Cara Setting dan Membuat Video Time Lapse di Kamera DSLR

Anakkost.tv – Hallo sahabat anakkost, masih nyambung dari artikel kemarin yang membahas pembuatan video time lapse. Kalau kemarin kita membuatnya dengan menggunakan kamera GoPro dan Xiaomi Yi maka sekarang saatnya kita membuat video time lapse dengan kamera DSLR.

Ada perbedaankan dengan pembuatan pada kamera GoPro dan Xiaomi?

Jawabannya jelas ada,,,kenapa?

Sebelum aku bahas lebih dalam mungkin diantara kalian ada yang lupa dengan apa video time lapse itu. Ya video time lapse adalah video yang di ambil dari foto yang di potret dalam periode tertentu dan memang memerlukan waktu yang sangat lama bahkan bisa seharian dan objek yang di potret biasanya berjalan dengan lambat seperti awan, matahari, bintang, bulan dan yang lainnya.

Baca Juga Lensa Canon Terbaik Untuk Membuat Video Youtubea Kamera DSLR

Kembali ke pertanyaan di atas, bahwa pembuatan video time lapse dengan menggunakan kamera action dan DSLR jelas berbeda karena dalam pengaturannya juga berbeda serta hasilnya tentu lebih bagus dengan menggunakan DSLR.

timelapse-dslr

Biar kalian tidak bertanya – tanya lagi akan aku sebutin cara dalam membuat video time lapse dengan menggunakan kamera DSLR ini.

Langkah pertama tentu harus kalian sediakn terlebih dahulu sebuah kamera DSLR, disini aku menggunakan DSLR dari Canon 60D

  • Jangan lupa sediakan baterai cadangan karena seperti yang aku bilang tadi, membuat video time lapse memerlukan waktu yang cukup lama.
  • Gunakan tripod untuk menyimpan kamera agar gambar yang di peroleh stabil dan jangan coba – coba untuk menggunakan tangan langsung.
  • Sediakan juga interyalometer atau Timer remote, agar pada waktu menekan tidak terjadi gempa, hehe

Baca Juga Cara Mudah Membuat Video Time Lapse Dengan GoPro dan Xiamoi Yi

Langkah kedua tahap pembuatanya dan Setingan

  • Kalian cari terlebih dahulu objek yang akan dibuat time lapse dan ambil posisi yang pas dengan menggunakan tripod.
  • Waktu lama memerlukan baterai dan memori yang mempunyai kapasitas besar. Untuk itu kalian bisa menyimpan fotonya dalam bentuk JPG.
  • Jangan lupa untuk setting ke mode Aperture Priority A atau AV agar bisa mengatasi perubahan warna cahaya yang berbeda – beda ketika melakukan perekaman.
  • Setting kamera sesuaikan dengan objek yang akan di ambil, jika terang maka ISO nya di kurangi dan jika aga redup maka ISO nya di naikan.
  • Selanjutnya pada bagian timer remote, pada alat ini bisa kalian menentukan berapa poto yang akan diambil dalam setiap detik atau menitnya.
  • Jangan lupa tekan Auto Exposure Lock agar tidak terjadi Blips atau efek kedip kamera karena adanya perubahan cahaya.
  • Setelah itu tekan Shutter dan mungkin memerlukan waktu yang lumayan lama tergantung pada banyaknya foto yang akan kita ambil.

Langkah terakhir bisa kalian tambahkan aplikasi Quick Time Pro untuk membuat conversi foto – foto yang telah diambil menjadi sebuah video dan itulah cara membuat video time lapse dengan menggunakan kamera DSLR, terimakasih.

data-ad-client="ca-pub-2617427438224044" data-ad-slot="4082072217">

Artikel ini termasuk dalam bahasan : - cara bikin vidio di camera canon 1200d - cara setting video kamera dslr canon 600d - timelapse pada canon -