Cara Mudah Mengatasi Copyright Musik di Youtube

Anakkost.tv – Hai, sahabat semua. Bagaimana sukses dalam mengelola YouTubenya? hehe… Semoga lancar and semoga pula mendapat hasil seperti yang kita inginkan ya!

 

Oh ya, ngomong – ngomong membahas seputar YouTube nih, mungkin kita atau barangkali kamu sendiri tentunya pernah pula terkena, ataupun mengalami daripada hal-hal yang bisa kita bilang sangat ditakutkan dalam hal mengupload video.

Salah satunya tentang konten hak cipta. Atau lebih tepatnya copyright. Dan yang paling sering terkena konten daripada hak cipta ini kebanyakan dari musik yang kita pasang di dalam video kita.

Ketentuan Copyright yang Wajib Kamu Ketahui

Namun tenang saja, dan kamu semua tak usah merasa risau lagi. Tentang cara bagaimana mengatasinya? Kenapa bisa kena hak cipta? Semua itu akan aku bahas tuntas di sini. Hari ini juga! Sudah siap? Hehe. Sabar dulu. Sebelum pada permasalahan intinya.

Terlebih dahulu kita harus mengetahui dulu tentang apa itu copyright? Lalu ketentuan-ketentuan ataupun hal – hal apa saja yang menyangkut  daripada copyrigh (konten hak cipta) itu sendiri?

Nah, untuk copyright di sini dikatakan ketika seseorang, terutama kita tentunya, membuat suatu karya asli yang diterapkam dalam sebuah media fisik, maka secara otomatis akan memiliki hak ciptanya atas karyanya tersebut. Yakni si pembuat konten asli.

Di sini si pembuat konten asli tentunya telah pula memiliki hak eksklusif, yakni untuk menggunakan karyanya tersebut dengan cara-cara tertentu. Dan berikut yang menyangkut ketentuan-ketentuan (yang termasuk) daripada copyrigh itu sendiri.

– Karya drama

Seperti halnya sandiwara bahkan termasuk drama musikal.

– Karya tulis

Contohnya, artikel, buku, sampai komposisi musik.

– Karya Visual

Seperti halnya lukisan, poster, bahkan iklan.

– Karya audio visual

Di sini menyangkut pada acara TV, film, bahkan video online.

– Rekaman suara juga komposisi musik.

– Video game dan perangkat lunak computer.

Cara Mengatasi Copyright Musik di Youtube

 

Lantas bagaimana cara mengatasi jika konten kita terkena copyright? Terutamanya dalam hal musik?

Nah, untuk mengatasinya, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

  1. Mengakui Klaim

Intinya kamu pasrah saja. Yakni dengan mengakui klaim copyright ini. Tanpa melakukan suatu apa. Namun cara seperti ini terbilang terlalu lumrah. Alias tanpa usaha sama sekali. Karena di sini kamu pun tentunya tidak mesti harus diam saja melainkan harus ada usaha juga. Seperti No 2 dan 3 misalnya.

  1. Menukar Musik/ Suara

Ini merupakan cara yang lebih baik daripada kita harus mengakui klaim. Yakni dengan menukarnya dengan lagu yang terdapat di konten kita dengan lagu – lagu yang sudah disediakan oleh YouTube. Tentunya banyak pula bahkan ribuan lagu yang disediakan YouTube ini. Dan yang terpenting, semua lagu – lagu tersebut tanpa copyright, alias bebas hak cipta.

  1. Membuang Musik/ Suara

Hal ini juga bisa kamu lakukan apabila konten kamu terkena pelanggaran hak cipta. Dan biasanya, setiap video atau pun konten yang kena hak cipta biasanya akan  ditandai/diberi tools oleh YouTube untuk menghapus lagu tersebut tanpa harus melakukan upload ulang.

Tools ini pun tentunya sangat luar biasa karena mampu menghapus suara hanya pada materi tertentu yang terkena klaim hak cipta tersebut. Tidak terlalu sulit kan?

  1. Berbagi Pendapatan

Nah, biasanya salah satu solusi yang bisa juga kita pilih yakni dengan berbagi pendapatan terhadap si pemilik hak cipta tersebut. Namun tentu saja jika akun YouTube kamu sendiri telah tertaut Adsense, dalam artian telah mendapat penghasilan. Jika belum, cara ini tentu tidak bisa kamu manfaatkan.

  1. Menyengketakan atau Mempermasalahkan Klaim

Di sini kamu bisa menyenangkan atau pun mempermasalahkan hal tersebut terhadap pihak YouTube. Jika saja kamu merasa jika content kamu tersebut memang murni hasil karya kamu. Tanpa mengcover apapun dari karya orang lain. Kalau dalam music. Barangkali musik hasil karya atau ciptaan kamu sendiri.

Apakah ada sangsi jika kita melanggar copyright? Jelas ada sangsinya. Karena bagaimana pun namanya mencuri konten maupun hak cipta milik orang lain, tentunya akan pula mendapat sangsi – sangsi tertentu.

Karena hal tersebut pun bisa saja dikatakan sebagai suatu tindakan kejahatan. Kejahatan di sini bukan hanya mencuri barang maupun uang saja, mencuri konten atau hak cipta pun sudah tentu pula termasuk di dalamnya.

Namun semua itu kembali lagi pada ketentuan daripada si pemilik hak cipta sendiri. Dan di sini tentu saja ada beberapa opsi yang bisa di lakukan oleh si pemilik hak cipta tersebut. Sebagian besar akan memperbolehkan kamu untuk menggunakan materi mereka pada video kamu tersebut, namun tentu saja sebagai imbalan nya mereka akan memasang iklan pada video mu itu.

Artian lebih jelasnya, kamu tidak akan bisa memasang iklan pada video kamu tersebut. Sebaliknya, pemilik hak cipta malah bisa memasang iklan di dalam video kamu sehingga akan berlipat pundi – pundi pendapatannya. Rugi untuk kita dong? Jelas.

Nah yang lebih parahnya lagi. Di sini si pemilik konten bisa saja langsung memblok video kamu. Sekaligus mematikan musik yang telah kamu gunakan. Yang lebih parahnya lagi. Ini yang paling serem nih Gaes, konten yang telah kamu pasang tersebut akan di blok di berbagai aplikasi yang ada. Ngeri bukan??

Dan itulah tadi tips sederhana dari penulis tentang bagaimana Cara Mengatasi Copyright Musik pada YouTube. Bila kamu semua punya cara maupun solusi lain, bisa tulis di kolom komen ya…. Terimakasih.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of