Mau Drone ?! Ikuti Cara Membuat Drone Sederhana ini

Anakkost.tv – Cara membuat drone mungkin bisa dikatakan exstrim dan sulit maka dari itu akan lebih tepat jika kita rubah menjadi cara merakit drone. Karena kalau membuat kita harus betul – betul dari nol dengan bahan apa saja yang perlu disediakan dan dibuat tapi bukan hal yang tidak mungkin jika kita ingin membuatnya dari nol dengan gaya kita sendiri.

cara membuat drone sedrhana

Ya karena pada intinya sudah disediakan alat – alat yang bisa kita gunakan untuk membuat atau merakit sebuah drone. Kelebihan jika kita membuat drone sendiri bisa disesuaikan dengan badget yang ada dan dengan spesifikasi yang diinginkan juga dan jangan sampai mengeluarkan badget yang besar namun hasilnya seperti drone murahan, hehe.

Dua alasan orang merakit drone sendiri, bisa karena ingin yang murah dan bisa juga ingin yang lebih wah serta berbeda dengan drone pada umunya dan tentunya bisa mengeluarkan badget yang cukup besar..

Sebelumnya kalian sudah pada tahu belum sejarah drone?

Sejarah Drone

Drone sendiri merupakan pesawat tanpa awak dan dalam bahasa inggris disebut dengan UAV (Unmanned Aerial Vehicle) serta yang lebih familiar lagi disebut dengan Drone yang bisa kita gunakan dengan kendali jarak jauh yang sebelumnya sering digunakan oleh pihak militer untuk menyerang musuh.

Drone sendiri sudah berkembang sejak sebelum perang dunia ke 1 lebih tepatnya abad ke 19. Menurut CTIE Pesawat tanpa awak ini pertama kali digunakan pada tanggal 22 agustus 1849 karena pada saat itu Austria yang sedang menguasai wilayah italia meluncurkan 200 balon udara tanpa awak ke vanesia dan didalamnya berisi bom yang dilengkapi oleh sumbu waktu.

Akhirnya pada tanggal 08 agustus 1898 Nicolas Tesla yang merupakan keturunan Serbia telah mematenkan remot control sebagai pengendali jarak jauh yang kemudian membuat sebuah balon dan pesawat yang bisa di control dengan menggunakan remote.

Nah itulah sejarah singkat tentang drone yang sampai sekarang banyak digunakan karena banyak manfaatnya.

Manfaat Drone

  • Pembantu Jurnalis – pengambilan berita yang bisa mencakup lebih luas atau area yang tidakbisa kita jangkau karena medannya terlalu sulit atau ada hal lainnya sehingga tidak bisa mengambil gambar dengan alat manual sehingga membutuhkan drone.
  • PembantuPenelitian – Biasanya ini juga dilakukan oleh para peneliti yang mereka tidak bisa mendekatinya, seperti sedang meneliti harimau atau buaya secara dekat sehingga memerlukan kamrea yang dipasang pada drone.
  • Pembantu Tim SAR– Ada juga drone yang mempunyai tenaga besar sehingga bisa membantu tim sar dalam melaksanakan tugasnya seperti memberi ban atau pelampung pada orang yang kebanjiran atau hampir tenggelam. Karena kalau dengan perahu atau yang lainnya memerlukan waktu yang lama.
  • Pembantu Syutingatau Pembuatan Film – Ya sekarang dalam membuat sebuah film yang wah tidak memerlukan halikopter dalam pengambilan dari atas tapi cukup menggunakan kamera yang dipasang pada drone dan tentunya dengan kualitas yang bagus.

Itulah beberapa manfaat utama dari drone ini selain itu bisa juga kita gunakan hanya untuk sekedar foto – foto atau iseng bahkan hobi dalam merekam sebuah pemandangan dari atas.

Untuk di artikel kali ini aku akan coba merakit sebuah drone sederhana yang bisa kalian buat dan harga alat – alatnya terjangkau.

Peralatan dan Perakitan Drone Sederhana

  1. Frame atau Rangka

Ini merupakan hal terpenting pada sebuah drone karena untuk membuat sebuah quadcopter diperlukan 4 lengan sebagai motor dan propeller. Untuk bahanya kita bisa menggunakan kayu, aluminium, fiber dan yang lainnya tapi jika tidak mau ribet ada juga frame yang sudah sipa pakai dan untuk harganya sendiri berkisar 100 ribu – 3 juta.

  1. Flight Control Board

Ini merupakan otak dari drone itu sendiri dan yang ada di dalamnya itu adalah berbagai fiture yang sangat berpengaruh seperti halnya GPS. Aku saranin untuk membeli saja dibandingkan dengan merkait sendiri karena lumayan rumit, hehe dan untuk harganya sendiri berkisar 160 ribu – 2,5 juta.

  1. ESC & Motor

Motor disini digunakan untuk mengangkat drone itu sendiri yang berjumlah 4 dan biasanya menggunakan motor bruless atau outrunner dan semakin besar ukurannya (kilo volt) maka semakin tinggi pula rpm nya dan untuk motor harganya berkisar 500 ribu – 1 juta sedangkan ESC berkisar diantara 500 ribu – 1 juta.

  1. Baling – baling atau Propeller

Selain 4 motor sebuah drone juga memerlukan 4 baling – baling yang tentunya 2 baling- baling berputar searah jarum jam dan 2 lagi berputar melawan arah jarum jam dan untuk ukuran baling-baling harus dibuat sepresisi mungkin suapaya bisa terbang dengan lancar dan mulus dan untuk harganya berkisar 60 ribu – 600 ribu.

  1. Baterai & Charger

Hal yang perlu di perhatikan adalah pada volt batre dan biasanya drone menggunakan jenis batre Li-Po dan satu cell Li-Po memiliki ukuran 3,7 volt sehingga semakin banyak cell semakin besar juga ukurannya dan jangan lupakan charger untuk bisa cepat mengisi batre yang habis dan untuk baterai berkisar 250 ribu – 4,5 juta serta charger berkisar 200 ribu – 500 ribu.

  1. Remote atau Kontrol

Ingat remot yang bisa digunakan untuk sebuah drone tidak sembarangan melainkan harus memiliki 4 channel yang tentunya terdiri atas throttle, yaw, pitch serta roll dan untuk harga berkisar dari 160 ribu – 1 juta.

Oke itulah beberapa peralatan yang bisa kalian cari untuk merakit sebuah drone dan untuk harganya sendiri cukup bervariatif tergantung pada kualitas barang itu sendiri dan total biaya yang dikeluarkan dalam membuat sebuah drone sederhana ini bisa mencapai 2 jutaan tapi ada juga drone yang sudah jadi dengan harga 3 jutaan serta dibawah ini ada video tutorial dalam pembuatan sebuah drone sederhana.

Gimana cukup menarik bukan? Disana menunjukan bahwa kita juga bisa membuat sebuah drone sederhana dan tentunya dengan badget yang minim. Jadi jangan pernah berpikir tidak bisa memiliki sebuah drone karena harganya yang cukup mahal. Ingat ini jaman modern dimana kita dituntut untuk selalu kreatif dan inovatif.

Akan tetapi bagi kalian yang lebih kreatif lagi maka bisa membuat sebuah drone dari barang – barang bekas lainnya dan itu merupakan insfirasi anak muda yang kita tunggu dan biasanya bakalan banya orang yang akan tertantang untuk membuat yang lebih baik lagi dan tentunya masih dengan menggunakan barang – barang bekas, so jadilah yang pertama sebelum orang lain yang memulai.

Selain video di atas masih banyak juga video – video lain yang tentunya berisi tentang bagaimana membuat sebuah drone atau merkait dengan bahan sederhana dan badget yang tidak menguras isi kantong.

Bagia kalian yang males membuatnya dan mempunyai badget yang kecil jangan khawatir karena sekarang sudah banyak drone murah yang dapat kalian miliki bahkan di tahun 2017 ini banyak sekali drone murah dan cukup berkualitas.

Walau kita membuat sendiri drone tersebut tapi kita juga harus bisa mematuhi peraturan yang ada khususnya di Indonesia tentang aturan terbang sebuah drone agar kita tidak terkena sanksi oleh pemerintah. Karena aturan terbang drone sudah ada pada peraturan menteri perhubungan Republik Indonesia Nomor 90 tahun 2015 yaitu tentang pengendalian pengoprasian pesawat udara tanpa awak yang telah disahkan pada 12 mei 2015 lalu.

Isi Peraturan Penerbangan Drone atau Pesawat Udara Tanpa Awak

uud peraturan penerbangan pesawat tanpa awak

Dari peraturan di atas kita dapat mengerti bahwa :

  1. Tidak boleh menerbangkan drone di area bandara atau di jalurpesawat terbang sehingga ketinggian untuk drone juga di tentukan batas maksimalnya.
  2. Ketentuan terbang drone sekitar 150 meter jadi jika lebih dari itu bisa melanggarperaturan yang pastinya ada sanksi yang akan kita terima.
  3. Jika ingin mengambil sebuah gambar dari suatu event lebih baik minta ijin terlebih dahulu agar tidak ada masalah kedepannya. Jangan sampai seenaknya saja mengambil sebuah video apalagi itu event milik orang lain.
  4. Terakhir jangan menerbangkan drone dekat anak kecil yang belum mengerti hal seperti itu.

Oke itulah cara membuat drone sederhana yang juga bisa kita buat dari bahan bekas, ingat anak yang kreatif itu paling dicari jadi jangan hanya mau membeli hasil atau yang sudah jadi saja sehingga kita bisa mngetahui betul apa isi dan apa saja yang sebenarnya diperlukan untuk membuat barang tersebut. Jangan lupa simak juga 5 drone terbaik yang ada sampai saai ini, terimakasih.

data-ad-client="ca-pub-2617427438224044" data-ad-slot="4082072217">

Artikel ini termasuk dalam bahasan : - https://www anakkost tv/cara-rakit-drone-sederhana/ - inovasi drone 3 dinamo -

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar