dihadirkan Gojek tersebut, tentunya akan memiliki keunggulan tersendiri. Yang salah satunya yaitu dengan dihadirkan nya film – film berdurasi pendek yang tampil dalam 3-5 menit.

Video dalam GopLay

Di dalam aplikasi GopLay ini, sejatinya menghadirkan film-film yang khas asli Indonesia.

Hal tersebut juga telah diterangkan Edi Sulistyo, yang juga CEO dari GopLay sendiri.

”Dengan GopLay, di sini kami dapat mengisi kesenjangan dan menjembatani jutaan pemirsa seluler Indonesia, dengan Industry film Indonesia…” bebernya.

Bahkan Edy juga menambahkan, jika Gojek selama ini telah melihat bahwa masyarakat Indonesia sejatinya mengharapkan tontonan-tontonan lokal dengan kualitas tinggi. Namun, hingga saat sebelum ini, yang jadi satu-satunya pilihan hanyalah menonton nya di bioskop. Dan dengan adanya aplikasi GopLay sekarang, kejadian sedemikian tentunya akan sedikit mulai teratasi.

Pula menurut Edi, Gojek sendiri pada saat ini memang telah memiliki studionya sendiri, yang tentu saja turut pula membiayai setidaknya sampai sembilan film dan serial asli Indonesia, termasuk pada nominasi Academy Awards 2019 Indonesia, yakni “Memories of My Body”. Dan semua hal ini dilakukan melalui suatu kerjasama apik dengan VICE Indonesia juga perusahaan produksi film lainnya, yakni Visinema.

Namun tentu saja, GopLay sendiri tentunya tak hanya berfokus pada konten Tanah Air saja, melainkan secara sebelum – sebelumnya juga telah menandatangani beberapa kontrak dengan perusahaan-perusahaan produksi asing. Adapun semua ontrak ini dilakukan untuk memberi akses kepustakaan khususnya ke perusahaan mereka, termasuk CJ E&M dan SM Entertainment yang berasal dari Korea Selatan.

Keunggulan GopLay

Di samping semua yang telah dijelaskan di atas, tampaknya aplikasi yang menjadi besutan Gojek ini memang pula mempunyai beberapa keunggulan tersendiri diantaranya,

– Untuk layanan streaming, pengguna GopLay hanya cukup merogoh kocek Rp 89.000 -an saja per bulannya untuk langsung menikmati aneka konten lokal ini. Dan mengenai pembayaran, bisa dilakukan langsung melalui GoPay, di dalam menu tiles GoBills di dalam aplikasi GoJek, maupun bisa langsung di aplikasi GoPlay sendiri.

–  Gojek juga telah menyediakan paket bundling, dengan cukup membayar (-+) Rp 99.000 untuk mendapatkan akses eksklusif GoPlay dalam satu bulan. Dengan pula tambahan benefit voucher delivery GoFood yang senilai Rp 600.000 per- 60 voucher yang bisa digunakan selama kurun waktu satu bulan.

Perbedaan Goplay dan Netflix

Bila ditanya perbedaan aplikasi GopLay dengan aplikasi-aplikasi lainnya seperti halnya Netflik HOOQ, Iflix, dan juga yang lainnya, di sini GoPlay hanya akan menyediakan berbagai konten – konten film dan serial lokal yang berkualitas (asli buatan Indonesia).

Namun tak hanya itu saja tentunya, karena menurutnya GoPlay juga kabarnya akan menyediakan konten – konten yang berupa GoPlay Originals. Di mana konten ini haruslah bisa dinikmati secara eksklusif di dalam platform GoPlay yang bekerjasama dengan para cinema – cinema Tanah Air.

Dan untuk kamu yang tertarik dengan aplikasi GopLay ini, kamu juga bisa mengunduh aplikasi GoPlay tersebut langsung  dari Google PlayStore dan untuk iOS bisa mendapatkannya lewat App Store. Dan selanjutnya untuk kemudahan – kemudahan yang lainnya, platform Goplay juga bisa ditemukan di dalam aplikasi pengembangnya, yakni GoJek, lebih tepatnya di menu “tiles” GoPlay.

Dan itulah, seputar pembahasan sepanjang mengenai diluncurkannya aplikasi GopLay. Semoga dengan hadirnya aplikasi yang dikembangkan oleh Gojek tersebut tentunya akan menambah nuansa khas maupun ciri baru dalam dunia perfilman tanah air.

Dan seperti bahasan yang utama, yakni akan mampu menyaingi aplikasi – aplikasi streaming terkenal lainnya seperti halnya Netflix, HOOQ, Iflix, dan banyak yang lainnya. Ok, sampai di sini dulu perjumpaan kita hari ini, and have a great day! Terimakasih.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of