Cara Menstabilkan Video yang Goyang di Berbagai Software

Anakkost.tv – Hari ke hari semakin banyak saja video baru yang muncul di youtube baik itu video original maupun video bajakan bahkan ada juga video yang cuman spam saja dan entah apa itu maksudnya. Bagi kalian yang suka mengupload video original aku acungin jempol karena itu yang seharusnya dilakukan. Tunjukin bahwa kita juga mampu membuat sebuah video dengan hasil karya kita sendiri.

Berbicara soal bikin video pasti banyak sekali kendala yang kita alami, mulai dari suara tidak jelas, gambar goyang sampai bingung dengan pilihan software editing apa yang baik dan bagus untuk mengedit sebuah video.

Khusus di artikel kali ini aku akan sedikit menyinggung tentang bagaimana cara menstabilkan video yang goyang saat kita rekam. Karena video yang goyang jika kita lihat akan membuat perut mual atau kepala pusing sehingga males untuk melihatnya, kita aja males melihatnya apalagi orang lain.

Dalam membuat video atau gambar yang kita ambil jadi stabil sebenarnya ada beberapa cara atau tahapan dan sebelumnya kita juga harus tahu kenapa video tersebut bisa goyang?

Contents

Beberapa Penyebab Video Goyang

  1. Kamera yang digunakan
  2. Tekhnik pengambilan video
  3. Alat yang digunakan (penopang kamera)
  4. Pengambilan video dengan lari
  5. Dll

Biasanya video akan goyang jika kita merekamnya dengan asal – asalan atau memegang kamera langsung dengan tangan tanpa bantuan pihak kedua seperti halnya gimbal yang berfungsi untuk menstabilkan  kamera.

3 Gimbal Kamera Terbaik

  1. DJI Osmo Mobile
  2. DJI Ronin
  3. Zhiyun Z1 Rider

Itulah 3 gimbal terbaik yang sampai saat ini menjadi pilihan untuk digunakan dalam membantu menstabilkan kamera dalam pengambilan gambar atau video dan tentunya dengan harga yang cukup mahal. Banyak juga gimbal – gimbal kamera yang dapat kita jangkau harganya tapi tidak sebagus itu karena 3 gimbal di atas sudah menggunakan system yang canggih bukan manual lagi walau ada beberapa gimbal yang memang masih manual dan hasilnya juga cukup memuaskan.

Dengan demikian salah satu cara untuk mengatasi video goyang bisa dengan bantuan gimbal yang dipasang pada kamera kita.

Selanjutnya selain dengan bantuan gimbal dan mungkin tidak semua orang bisa membelinya dan video sudah terlanjur kita buat namun hasilnya banyak goyangan maka kalian juga bisa menstabilkannya dengan beberapa software di bawah ini.

2 Software untuk Menstabilkan Video

  1. Sony Vegas Pro
  2. Adobe Premiere

Tiga software di atas merupakan software andalan para youtuber dalam mengedit video sebelum di upload ke youtube. Dengan aplikasi itu juga kita dapat menstabilkan video yang goyang, jadi bagi kalian yang mempunyai video bikin pusing orang yang melihatnya maka bisa kita stabilkan dengan 3 software di atas.

Oke kalau untuk menstabilkan video dengan gimbal mungkin tidak terlalu rumit bahkan jarang juga yang menggunakannya karena badget yang ada apalagi bagi kita yang membuat video dengan kamera handphone maka dari itu aku akan coba menjelaskan bagaimana cara menstabilkan video dengan menggunakan 3 sofware di atas dan nanti silahkan kalian pilih sendiri dengan dengan software apa yang paling mudah, hehe.

Cara Menstabilkan Video dengan Software Sony Vegas
  1. Buka software Sony Vegas Pro 13/14 dan masukan video yang akan distabilkan dari goyangan
  2. Setelah di masukan maka tinggal klik kanan pada video dan pilih Media FX
  3. Silahkan cari di FX – Vegas Stabilize, klik dan jangan lupa OK.
  4. Disana kalian tentukan sendiri Pansmothingdan Stabilization Amount, kalau aku biasa menggunakan 0,25 untuk semuanya. Tapi itu tergantung pada goyangan yang ada, apabila parah maka bisa kita naikan lagi (tentukan sendiri)
  5. Centang dan Apply
  6. Selesai dan lihat hasilnya, jika masih bingung dibawah ini aku sertakan tutorial dalam bentuk video.

Cara Menstabilkan Video dengan Software Adobe Premiere
  1. Buka software Adobe Premiere dan masukan atau import video yang akan kita edit dan Tarik pada timeline.
  2. Setelah siap edit maka tinggal pilih EffectsVideo Effects – Distort – Warp Stabilizer
  3. Klik Warp Stabilizer dan Tarik serta masukan atau tempelkan pada video yang ingin kita hilangkan goyangannya.
  4. Tunggu sampai proses menstabilkan video selesai
  5. Setelah selesai maka tinggal di tes dan render untuk hasilnya, jika masih bingung bisa juga kalian lihat tutorial dalam bentuk videonya di bawah ini

Nah itulah 2 software yang sering digunakan oleh youtuber dalam mengedit videonya dan bisa juga kita gunakan untuk menstabilkan video yang goyang. Cukup mudah dan simple namun jika video yang goyangnya parah dan di ambil dari kamera handphone dengan fps yang rendah maka jangan terlalu berharap banyak untuk videonya bisa stabil dengan sempurna karena pasti ada blur, hehe.

Kalau dibandingkan dalam menstabilkan video dengan menggunakan Sony Vegas dan Adobe Premiere menurut aku lebih mudah dengan Sony Vegas namun itu tergantung pada kebiasaan masing – masing. Jika kalian ingin menggunakan adobe premiere juga tidak dipermasalahkan apalagi jika sudah mengetahui panduan dasar adbobe premiere pro karena lumayan rumit.

Software – software di atas memang bisa digunakan pada PC atau Laptop dan tentunya dengan spesifikasi yang mempuni karena software di atas terbilang berat. Akan tetapi bagi kalian yang males mengguakan PC maka bisa juga dengan aplikasi yang ada pada handphone

Cara Menstabilkan Video dengan Aplikasi Android (Microsoft Hyperlapse Mobile)
  1. Buka aplikasi Microsoft Hyperlapse Mobile dan pilih Import (Exiting Video) jika video yang akan kita edit sudah ada tapi bisa juga kita merekam langsung.
  2. Biasanya video akan tersimpan pada Galeri maka selanjutnya pilih Galeri kemudian Tap.
  3. Jika sudah masuk maka tinggal tap icon ceklisnya dan tunggu sampai proses importing video selesai
  4. Jika sudah selesai tinggal play dan lihat hasilnya, jika masih bingung bisa kalian lihat tutorial dalam bentuk video di bawah ini.

Nah itulah cara dalam menstabilkan video yang goyang baik dengan alat bantu tambahan seperti gimbal dan juga dengan software editing yang bisa membantu menstabilkan video. Selain masalah goyangan ada juga masalah lain seperti suara audionya kurang jernih atau warnanya kurang jelas, hal itu juga bisa kita perbaiki dengan menggunakan software editing di atas dan jangan lupa juga untuk menyimak cara mengedit vlog DISINI, terimaksih.

Artikel ini termasuk dalam bahasan : - cara menstabilkan video yang goyang -

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of