Dampak Positif dan Negatif Menjadi Bagian dari eSport

Anakkost.tv – Hallo, sobat! Selamat berjumpa kembali. Semoga kabar kalian semua sehat-sehat terus ya….?!

Ok, jika pada sebelum-sebelumnya kita sering membahas tentang berbagai game, aplikasi, maupun seputar YouTube, untuk kali ini kita coba beralih sedikit yuk, cari pembahasan yang lainnya. Soalnya kalau yang di bahas nya cuma itu-itu aja pastinya akan mudah ngebosenin bukan. Nah, untuk kali baiknya kita bahas aja yang dinamakan eSport. Sudah tahu apa yang dimaksud eSport? Yuk, langsung aja kita cari tahu di sini!

Pengertian eSport

Mungkin bagi sebagian orang akan terasa asing dengan apa sih yang dinamakan eSport itu?

Esport, adalah kependekan dari nama Electronik Sport. Yakni sebuah olahraga yang biasanya menggunakan game sebagai bidang kompetitif utamanya yang dimainkan oleh seorang profesional.

Beberapa saat yang lalu memang eSport ini memang sama sekali tidak dikenal. Tapi kalau untukmu sekarang ini, fenomena eSport terus menerus berkembang bahkan mulai mencuri perhatian dari berbagai kalangan. Mulai dari media, gamers, bahkan sampai bahkan perusahaan-perusahaan besar yang sama sekali belum mengetahui apa itu yang dinamakan eSport.

Istilah eSport ini digambarkan untuk menggambarkan suatu permainan video game yang bersifat kompetitif. Namun pada dasarnya eSport ini merupakan tingkatan yang lebih tinggi jika kamu ternyata menyukai kompetisi bersekala besar.

Untuk lebih memahami esport mungkin sebaiknya kita membahas dulu sedikit mengenai awal mula sejarah eSport.

Sejarah tentang eSport

Tepatnya di tahun 1972, di mana di dunia ini komputer masih belum banyak ditemui seperti sekarang ini, saat itu jaringan internet juga belum ada, bahkan yang dinamakan game pun masih sangat terbatas, saat itulah di Universitas Stanford di adakanlah sebuah kompetisi game. Para siswa pun di undang ke dalam kompetisi yang diberi nama Intergalactic Spacewar Olympic. Kompetisi game nya yang dinamai Spacewar ini menyediakan hadiah 3 tahun langganan majalah Rolling Stone yang kala itu benar-benar hits.

Barulah setelah itu kompetisi game yang lain-lainnya mulai bermunculan, bahkan di era 90 an, dunia internet murah merambah pesat di America. Dan dalam perkembangannya menjadi kompetisi online game. Dan bersamaan dengan itu muncul pula organisasi yang mempunyai visi untuk menjadikan kompetisi game ini menjadi sebuah industri baru, yaitu esport.

Dampak Positif Ikut eSport

Tekhnologi sudah memasuki dunia hiburan pada awal abad ke-20. Tapi sebenarnya, semakin lama stigma masyarakat terhadap hiburan berbasis tekhnologi, seperti permainan game, offline, maupun online, tentu akan ada dampaknya. Tapi bukan berarti yang dimaksud dari dampak tersebut hanya merupakan hal-hal yang bersifat negatif saja. Tentu ada pula dampak-dampak positif bagi penyuka esport tersebut. Ini dia!

  1. Kerjasama Team

Untuk membangun team work yang kuat, memang sebuah kerjasama team sangatlah diperlukan. Apalagi bagi mereka yang masih anak-anak. Karena sesungguhnya di beberapa game yang dimainkan secara online, untuk bisa menjadi juara nya memang sangat membutuhkan sekali sebuah kerjasama.

  1. Aktivitas Fisik

Telah cukup banyak pengoperasian sebuah game yang memerlukan aktifitas fisik. Baik itu bermain gitar, sampai pada menari. Kecerdikan orang tua dalam hal ini paling diutamakan dalam memilih video game. Yakni harus pandai-pandai memilih game yang sekitaran akan memaksa anak untuk setidaknya dapat menggerakkan tubuh, ketimbang membuat anak mereka diam bahkan duduk berleha-leha di sofa.

  1. Peningkatan Kemampuan Belajar

Kelengkapan game akan memberikan kesempatan pada anak untuk setidak-tidaknya dapat meningkatkan keterampilan kognitif, seperti halnya membuat keputusan maupun memutuskan masalah. Video game rupanya telah berkembang ke titik penggunanya untuk mengambil kendali maupun berfikir sendiri.

Tidak sedikit permainan game yang membuat anak menjadi kreatif dan mengajarkan sabar dalam memecahkan suatu teka-teki untuk mencapai atau untuk maju ke tahap berikutnya.

  1. Melatih Penggunaan Bahasa Asing

Ini mungkin manfaat yang paling terasa dalam esport, karena di sana banyak terdapat bahasa-bahasa asing, tentu semua itu akan membuat kita sedikit tidaknya bisa memahami, apa maksud bahkan arti dari kata-kata asing tersebut.

5. Menghilangkan stres

Dampak positif yang dapat dirasakan pula dari bermain game tentu saja untuk menghilangkan stres. Bahkan bagi sebagian banyak orang akan mengatakan bahwa mereka akan lebih memilih menghentikan pekerjaannya sesaat dan beralih untuk bermain game. Hal itu memang tidaklah salah, karena jika memang sudah tidak lagi mempunyai ide dalam menjalankan pekerjaan, beristirahat sambil main game sudah biasa jadi pilihan yang sangat tepat.

Dan jika sudah begitu, sebentar saja bahkan tanpa terasa rasa penat dan mumet sehabis dalam bekerja pun akan kembali lagi menjadi fress.

  1. Sportivitas dan Adil

Sebut saja fair play biasa menjadi keutamaan dalam olahraga maupun organisasi. Dan dengan bermain game, tentu akan mengasah para pemainnya ini untuk lebih mendalami nilai-nilai tersebut. Terutama dalam persaingan antara yang satu dengan yang lain.

  1. Koordinasi Mata dan Tangan

Jika kamu ingin meningkatkan ketangkasan dari seorang anak, bermain video game bisa menjadi sebuah jawaban. Yang tentu saja sangat berguna dalam melakukan tugas maupun aktivitas sehari-hari. Sebenarnya memang banyak berbagai macam bentuk olahraga yang dapat dilakukan untuk melakukan koordinasi mata maupun tangan ini. Namun sayangnya hal itu kurang menarik bagi kalangan pecintanya.

  1. Keterampilan Sosial

Tidak bisa dipungkiri jika kurangnya keterampilan sosial dan kemampuan untuk berinteraksi memang berdampak pada tumbuh kembang anak. Bahkan lebih parahnya lagi bisa menimbulkan depresi.

Biasanya hal tersebut akan terjadi bagi mereka anak yang pemalu, bahkan kurang percaya diri saat bersosialisasi dengan teman-teman mereka.

Dan jika sudah seperti itu, mungkin cara terbaik adalah dengan bermain game. Karena dalam permainan game terutama yang online, kemungkinan mereka perlahan-lahan akan mulai berinteraksi dengan banyak orang.

Dampak Negatif Ikut eSport

Selain bisa menimbulkan dampak-dampak positif, eSport ternyata memiliki pula dampak-dampak negatif. Tentu saja dampak negatif  yang ditimbulkan pun akan terdiri dari beberapa faktor. Seperti di bawah ini :

Dari Segi Jasmani

Kesehatan menurun

Biasanya anak-anak yang mempunyai kebiasaan bermain video game memang acapkali memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Semua itu berakibat dari kurangnya aktivitas fisik, sering terlambat makan, duduk terlalu lama, bahkan karena sering terpapar oleh pancaran radiasi dari layar monitor komputer bahkan sebagainya.

Karena kecanduan akan permainan ini mereka akan mengalami stroke, serangan jantung, kurangnya pandangan (mata minus), paru-paru, obesitas, sakit tulang punggung, dan lain-lain.

Dari Segi Waktu

Mengganggu Prestasi Belajar Anak

Ini mungkin dampak yang seringkali terjadi. Dikarenakan waktu luang yang seharusnya digunakan untuk belajar dipakai untuk bermain game. Apalagi untuk melewati level demi level itu membutuhkan waktu yang cukup panjang.

Maka konsentrasi dalam belajar pun akan semakin berkurang. Bahkan konsentrasi dalam belajar pun tidak akan maksimal, sehingga akan kesulitan mencerna setiap-setiap pelajaran yang diberikan guru mereka.

Dari Segi Psikologis

Gangguan Mental

Pemicu dari adegan ini tidak lain dari banyaknya rekam adegan dalam permainan game yang menampilkan tindak-tindak kekerasan, seperti perkelahian sampai pembunuhan. Tentu hal itu sedikit tidaknya akan mengganggu alam bawah sadar seseorang, bahwa kehidupan nyata ini bisa disamakan dengan di adegan game.

Bahkan akibat terlalu kecanduan game, banyak tindak-tindak kekerasan yang belakangan ini sering terjadi, bahkan diberitakan lewat media-media massa bahkan sampai media TV swasta. Parahnya lagi, kejadian tersebut justru dilakukan kebanyakan oleh anak-anak bahkan kalangan remaja.

Begini ciri-ciri jika seseorang mengalami gangguan mental akibat pengaruh sebuah game :

emosional

– mudah marah

– memaki

– mencuri

– dan masih banyak yang lain.

Menghambat Proses Pendewasaan

Bermain game online secara terus-menerus bisa jadi mempengaruhi proses pendewasaan diri seseorang. Hal itu memungkinkan terjadi mengingat permainan game online ini senantiasa mengajak para pemainnya untuk larut dalam alur. Dan tentu saja akibat hal demikian akan menghambat pendewasaan diri dari seseorang.

Dan jika sudah begitu, orang ini akan memiliki ciri-ciri seperti berikut:

malu

– minder

– manja

– kekanak-kanaknya, bahkan

– kurang percaya diri

– Dari Segi Keuangan

Mengajarkan Boros

Permainan online juga bisa membuat seseorang menjadi boros. Apalagi jika di dukung tidak memiliki laptop maupun komputer di rumahnya. Jika tidak ke warnet untuk bermain game, mungkin mereka akan mendownload maupun memainkan permainan online tersebut dalam hp androidnya. Dan tentu saja akan sering menguras saku, karena keseringan beli kuota.

Bahkan yang sudah punya laptop maupun komputer di rumahnya pun tidak pula ketinggalan borosnya. Karena jika bermain game online secara keseringan dan tidak teratur tentu akan membebani terhadap pemakaian listrik di rumahnya.

Ketidak Jujuran

Karena bermain game online tersebut memang membutuhkan biaya, tentu saja membeli kuota pun menjadi alasan tersendiri dari awal ketidak jujuran.

Dalam hal ini, biasanya berpengaruh pada mereka terutama anak-anak maupun remaja yang belum punya penghasilan sendiri. Yang akan membuat mereka akan setiap kali berbohong terhadap orang tua untuk alasan meminta uang. Bahkan yang lebih parah bisa jadi sampai melakukan pencurian.

Dari Segi Sosial

Kesulitan Bersosialisasi

Ini terjadi bagi mereka yang biasa hidup di dunia Maya. Umumnya mereka akan mengalami kesulitan dalam berbaur maupun bersosialisasi dengan yang lainnya. Bahkan cenderung mereka menjadi anti sosial. Kurangnya rasa keinginan berbaur dengan yang lainnya, keluarga, maupun teman-teman di sekitarnya.

Cara Mengantisipasi Dampak Negatif

Jika kamu merasa tergolong seorang yang sudah kecanduan game online, atau bahkan sudah mempunyai ciri-ciri seperti di atas atau mungkin kamu juga yang terlalu kecanduan game. karena kecanduan game juga sangat berbahaya. Inilah yang seharusnya kamu lakukan.

  1. Buatlah Jadwal Secara Teratur

Cara seperti ini mungkin cara termudah atau pun paling tepat yang bisa kamu lakukan. Membuat jadwal khusus tentu akan mengurangi resiko-resiko yang telah disebutkan di atas.

Bahkan pembagian jadwal ini tentunya akan pula sangat bermanfaat. Bagi yang anak-anak tentu tidak akan ketinggalan tugas. Bagi orang dewasa tidak akan mengganggu waktu pekerjaannya.

  1. Mencari Kegiatan Lain yang Lebih Positif

Agar dapat terhindar dari dampak negatif game online tentu saja dengan mencari kesibukan lain. Kesibukan baru tersebut bisa di lakukan di mana saja. Baik itu di dalam rumah bisa juga di luar rumah.

Tapi jangan salah, kegiatan maupun kesibukan baru itu haruslah kegiatan yang positif. Dan bisa dipastikan, jika sudah begitu ketergantungan pada game online akan mulai berkurang.

  1. Merubah Diri Sendiri

Yang dimaksud di sini bukan berarti kamu harus berubah menjadi Superman atau pun Spiderman. Melainkan untuk mencoba melakukan keyakinan yang kuat dalam diri kamu sendiri agar bisa terlepas dari game online. Walau awalnya mungkin akan terasa sangat sulit, tapi jika berusaha tiap waktunya, lambat laun akan lupa dengan sendiri.

  1. Perbanyak Ibadah

Sudah sepatutnya bagi kamu untuk mencoba cara yang ini. Karena dengan beribadah bisa membuat hati damai, bahkan terhindar dari berbagai hal-hal yang bersifat negatif. Termasuk salah satunya pengaruh buruk dari game online.

  1. Cari Banyak Teman

Manusia memang makhluk sosial yang membutuhkan banyak teman dalam kehidupannya. Dan biasa bagi mereka-mereka yang telah kecanduan game online rata-rata mereka yang dalam hidupnya kekurangan teman. Biasa menyendiri. Bahkan kurang bisa bergaul.

Bagaimana sudah jelaskan tentang permasalahan eSport? Semoga tulisan-tulisan yang aku buat barusan setidaknya bisa bermanfaat bahkan bisa menjadi tambahan ilmu buat pembaca semua. Boleh-boleh saja jadi pecandu eSport, tapi jangan sampai lupa dengan kehidupan kamu. Karena hidup, SANGATLAH BERHARGA… Terimakasih.

data-ad-client="ca-pub-2617427438224044" data-ad-slot="4082072217">

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar