Contoh dan Format Penulisan Naskah Film Pendek

Anakkost.tv – Hallo sahabat ankkost, kalian pasti tahu apa itu naskah! Ya naskah adalah tulisan yang biasanya digunakan untuk catatan baik itu dalam pidato atau pembuatan film. Bahkan seiring berjalannya waktu sekarang pembuatan naskah bisa lebih dipermudah dengan berbagai software yang canggih, baik gratis maupun berbayar dan itu tergantung kemampuan kita, hehe. Untuk software pembuatan naskah bisa kalian gunakan software yang bernamah Celtx, Final draf dan juga yang lainnya.

naskah-film

Nah, untuk mempermudah dalam pembuatan naskah maka perlu diseting terlebih dahulu dalam format yang sering digunakan dalam hal tersbut, seperti halnya yang akan aku jelaskan dibawah ini mengenai format pembuatan naskah film pendek.

Baca Juga Cara Akting Yang Bagus Ketika di Depan Kamera dan cara lengkap pembuatan film pendek

Format Penulisan Naskah Film Pendek

  1. Menentukan Ukurang Kertas

Untuk ukuran kertas yang biasa digunakan dalam pembuatan suatu naskah mempunyai ukuran 8,5” x 11” atau Leter dengan mempunyai tulisan maksimal 60 baris untuk per-lembarnya. Kalau untuk Scane number biasanya memiliki ukuran margin kiri 1,0”, margin kanan 7,4” dan margin atas serta bawah mempunyai ukuran 0,5”.

  1. Menentukan Font

Untuk font yang digunakan mempunyai jenis Courier, ingat caorier saja bukan courier new atau Prestige Pica dengan ukuran 12. Kenapa menggunakan jenis hurup itu, karena kedua jenis hurup tersebut mempunyai atau menghasilkan 10 karakter per inci horizontal dan 6 baris per inci vertikal.

  1. Menentukan Format Scene Heading

Untuk scene heading mempunyai ukuran atau jarak 1,7” dari kiri dan 1,1” dari kanan sehingga pas jika diisi dengan nomor urutan scene.

  1. Menentukan Scene Transisi

Untuk scene transisi diperlukan dalam peralihan dari scene 1 dengan scene yang berikutnya, sehingga scene transisi memiliki margin 6,0”. Tek yang digunakan seperti (CUT, FADE OUT, FADE IN).

  1. Menentukan Nama Karakter

Untuk nama karakter diusahakan dengan menggunakan hurup besar dengan ukuran margin kiri 4,1” yang tepat berada di bawah Scene Headings.

  1. Menentukan Format Dialog

Untuk dialog sendiri memiliki ukuran margin kiri 2,7”  dan margin kanan 2,4” yang berada dibawah nama tokoh. Jika dalam 1 halaman tidak bisa menampung dialog yang cukup panjang, maka perlu ditambahkan teks (More) di setiap akhir naskah dan tentunya dengan menggunakan margin kiri 4,1”.

  1. Menentukan Parenthetical

Untuk parenthetical sendiri merupakan sebuah petunjuk dalam berekspresi sehingga bisa mendalami karakter terutama dalam dialog. Seperti halnya, sedih, nangis, tertawa dan sebagainya.

Nah itulah beberapa contoh dan format dalam penulisan sebuah naskah video atau film pendek yang tentunya perlu kalian coba, baik dalam pembuatan naskah video komedi pun juga juga bisa tapi kebanyakan kita membuat naskah minimal dalam pembuatan film pendek. Sebelum kita mencoba maka kita tidak akan tahu akan hasilnya dan ingat bahwa hasil tidak akan melupakan proses, Terimaksih.

data-ad-client="ca-pub-2617427438224044" data-ad-slot="4082072217">

Artikel ini termasuk dalam bahasan : - naskah film pendek - naskah film pendek komedi - cara membuat naskah film - contoh skenario film pendek - cara membuat naskah film pendek - contoh film pendek - contoh menulis skrip filem yg baik -

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar