Cara Mudah Menjadi Seorang Vlogger dan Berpenghasilan Jutaan Rupiah (Lengkap)

Anakkost.tv – Ayo siapa yang ingin menjadi seorang vlogger sukses? Pastinya yang buka artikel ini ingin menjadi seorang vlogger yang sukses, entah itu vlogger lama atau yang baru ingin menjadi seorang vlogger. Karena kalau dilihat – lihat menjadi seorang vlogger itu gampang. Seperti halnya raditya dika, seorang vlogger yang berpenghasilan besar dan jika dilihat video vlog nya santai saja dan tidak terlalu banyak editing, efek dan juga yang lainnya.

Namun hal itu tidak berlaku bagi kita yang hanya orang biasa dan tidak dikenal oleh orang banyak. Ya mungkin wajar, karena radit itu kan artis dan mempunyai banyak fans sehingga bisa dikatakan mudah baginya untuk menjadi seorang vlogger yang terkenal dan berpenghasilan banyak. Namun tentunya dibalik semua itu ada usaha dan pengorbanan yang telah dilakukan.

tips menjadi seorang vlogger

Nah bagi kamu yang barus mulai menjadi seorang vlogger dan tentunya ingin sukses menjadi seorang vlogger bisa kamu simak tips dan trick nya dibawah ini. Ikut langkahnya dan bulatkan tekad serta niat untuk menjadi seorang vlogger.

Tips Menjadi Seorang Vlogger atau Youtuber

Adapun hal pertama yang wajib kamu lakukan dan persiapkan terlebih dahulu agar kedepan nya bisa berjalan dengan lancar.

  1. Kamera yang mendukung, bisa juga dari smartphone dan gunakan resolusi tinggi
  2. PC/Laptop yang mendukung untuk editing video beserta software edit nya
  3. Koneksi internet yang stabil untuk upload hasil ke youtube
  4. Materi video yang akan dibuat, agar ter urut dan hasilnya memuaskan

Jika kamu benar – benar tertarik untuk menjadi seorang youtuber dan 4 poin di atas sudah kamu siapkan maka tinggal melangkah ke tahap selanjutnya. Dimana hal ini juga sangat penting dan memang wajib untuk kamu lakukan.

  1. Buat Akun Youtube

Jelas ini merupakan hal utama yang wajib kamu lakukan, dimana kamu harus membuat akun youtube terlebih dahulu. Dan youtube sendiri merupakan salah satu produk google yang tentunya berhubungan juga dengan produk – produk lainnya seperti Gmail, google plus, google drive, blogger dan yang paling penting google adsense.

Kamu buat akun google dengan mengisi semua formulir yang telah disediakan. Jika sudah bisa langsung kamu lanjutkan untuk membuat akun youtube dengan nama yang menunjukan itu kamu. Jika bingung dengan nama channel youtube bisa kamu cek disini contoh nama – nama channel youtube keren.

daftar akun youtube

  1. Melakukan Verifikasi Akun Youtube

Verifikasi ini bertujuan untuk memperjelas bahwa akun tersebut bukan buatan robot dan pemiliknya jelas dengan menyertakan no handphone untuk melakukan verifikasi nya. Serta membuat durasi video yang di upload menjadi lebih panjang dan lebih dari 15 menit.

Untuk caranya sendiri bisa langsung kamu pergi ke bagian dashboard youtube

  • Kemudian klik menu channel yang ada di sebelah kiri Dashboard.
  • Dilanjutkan dengan memilih Status dan Fiture yang kemudian klik Verifikasi.
  • Disana kamu akan akan di arahkan pada bagian verifikasi dan silahkan pilih negara dimana kamu tinggal serta masukan no handphone yang sudah disiapkan dan tunggu pesan masuk untuk menerima kode verifikasi dan biasanya berisi 6 digit angka yang bisa kamu ketikan dalam kolom yang sudah disediakan.

verifikasi no hp di youtube

  1. Bikin Video Semenarik Mungkin

Ketika nama channel dibuat maka dari situ kita sudah bisa menemukan gambaran video – video yang akan kamu buat selanjutnya. Dalam membuat sebuah video di youtube se bisa mungkin harus konsisten dan mempunyai ciri khas tersendiri, bila perlu lain dari yang lain dan belum pernah ada sebelumnya.

Untuk pengambilan gambar sendiri bisa dilakukan di berbagai tempat dan menggunakan kamera yang ada, baik kamera handphone, dslr atau handycam sekalipun. Yang penting video nya original dan konten nya menarik serta tindak melanggar hak cipta orang lain termasuk musik untuk background video yang akan kamu gunakan.

  1. Upload Video ke Channel Youtube

Setelah semuanya selesai, dari pembuatan naskah, video sampai editing maka tahapan selanjutnya tinggal upload ke cahnnel youtube yang telah kamu sediakan sebelumnya. Jangan lupa siapkan judul dan thumbnail yang menarik agar orang penasaran dengan video yang kamu buat. Jika bingung bisa kamu simak disini mengenai cara membuat thumbnail dan judul yang keren serta menarik.

Ingat judul, thumbnail serta isi video harus asli atau berhubungan, jangan sampai kita menipu penonton dengan judul dan thumbnail yang berbeda jauh dengan isi video yang kamu buat. Karena itu bisa merusak reputasi aku kamu sehingga tidak adanya orang yang mau berlangganan terhadap channel yoytube kamu.

  1. Mengatur SEO Youtube

Untuk hal ini mungkin jarang sekali dilirik, apalagi bagi youtuber – youtuber pemula. SEO atau disebut dengan Pengoptimalan mesin telusur sangat bermanfaat bagi video youtube yang kamu upload. Gunanya untuk meningkatkan situs dan menghemat waktu. Karena SEO bukan hanya berlaku pada blog melainkan juga video youtube.

Cara Mengatur SEO Dasar Youtube :

  • Hal pertama berikan judul video yang menarik dan sekiranya banyak di cari orang dan mudah di cari.
  • Gunakan keyword yang berkaitan dengan isi video dan kata – kata yang memang umum di masyarakat.
  • Kamu isi bagian Deskripsi untuk lebih jelasnya tentang video yang kamu buat, lebih detail dan masih berhubungan dengan isi video tersebut.
  • Kemudian isi bagian Tag untuk mempermudah saat menampilkan related video dan tag video yang relevan akan tampil secara bersamaan ketika penonton mencari sebuah video dengan tema tertentu.

cara membuat seo youtube

  • Terakhir kamu bisa bagian atau share video youtube tersebut ke media sosial lainnya untuk memberitahukan keberadaan video yang telah kamu upload. Jika mereka suka pastinya akan ikut membantu share video kamu sehingga semakin banyak penonton yang kamu dapatkan serta kemungkinan besar juga bisa mendapatkan subscriber.
  1. Aktifkan Monetisasi Channel Youtube Kamu

Untuk mengajukan monetisasi akun youtube, kamu harus terlebih dahulu memenuhi standarisasi atau ketentuan youtube di awal. Diamna kamu harus mempunyai penonton waktu ditonton sebanyak 4.000 jam dalam 12 bulan terakhir dan telah mempunyai 1.000 subscriber. Baru kamu bisa mengajukan peninjauan terhadap channel youtube kamu untuk bisa di monetisasi.

Memang sekarang youtube semakin ketat dan tidak sembarang channel bisa mudah me-monetisasi seperti dulu. Karena banyak tahapan dan S&K yang dirasa cukup menyulitkan seorang youtuber baru. Namun jika mempunyai keyakinan yang kuat pasti kamu bisa. Dan untuk cara menyambungkan channel youtube dengan adsense bisa kamu simak DISINI.

  1. Menjual Video Kamu Pada Website Penjualan Video

Disini mungkin kamu pernah menonton sebuah video di youtube namun hanya sebagian video dan di akhir ada keterangan yang menyatakan jika ingin menonton video full bis mengunjungi web tertentu. Begitu juga dengan maksud dari pada ini, jadi kamu hanya meng-upload sebuah tayangan teaser dan mengarahkan penonton untuk melihat versi lengkapnya di web khusus tapi disarankan membayar terlebih dahulu.

  1. Menarik Minat Sponsorship

Jadi jangan hanya mengandalkan adsense saja, karena kamu juga bisa menambah penghasilan dengan adanya sponsor yang mendukung atau ikut serta dalam video di channel youtube kamu. Sehingga itu akan menjadi nilai tambah bagi kamu sendiri.

  1. Melakukan Meeting dan Greeting

hal ini bisa kamu lakukan jika sudah mendapatkan fans yang cukup banyak sehingga perlu adanya meeting dan greeting  dengan jadwal khusus agar bisa meningkatkan egangement dengan para subscriber kamu dan disana kamu juga bisa menjual produk atau mempromosikan konten lainnya.

  1. Berpikir Lebih Jauh Kedepan

Disini kamu dituntut untuk bisa membuat sebuah konten menarik dan diluar dari kebiasaan. Sehingga orang bisa menonton video kamu dari awal hingga akhir dan tujuan akhirnya menjadi viral sehingga akan membuat video serta channel kamu semakin menarik perhatian khalayak ramai.

Dan itulah cara untuk menjadi seorang youtuber dengan tujuan penghasilan jutaan rupiah per bulannya. Baik menjadi seorang vlogger, gamers atau yang lainnya. Intinya jika ingin sukses kita harus bulat kan tekad dan niat terlebih dahulu dan untuk masalah fasilitas pendukung nanti akan muncul seiring berjalannya waktu, tetap semangat. Terimakasih.

data-ad-client="ca-pub-2617427438224044" data-ad-slot="4082072217">

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar