Kenali 5 Ciri Penyakit Kecanduan Game Online! Dan Apakah Kamu Termasuk Didalamnya?

Anakkost.tv – Bermain game memang merupakan aktivitas yang mengasyikkan, bahkan tidak mengenal yang namanya usia. Baik itu anak – anak, dewasa bahkan sampai orang tua juga ada yang asyik bermain game dan bahkan sampai lupa waktu.

Apalagi sekarang semakin banyak bermunculan game – game seru dan menarik untuk dimainkan bahkan lebih seru lagi karena bisa dimainkan secara berbarengan dengan teman, baik yang sudah dikenal atau sama sekali belum kenal.

Akan tetapi terkadang kita suka lupa waktu jika sedang bermain game, bahkan mungkin lupa segalanya. Hal ini tentunya harus kamu hindari dan jangan sampai berlanjut, harus bisa diatasi jangan sampai kecanduan. Karena seperti yang sudah aku bahas di artikel sebelumnya kalau kecanduan game sudah dikategorikan penyakit dan hal ini sudah di jelaskan lebih oleh WHO dan efeknya sangat membahayakan.

Contents

Ciri – Ciri Orang Yang Sudah Terkena Penyakit Kecanduan Game

Adapun ciri seseorang sudah terkena penyakit kecanduan game online akan aku coba jelaskan dibawah ini. tentunya sebagai acuan juga apabila kamu sudah termasuk pada salah satu ciri dibawah maka harus segera di atasi jangan sampai berkelanjutan dan masih dalam batas kewajaran.

  1. Bermain Game Sampai Lupa Waktu

Terkadang seseorang yang keasyikan bermain game akan menjadi lupa waktu, bahkan saat bermain game dari pagi sampai sore rasanya hanya baru 1 – 2 jam saja. Hal tersebut tentunya bukan hanya keasyikan tapi sudah termasuk kelainan, apalagi jika sudah terjadi berkali – kali. Karena sudah lupa akan waktu dan lupa dengan kegiatan lainnya.

Hal tersebut tentunya dapat juga menghilangkan minat terhadap aktivitas lainnya, bahkan sampai dengan makan pun sudah tidak di pedulikan lagi. Sampai – sampai badan menjadi kurus, mata bengkak karena kurang tidur dan lain sebagainya dan tentunya hal tersebut dapat merugikan diri kamu sendiri.

  1. Emosi Jadi Tidak Terkontrol

Ketiak keseringan bermain game, pastinya emosi akan menjadi tidak terkontrol bahkan bisa beda dari biasanya dan orang sekitar yang akan terkena dampaknya atau mungkin lebih parahnya bisa menjadi stres.

Apalagi ketika handphone kamu rusak, internet lemot, dan lain sebagainya yang mengakibatkan kamu tidak bisa bermain game. Maka emosi kamu akan menjadi tidak terkontrol dan sangat mudah tersinggung melebihi wanita yang sedang mengalami menstruasi, hehe.

  1. Hanya Game Yang Selalu Ada Di Pikirannya

Hal lain yang termasuk seseorang dikategorikan terkena penyakit kecanduan game ialah seringnya memikirkan game dan yang ada di pikirannya hanya game, game dan game. Bahkan ketika ngobrol pun yang di bahasnya tetap seputaran game.

Bahkan ketika sedang belajar pun dan guru sedang menjelaskan di depan tapi yang ada di pikirannya tetap game dan tidak sabar untuk segera pulang dan bermain game kembali. Jelas hal ini sudah tingkat berbahaya dan harus segera di antisifasi, jangan sampai berkelanjutan apalagi sampai mogok sekolah dan setiap harinya hanya ingin bermain game.

  1. Hilangnya Keinginan Untuk Bermain Di Dunia Nyata

Hal ini biasanya sering terjadi pada anak – anak yang beranjak dewasa bahkan bisa juga menyerang anak – anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Sehingga mereka lebih suka diam dirumah, mengurung diri di kamar dan tidak tahu apa yang terjadi di luar sana.

Bahkan dengan teman sebaya pun tidak terlalu dekat karena hanya bertemu di sekolah itupun pikirannya masih dengan game. Sehingga hal ini sangat amat disayangkan apalagi untuk perkembangan anak karena dunia nyata perlu diperkenalkan dan memang perlu adanya penyesuaian.

  1. Kesulitan Untuk Berhenti Bermain Game

Kecanduan game memang sudah bisa dikatakan seperti kecanduan narkoba atau sejenisnya. Sehingga sangat sulit untuk berhenti dan sangat sulit untuk meninggalkannya bahkan sehari saja tidak bermain game maka menjadi gelisah, marah – marah bahkan sampai emosi tidak karuan.

Intinya, kamu menjadi ketergantungan dengan game dan ketika kamu bermain game maka akan muncul rasa bahagia dan melebihi bahagia yang sebenarnya bisa kamu dapatkan selain dari bermain game. Terutama pada anak – anak yang baru mengenal game dan selalu diberikan game saat rewel, padahal hal itu kurang baik dan dapat berbahaya untuk waktu yang sangat lama.

Jika dilihat dari 5 ciri di atas, maka sudah dipastikan orang yang mempunyai ciri – ciri tersebut dapat dikategorikan terkena penyakit kecanduan game dan jangan sampai hal tersebut dibiarkan tapi harus segera di atasi. Karena bukan hal tidak memungkinkan bisa lebih parah dari apa yang sedang terjadi saat ini.

Nah itulah ciri – ciri seseorang sudah terkena penyakit kecanduan game, mulai dari lupa waktu, emosi menjadi tidak stabil, berat badan menurun, pola makan berkurang bahkan lupa, yang ada di pikirannya hanya game dan yang lebih parahnya lagi sudah tidak mengenal dunia nyata. Terlebih anak – anak itu harus di kenal kan terhadap dunia nyata agar bisa lebih aktif dan bukan hanya diam diri di kamar untuk bermain game. Terimakasih.

data-ad-client="ca-pub-2617427438224044" data-ad-slot="4082072217">

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar