Duo Semangka Membuat KPAI Geram dan Melaporkannya Pada Kominfo!

Anakkost.tv – Setelah banyaknya kontroversi dikalangan artis maupun selebriti lainnya. Kini giliran Duo Semangka yang jadi sorotan publik. Disaat unggahan video nya yang berjudul mantu – mantul dianggap tidak mendidik.

Tanggapan KPAI Untuk Video Duo Semangka

Artis yang juga sekaligus biduan sexi Clara Gopa dan Vanya Kiara (duo semangka) baru-baru ini mendapat teguran sekaligus peringatan keras dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Semua itu terkait videonya “Mantul – Mantul” yang dinilai terlalu vulgar dan tidak mendidik untuk tontonan anak-anak. Bahkan KPAI juga sempat melayangkan sebuah surat yang berisikan teguran bahkan meminta duo semangka memenuhi panggilannya pada Senin, 19 Agustus lalu. Tapi tampaknya Clara Gopa bahkan Vanya Kiara tidak memenuhi panggilan tersebut.

Baru-baru ini group dangdut duo semangka memang meramaikan tanah air. Apalagi mengingat kedua personil nya ini memiliki tubuh yang sexy.

Sejak awal kemunculan nya di panggung hiburan, penampilan Duo Semangka memang sudah menuai sorotan. Bahkan saat mereka manggung di Subang, Jawa Barat, grup ini dipaksa harus turun dari panggung.

Kontroversi Duo Semangka yang demikian tentu saja menuai perdebatan sengit terutama bagi kalangan Warganet. Banyak netizen yang menuai reaksi sadis pada Clara dan Vanya. Yang menganggap keduanya hanya mengandalkan payudara sebagai aset dalam mencari popularitas.

“Beberapa “video” yang dimaksud diduga memiliki muatan tidak mendidik. Sehingga dikhawatirkan jika anak-anak melihatnya, rentan meniru konten tersebut, dan berdampak bagi upaya proses pembentukan karakter anak.” begitu bunyi pernyataan yang di buat KPAI dalam suratnya.

Karena panggilan pertamanya tak kunjung mendapat respon, KPAI pun lantas melayangkan surat yang kedua. Dalam surat itu dikatakan bahwa Duo Semangka di harapkan hadir pada hari Kamis (22/8/2019) untuk memenuhi panggilannya.

Bahkan KPAI pun sempat memberi himbauan terhadap masyarakat, agar menggunakan media sosial secara tepat.

“Hindari untuk menyebar konten-konten negatif, dan tidak bermanfaat!” ucap Susanto dilansir Kompas.com.

Tanggapan Kominfo

Menurut Rudiantara, Kominfo bisa saja berbuat tegas bahkan menghapus konten video Duo Semangka yang diunggah nya baru-baru ini. Karena isi konten tersebut memang sudah jelas melanggar peraturan dalam aturan perundang-undangan.

“Ini, KOMINFO itu, sebetulnya mendahulukan pendekatan dan pembinaan…! Kecuali “obvious”. Kalau obvious sudah keterlaluan dan jelas melanggar Undang-Undang. Ya, sudahlah! Kita take-down!” tegas Rudiantara, kamis, 22 Agustus 2019, Jakarta Pusat.

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara, juga menegaskan, bahwa sebenarnya Duo Semangka yang akan diundang nya itu masih dalam tahap pembinaan. Mengingat dirinya belum mendengar secara langsung aduan tentang unggahan video Duo Semangka tersebut. Bahkan menurutnya Kominfo bisa menyarankan terhadap personil Duo Semangka, bahwa membuat konten tidak membuat regulasi yang nantinya justru akan memunculkan hal-hal negatif.

Tanggapan Duo Semangka

Terkait videonya yang dianggap vulgar. Kedua personil Duo Semangka Clara Gopa dan Vanya Kiara akhirnya memenuhi panggilan yang diajukan KPAI pada, Kamis (22/8/2019) lalu.

Keduanya mengakui, bahwa video yang telah tersebar saat ini adalah benar – benar merupakan video mereka. Hal ini tertulis jelas dalam keterangan yang tertulis di KPAI.

KPAI pun menegaskan, agar Duo Semangka yang merupakan pekerja seni, diharuskan mematuhi azas – azas kepatutan bahkan kesusilaan. Dan Duo pelantun itu pun akhirnya menyetujui, untuk membuat koreksi akan karya-karya mereka. Dan membuat karya positif, yang nantinya tidak akan mengganggu tumbuh kembang anak.

Demikian ulasan terkait video vulgar Duo Semangka yang menuai reaksi dari KPAI. Semoga dengan kejadian ini, bisa membuat panggung hiburan jadi lebih bersih. Dan terhindar dari segala hal-hal negatif yang nantinya justru bakal menuai keresahan. Terimakasih.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of